Comscore Tracker

5 Cara Efektif Ubah Sikap Baperan Jadi Perhatian

Kamu pasti bisa mengubahnya untuk jadi lebih baik!

Dalam hubungan itu ada kamu dan pasangan yang terlibat. Memiliki sikap baperan hanya akan menyulitkanmu dalam hubungan ini, yang akhirnya membuatmu gak bahagia sama sekali. 

Baper diidentikkan sebagai sikap sensitif yang mudah tersinggung, marah, dan mood yang sering berubah-ubah. Biasanya perasaan baper akan muncul saat ada sikap atau perkataan pasangan yang gak kamu sukai. 

Sikap seperti ini harus dihilangkan jika ingin hubungan langgeng dan bahagia. Kamu bisa mengubah sikap baper menjadi perhatian agar pasangan merasa dicintai. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah sikap tersebut.

1. Hubungan ini bukan hanya tentang perasaan dan keinginanmu 

5 Cara Efektif Ubah Sikap Baperan Jadi Perhatianilustrasi hubungan asmara (pexels.com/August de Richelieu)

Prinsip hubungan cinta itu gak hanya berputar pada perasaanmu saja, tapi juga pasanganmu, dan hal ini perlu kamu catat. Cobalah ambil sikap yang lebih dewasa. Dia yang gak menyapamu di pagi hari dan gak meneleponmu seharian mungkin karena dirinya sibuk. 

Pun sebaliknya, kalau dia singkat sekali menjawab telepon atau chat darimu, itu bukan berarti dia marah padamu. Mungkin saja ada hal-hal yang dia alami. Sebagai sepasang kekasih, cobalah lebih pengertian pada pasangan. 

Perlakukan dia dengan baik, dan jika memang dia gak bersikap seperti biasanya, cobalah berikan perhatian dan tanyakan kenapa sikapnya lebih dingin daripada biasanya. Kuncinya di sini adalah berpikir positif dan gak semua hal harus sesuai dengan keinginanmu.

2. Berhenti overthinking

5 Cara Efektif Ubah Sikap Baperan Jadi Perhatianilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Oleg Magni)

Overthinking terjadi saat satu pikiran menyambung ke pikiran lain, yang kemudian menciptakan sebuah pemikiran yang negatif. Pikiran ini biasanya berupa ketakutan yang kamu miliki akan hubunganmu. Kamu takut pasangan marah, bosan, dan berselingkuh darimu.

Daripada kamu larut dalam pikiranmu sendiri, lebih baik lakukan aktivitas yang mengurangi ketakutanmu akibat overthinking. Kamu bisa menyibukkan dirimu dengan sederet aktivitas yang bermanfaat, seperti menekuni hobimu, bertemu dengan teman, atau menonton series favoritmu. 

3. Kontrol pikiranmu

5 Cara Efektif Ubah Sikap Baperan Jadi Perhatianilustrasi pria sedang termenung (pexels.com/Zen Chung)

Tahukah kamu bahwa sikap baper itu diawali dari pikiranmu yang menyimpulkan sesuatu dengan begitu cepat dan cenderung negatif. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengontrol pikiranmu sendiri. 

Ketika kamu merasa tersinggung atau marah dengan apa yang pasanganmu lakukan, cobalah untuk berpikir lebih kritis dan hindari berpikir negatif. Pandanglah sesuatu dari sudut yang berbeda. 

Juga, ingatlah bahwa kamu dan pasangan punya cara berpikir yang berbeda. Cobalah lebih memaklumi perbedaan, dan sekali lagi ingat bahwa hubungan ini bukan hanya tentang kamu.

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Cancer Marah, Jangan Bilang Dia Baperan!

4. Percaya pada pasanganmu 

5 Cara Efektif Ubah Sikap Baperan Jadi Perhatianilustrasi hubungan asmara (pexels.com/Ron Lach)

Kepercayaan itu adalah fondasi penting dalam hubungan. Jika kamu berusaha menghilangkan sikap baper dengan mengubahnya menjadi bentuk perhatian, maka tumbuhkan terlebih dahulu rasa percayamu pada pasangan.

Dengan kepercayaan itu, kamu akan selalu berpikir positif dan yakin bahwa dia juga mencintaimu sebagaimana kamu mencintainya. Hasil dari sikap ini adalah kamu memberikan banyak cinta pada pasangan. Hubungan yang dijalani tentu menjadi lebih terkendali dan jauh dari masalah.

5. Bersikap lebih terbuka dan dewasa 

5 Cara Efektif Ubah Sikap Baperan Jadi Perhatianillustrasi pasangan mesra (pexels.com/BM Capture

Daripada kamu ngambek karena baper atas sikap pasangan, cobalah lebih terbuka padanya. Kamu bisa menanyakannya langsung atas sikap yang dia tunjukkan, dan memang jika gak ada kaitannya denganmu, ya sudah gak perlu diperpanjang lagi. Semudah itu yang bisa kamu lakukan. 

Komunikasi yang baik dapat mencegah adanya masalah dan pertengkaran. Hal ini juga bisa membuatmu tahu lebih dalam tentang pasangan sehingga memudahkanmu tahu apa yang dia inginkan. 

Dalam hal ini, ingatlah bahwa sikap pasangan yang cuek dan dingin bukan berarti dia marah serta gak sayang padamu. Sikap baperan yang kamu rasakan nantinya hanya akan memunculkan masalah baru dalam hubungan. Lebih baik atasi baper dengan lebih bersikap perhatian pada pasangan.

Baca Juga: Dicap Baperan, 5 Kesulitan Dialami Orang Sensitif Saat Pacaran

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya