Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Sedang Mengalami Toxic Mariage dalam Rumah Tangga

Kenali tanda lebih awal biar bisa diperbaiki

Setiap rumah tangga memang tidak selalu mulus dan bahagia saja yang dirasakan. Tentunya banyak masalah yang kian hadir menguji biduk rumah tanggamu bersama pasangan. 

Namun, di balik masalah yang ada, apakah kamu dan dia bisa menyelesaikannya bersama atau malah stuck di situasi tersebut, lalu mengakibatkan hubungan rumah tangga menjadi toxic

Ada beberapa tanda yang tunjukkan bahwa kamu sedang alami toxic marriage tanpa tanpa kamu sadari. Berikut tanda yang bisa kamu simak beserta penjelasannya. 

1. Tak ada lagi kehangatan yang tercipta di atas ranjang

5 Tanda Kamu Sedang Mengalami Toxic Mariage dalam Rumah Tanggaunsplash.com/Victoria Priessnitz

Kehangatan ranjang atau yang sering disebut dengan aktivitas seksual adalah faktor penting keberlangsungan rumah tangga dalam hubungan. Di mana, seks dapat memperkuat kedekatan emosional satu sama lain antara kamu dan pasangan sebagai suami istri. 

Namun, bila saat ini kamu sudah lama tidak melakukan aktivasi seksual bersama pasangan dan tidak diketahui penyebabnya, maka berhati-hatilah karena ini tanda awal pernikahanmu akan menjadi toxic

2. Lebih sering menangis dibandingkan dengan senyum dan tawa

5 Tanda Kamu Sedang Mengalami Toxic Mariage dalam Rumah Tanggaunsplash.com/Kevin Laminton

Masalah dan pertengkaran akan selalu ada karena itulah hubungan. Kamu boleh menangis, asalkan secukupnya saja. Namun, bila selama menjalin hubungan rumah tangga dengannya, kamu lebih banyak menangis dibandingkan merasa bahagia, maka dapat dipastikan bahwa kamu sedang berada di toxic marriage. 

Jika kamu ingin tetap mempertahankan hubungan, maka sebaiknya mencari tahu penyebab pastinya dan selesaikan secara terbuka bersama dengan pasangan. 

Baca Juga: 7 Penyebab Rumah Tangga Terasa Hambar meski Baru Menikah

3. Menciptakan kebohongan dengan pura-pura terlihat harmonis di hadapan publik

5 Tanda Kamu Sedang Mengalami Toxic Mariage dalam Rumah Tanggaunsplash.com/Gabriel Silverio

Masalah dan keretakan dalam rumah tangga memang bukanlah konsumsi publik. Namun, jika kamu terus menerus menciptakan kebohongan dengan berpura-pura terlihat harmonis di hadapan publik, maka akan membuat dirimu sendiri jadi tertekan. 

Bila memang kamu tidak bahagia dan tak merasa harmonis bersamanya, kamu bisa mencari solusi dengan konsultasi pada temanmu yang sudah menikah juga. Jangan disimpan sendiri karena itu gak baik untuk dirimu.

4. Saling menyalahkan tentang peran masing-masing dalam rumah tangga

5 Tanda Kamu Sedang Mengalami Toxic Mariage dalam Rumah Tanggapexels.com/Vera Arsic

Adanya kesalahan itu untuk perbaiki, bukan saling menyalahkan. Hubunganmu ini bukan lagi tentang pacaran, tapi pernikahan yang harus jalani seumur hidup. 

Bila terus menerus menyalahkan, terutama tentang peran masing-masing di rumah tangga, maka nantinya rumah tangga yang dijalanin akan berubah menjadi toxic. Akibatnya, tak akan lagi ada rasa tenang dan menjadikan rumah sebagai tempat istirahat yang nyaman. 

5. Merasa memiliki banyak beban saat berada di dalam rumah

5 Tanda Kamu Sedang Mengalami Toxic Mariage dalam Rumah Tanggaunsplash.com/Nik Shuliahin

Hati-hati jika kamu sudah mulai merasa banyak beban saat berada dalam rumah. Karena, hal itu menunjukkan bahwa rumah tanggamu sedang mengalami toxic marriage. 

Akibatnya, kamu akan sering menghabiskan banyak waktu di luar rumah. Entah itu untuk urusan pekerjaan, keluar bersama teman hingga fokus pada hidupmu saja tanpa memikirkan keluarga yang ada di rumah. 

Itulah sederet tanda yang jelaskan saat ini kamu sedang alami toxic marriage dalam rumah tangga. Atasi semuanya dengan baik, bahkan kamu bisa konsultasi dengan psikolog agar pernikahanmu bisa berubah menjadi lebih baik. 

Baca Juga: 6 Tips Agar Seks Tidak Terganggu, Bikin Rumah Tangga Harmonis!

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya