Comscore Tracker

5 Sikap Manipulatif Pasangan yang Harus Kamu Ketahui, Apa Saja? 

#IDNTimesLife Jangan dibutakan terus!

Pasangan yang manipulatif sangat sulit untuk dikenali. Apa lagi kamu sangat mencintainya. Kamu akan dibutakan oleh cinta dan apa pun hal yang dilakukan oleh pasangan akan kamu anggap sebagai bukti cinta.

Jangan mau dibodohi dengan sikap manipulatifnya karena kamu akan disakiti, kamu perlu tahu apa saja sikap pasangan yang manipulatif dengan menyimak ulasan berikut ini. Apa saja?

1. Kamu selalu merasa bersalah atas semua masalah yang terjadi 

5 Sikap Manipulatif Pasangan yang Harus Kamu Ketahui, Apa Saja? Ilustrasi hubungan (pexels.com/cottonbro)

Masalah dan pertengkaran adalah hal yang wajar terjadi dalam sebuah hubungan karena kalian memiliki karakter berbeda dalam menyikapi suatu permasalahan. Namun, kamu harus hati-hati bila selama menjalin hubungan dengannya, kamu selalu merasa bersalah atas apa yang terjadi.

Pasangan selalu punya kata-kata yang membuatmu kian merasa bersalah dan akhirnya hanya kamu yang meminta maaf. Kamu selalu memikirkan kesalahanmu, sedangkan dia hanya menyusahkanmu saja tanpa mau disalahkan atas semua yang terjadi.

2. Membuatmu selalu bergantung padanya 

5 Sikap Manipulatif Pasangan yang Harus Kamu Ketahui, Apa Saja? Ilustrasi hubungan (unsplash.com/Freestock)

Kamu akan selalu diperlakukan dengan manis olehnya sampai kamu merasa hidupmu hanya bahagia bersamanya. Ketika kamu sudah merasa seperti itu, maka saat itulah kamu sudah bergantung padanya. Gak ada keinginan untuk lepas darinya.

Setiap keinginan pasangan selalu kamu turuti sebagai bentuk rasa sayang kamu padanya hingga akhirnya kamu jadi diperbudak olehnya. Dia pun akan menjadi sosok yang punya kuasa atas dirimu karena yakin kamu gak bisa hidup tanpanya.

3. Kamu sama sekali gak dipercaya olehnya 

5 Sikap Manipulatif Pasangan yang Harus Kamu Ketahui, Apa Saja? Ilustrasi hubungan (pexels.com/ RODNAE Productions)

Banyaknya kesalahan yang selalu ditunjukkan padamu membuat dia gak percaya atas apa yang kamu lakukan. Dia selalu saja mengucapkan kalau bertahannya hubungan ini semuanya atas perjuangannya.

Kamu dianggap gak pernah ikut andil membuat hubungan ini bahagia. Itulah mengapa dia gak pernah percaya padamu hingga saat ini dan kamu harus membuktikan perjuanganmu dengan keras padanya.

Baca Juga: Duh, 6 Zodiak Ini Berpotensi Jadi Orang yang Manipulatif 

4. Mengekang, tapi selalu dikatakan sebagai bentuk perhatiannya 

5 Sikap Manipulatif Pasangan yang Harus Kamu Ketahui, Apa Saja? Ilustrasi hubungan (pexels.com/cottonbro)

Sikapnya selalu menunjukkan kalau dia mengekangmu. Segala hal yang kamu lakukan harus diketahui dan diatur olehnya.

Jika kamu marah padanya, dia akan selalu berdalih kalau semua ini adalah bentuk perhatiannya untukmu. Dia ingin yang terbaik untuk hidupmu, tapi kamu sama sekali tidak merasa seperti itu.

5. Sering dikritik dengan alasan demi kebaikan 

5 Sikap Manipulatif Pasangan yang Harus Kamu Ketahui, Apa Saja? Ilustrasi hubungan (pexels.com/Yan Krukov)

Kedengarannya pasangan selalu baik dengan dia yang selalu menasihatimu. Namun, kamu harus berpikir lebih jauh kalau menasihati dengan dikritik itu beda tipis.

Dia yang menasihati akan selalu memberikan banyak kalimat positif untukmu, tapi dia yang mengkritik cenderung lebih menjatuhkanmu sampai kamu merasa terpuruk dan bergantung padanya. Kamu harus tahu situasi seperti ini.

Berhenti dibodohi olehnya jika kamu sudah sadar seikapnya itu manipulatif. Ambil Langkah tegas dengan tidak selalu menuruti keinginan dan perkataannya. Kamu harus bisa berpikir lebih kritis sekarang. 

Baca Juga: Waspada, 5 Zodiak Ini Konon Dikenal Paling Manipulatif

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya