Comscore Tracker

5 Tanda Jika Pasanganmu adalah Sosok yang Toksik dalam Hubungan

Kamu harus waspada pada perilakunya

Hubungan asmara yang toxic itu sangat membahayakan bagi psikologis, baik itu kamu maupun pasanganmu. Tentunya, hubungan toxic ini tidak muncul begitu saja. Pasti ada sebab yang menimbulkan hal seperti itu. 

Berikut ini beberapa tanda yang akan muncul jika pasanganmu adalah tipe yang membawa pengaruh toxic dalam hubungan. 

1. Melarangmu untuk bergaul dengan teman-temanmu

5 Tanda Jika Pasanganmu adalah Sosok yang Toksik dalam Hubunganunsplash.com/Priscilla Du Preez

Menghabiskan waktu dengan pasangan adalah hal yang paling menyenangkan. Namun, berbeda manakala pasangan mengekangmu untuk selalu ada waktu baginya.

Kamu dituntut untuk memberikan kabar di mana posisimu dan sedang apa dirimu di setiap menitmu. Bahkan akan merajuk bila kamu menghabiskan waktu dengan teman-temanmu, entah itu untuk nongkrong atau sekedar hang out barengan. 

2. Mengatur segala kehidupanmu

5 Tanda Jika Pasanganmu adalah Sosok yang Toksik dalam Hubunganunsplash.com/Ryan Jacobson

Bila kamu pernah diatur segalanya oleh pasangan, mulai dari pakaian, tutur kata , sikap hingga perilaku, hal tersebut adalah tindakan menyabotase dirimu dan hidupmu. Dia mungkin akan beralasan bahwa ingin kamu berubah menjadi lebih baik.

Namun, berubah itu tentang kesiapan diri dan keinginan diri. Jika terus menerus dipaksakan, itu akan membuat dirimu tertekan dan insecure sendiri. Kamu tidak akan bahagia menjalin hubungan bersamanya. 

3. Marah saat kamu lebih mementingkan keluarga dibandingkan dirinya

5 Tanda Jika Pasanganmu adalah Sosok yang Toksik dalam Hubunganunsplash.com/Loly Gelina

Pernah merasa bahwa pasanganmu merajuk dan marah saat kamu lebih mementingkan keluarga daripada dirinya? Jika iya, ini adalah tanda bahwa dia benar-benar toxic. Pasangan yang mencintai akan mendukungmu untuk memprioritaskan keluargamu karena mereka adalah sosok yang harus diutamakan.

Namun, jika setiap kamu memberitahu dirinya bahwa kamu ada urusan keluarga dan mendahulukan kepentingan keluarga daripada kepentingan hubungan dan dia marah, lebih baik kamu tinggalkan. Menjalin hubungan bersamanya sangat tidak sehat. 

Baca Juga: Ini 5 Kerugian Terus Mempertahankan Teman yang Toksik, Waspada Ya!

4. Sering meminta materi padamu dan marah saat tak menurutinya

5 Tanda Jika Pasanganmu adalah Sosok yang Toksik dalam Hubunganunsplash.com/Priscilla Du Preez

Pasangan yang sering meminta materi padamu tidak akan mengerti bahwa uangmu bukan milik bersama. Pasanganmu yang meminta awalnya mengkode, meminta dirimu membelikan barang yang dia inginkan.

Lalu, jika kamu mengabulkannya, dia makin sering meminta bahkan meminta dalam bentuk uang juga. Jika dia tidak mendapatkan hal tersebut darimu, maka dia akan marah padamu. Nah, inilah tanda bahwa dia toxic dan hanya memanfaatkanmu saja. 

5. Mulai membujukmu untuk lakukan hubungan seksual padahal kamu tak ingin

5 Tanda Jika Pasanganmu adalah Sosok yang Toksik dalam Hubunganunsplash.com/Pablo Heimplatz

Melakukan hubungan seksual itu harus atas dasar suka sama suka. Jika dia membujuk bahkan memaksamu untuk berhubungan seksual, padahal kamu tidak ingin.

Sebaiknya kamu tinggalkan saja, karena jika kamu mempertahankan dia, hal itu adalah percuma. Dia akan terus menerus menganggapmu sebagai objek untuk dijadikan pelampiasan nafsu belaka. 

Itulah lima tanda bahwa pasanganmu adalah sosok yang membawa toxic dalam hubungan. Oleh karena itu, jika dia menunjukkan tanda seperti di atas, ada baiknya untukmu segera memutuskan hubungan, karena jika dipertahankan hanya akan merugikanmu saja. 

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Kamu Petik Ketika Menjalani Hubungan Toksik

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya