Comscore Tracker

5 Sebab Seseorang Selingkuh meski Sudah Jalin Hubungan Bertahun-tahun

Sudah gak ada lagi cinta yang tersisa

Menjalani hubungan yang sudah bertahun-tahun, tentu saja telah melewati berbagai macam ujian dalam hubungan, mulai dari yang ringan sampai pada yang paling berat. Dan, biasanya seseorang yang telah menjalani hubungan bertahun-tahun ini, pasti pernah melakukan godaan untuk selingkuh dari pasangannya walau hanya sedikit. 

Lantas, mengapa sih seseorang bisa selingkuh saat hubungan cintanya dengan pasangan sudah bertahun-tahun dan sudah berbuat ingin komitmen? Nah, berikut penyebabnya. 

1. Hubungan yang dijalani terasa monoton

5 Sebab Seseorang Selingkuh meski Sudah Jalin Hubungan Bertahun-tahununsplash.com/Edward Cisneros

Menjalani hubungan yang telah bertahun-tahun, tentunya sudah melakukan berbagai macam hal bersama. Karena semuanya telah dilakukan dan gak ada lagi hal yang baru, maka yang tersisa sekarang hanyalah sebuah kebosanan semata. 

Hubungan jadi lebih monoton dan butuh hal baru untuk dijadikan semangat. Akhirnya, karena gak menemukan dalam hubungan, maka dia akan mencarinya di luar dengan sebuah perselingkuhan. 

2. Rasa nyaman sudah lama hilang

5 Sebab Seseorang Selingkuh meski Sudah Jalin Hubungan Bertahun-tahununsplash.com/Edward Cisneros

Ketika rasa nyaman sudah hilang, maka perasaan cinta pun sudah terkikis secara perlahan. Gak akan ada lagi antusias yang hadir. 

Kencan-kencan yang dilakukan sama sekali gak berarti dan dirinya mulai abai dengan segala hal yang berkaitan dengan hubungan. Dari sinilah timbul keinginan untuk dekat dengan sosok yang baru dan menjalin hubungan secara diam-diam. 

3. Ingin putus, tapi hubungan sedang baik-baik saja

5 Sebab Seseorang Selingkuh meski Sudah Jalin Hubungan Bertahun-tahunwww.pexels.com/Anastasia Shuraeva

Jangan salah, ketika hubungan sudah mulai bosan dan punya keinginan untuk putus, tapi gak ada sebab yang bisa dijadikan alasan, maka jalan satu-satunya untuk putus adalah menyakiti pasangannya, yakni dengan menyelingkuhinya. 

Dengan berselingkuh, pasangannya akan marah dan kecewa sehingga memilih untuk mengakhiri hubungan. Di saat itulah, dia berhasil menunaikan keinginannya untuk putus dari hubungan yang sudah bertahun-tahun, tapi gak ada kejelasan ke depannya. 

Baca Juga: Lebih Baik Setia, Ini 5 Dampak Buruk Selingkuh bagi Kesehatan

4. Balas dendam karena pasangan dulu pernah menyelingkuhinya

5 Sebab Seseorang Selingkuh meski Sudah Jalin Hubungan Bertahun-tahununsplash.com/Luis Quintero

Perselingkuhan juga bisa terjadi jika di masa lalu pasangannya pernah menyelingkuhi dirinya, tapi dia memaafkan pasangannya dan memilih untuk bertahan. Ketika bertahan, dia gak melupakan semuanya begitu saja, tapi ada hal yang harus dia balas atas rasa sakit dan kecewanya selama ini gak dihargai oleh pasangannya.

Balas dendam yang dilakukan gak lain adalah membalas dengan sebuah perselingkuhan lagi. Hal ini dilakukan agar pasangannya bisa tahu berapa sakitnya dikhianati saat dirinya sudah percaya sepenuhnya.

5. Menemukan sosok baru yang jauh lebih pengertian

5 Sebab Seseorang Selingkuh meski Sudah Jalin Hubungan Bertahun-tahununsplash.com/Marcos Paulo Prado
Telah lamanya waktu yang dihabiskan berdua, tentu saja membuat keduanya jadi lebih tahu tentang karakter sikap masing-masing dan baik buruknya diri masing-masing. Ketika mengenal dan menemukan sosok baru yang jauh lebih pengertian dibandingkan dengan pasangannya. Tentu saja dia akan jatuh hati dan melupakan pasangannya yang dinilai gak mengerti tentang dirinya. Dari sinilah perselingkuhan timbul dan membuat hubungan jadi berantakan. 
 
Penyebab seseorang selingkuh, tentu saja bermacam-macam, tapi yang paling sering terjadi dalam hubungan yang bertahun-tahun adalah lima penyebab di atas. Jika sudah begitu, maka harapan untuk bisa langgeng akan sia-sia saja.

Baca Juga: 5 Risiko yang Akan Kamu Terima saat Selingkuh Dibalas Selingkuh Lagi

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya