Comscore Tracker

5 Sebab Kamu Tetap Kesepian, Meski Punya Pasangan Sesuai Kriteria

Segera atasi saat kamu tahu penyebabnya! #IDNTimesLife

Kamu pasti memiliki kriteria pasangan yang kamu idamkan selama ini, entah itu harus menarik dari segi fisik, mapan, humoris maupun bersih. Rasanya sangat bahagia sekali saat kamu akhirnya memiliki pasangan yang sesuai dengan kriteriamu, ditambah dia juga mencintaimu saat ini. 

Namun, ada hal yang mengganggu hati dan pikiranmu selama menjalani hubungan dengannya. Yah, kamu sama sekali gak bahagia dan terus merasa kesepian. Kamu gak pernah merasakan asyiknya pacaran seperti yang sering diceritakan oleh teman-temanmu.

Lantas, kenapa bisa seperti itu? Cobalah untuk menyimak penyebabnya di bawah ini agar kamu paham dan bisa mengatasinya. 

1. Mengharapkan kebahagian dari pasangan

5 Sebab Kamu Tetap Kesepian, Meski Punya Pasangan Sesuai KriteriaIlustrasi pasangan (pexels.com/Tran Long)

Gak ada yang salah saat kamu ingin memiliki hubungan yang bahagia. Kamu ingin dia bisa memperlakukanmu dengan baik, bahkan mengetahui apa yang kamu inginkan. Namun, yang salah adalah kamu berharap kebahagiaan bisa dia berikan untukmu. Padahal, bahagia itu harus kamu sendiri yang menciptakannya.

Dia hanyalah tambahan kebahagiaan dari luar. selain itu, perasaan kesepianmu hadir karena kamu terlalu berharap dia memenuhi kebutuhanmu. Harapanmu yang gak kunjung terealisasi akhirnya menaruh kekecewaan dan kamu merasa dia gak berarti untukmu. 

2. Merasa dijauhi pasangan

5 Sebab Kamu Tetap Kesepian, Meski Punya Pasangan Sesuai Kriteriailustrasi pasangan berantem (IDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar)

Pasangan memang mencintaimu, tapi dia gak seperti dulu lagi. Dia gak pernah lagi melakukan hal-hal romantis layaknya masih awal jadian, seperti memprioritaskanmu, memberikanmu kejutan dan rutin mengajakmu kencan.

Dia yang sudah berubah ini membuatmu merasa kehilangan sosoknya dulu. Kamu gak lagi merasa dia sama. Kamu butuh sosok seperti dulu, bukan dia yang sekarang.

3. Memiliki karier yang berbeda

5 Sebab Kamu Tetap Kesepian, Meski Punya Pasangan Sesuai KriteriaIlustrasi pasangan (pexels.com/cottonbro)

Punya latar belakang yang berbeda pun kadangkala membuatmu merasa sendiri. Kamu merasa gak nyambung saat berdiskusi dengannya. Dia gak pernah mengerti saat kamu mengeluh, terutama tentang pekerjaan. Yah, kalian memiliki karier dibidang yang jauh berbeda sehingga hal ini menjadikan kalian sibuk dengan pekerjaan masing-masing.

Pembahasan obrolan saat bertemu pun tidak ada yang asyik. Akhirnya kamu merasa gak lagi cocok dengannya. Kamu mulai sadar bahwa dia sudah gak lagi berarti untuk dijadikan sebagai partner diskusimu tentang pekerjaan dan hal-hal yang berkaitan lainnya. 

4. Kamu sudah gak mencintainya 

5 Sebab Kamu Tetap Kesepian, Meski Punya Pasangan Sesuai KriteriaIlustrasi hubungan (pexels.com/Alena Darmel)

Berjalannya waktu, cinta gak selalu tetap dalam kondisi yang membara. Ada kalanya semua yang kamu rasakan menjadi surut. Begitupun dengan perasaanmu padanya. 

Ketika kamu sudah gak mencintainya lagi, maka dia gak menempati tempat istimewa dalam hatimu. Dia memang mencintaimu, tapi kamu yang sudah gak mencintainya. 

5. Kamu gak banyak bergaul dengan orang lain

5 Sebab Kamu Tetap Kesepian, Meski Punya Pasangan Sesuai KriteriaIlustrasi seorang menyendiri (pexels.com/Liza Summer)

Kesepian yang kamu rasakan gak lain karena kamu gak bergaul dengan orang lain. Kamu hanya memiliki waktu untuk dihabiskan bersama dengan pasanganmu saja. Gak ada kamu yang sibuk bertemu teman, keluar bareng mereka dan hal lainnya yang menyenangkan.

Ketika waktumu hanya digunakan pada pasangan, maka saat pasangan punya kesibukan sendiri, kamu akan merasa kesepian. Kamu gak memiliki aktivitas lain dan hanya berdiam sendiri dalam pikiranmu.

Jangan menyalahkan apa yang kamu rasakan ini ke pasanganmu karena kesepian itu berasal dari dirimu sendiri. Segera atasi semuanya dan ingat kebahagiaan itu berasal dari dirimu sendiri, bukan orang lain. 

Baca Juga: 5 Cara Bijak Memaafkan Diri bila Pernah Menyakiti Pasangan

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya