Comscore Tracker

5 Tanda Pasangan Sudah Gak Terlalu Serius Berkomitmen Padamu

Kamu harus tahu keseluruhan tandanya

Menikah dan hidup bersama dengan pasanganmu saat ini adalah impian yang sudah pasti kamu inginkan sejak awal jadian. Lalu, kamu dan pasangan sudah sama-sama ingin serius berkomitmen menjalani hubungan jangka panjang ini bersama. Namun, segala sesuatu tidak selalu berjalan mulus sesuai dengan harapan dan janji di awal hubungan.

Adakalanya pasanganmu sudah tak ingin lagi berkomitmen dalam hubungan karena suatu kesalahan dan masalah, lalu menimbulkan ketakutan hingga berpikir dua bahkan tiga kali untuk menikah denganmu. Sebenarnya ada beberapa tanda yang bisa kamu ketahui dari perilaku pasangan saat dirinya sudah tak terlalu ingin berkomitmen denganmu. Perilaku ini adalah respon dari hati dan pikirannya, seperti beberapa tanda berikut ini. 

1. Sudah tak ada lagi sikap curiga, cemburu dan posesif dalam dirinya

5 Tanda Pasangan Sudah Gak Terlalu Serius Berkomitmen Padamupexels.com/Gustavo Fring

Melihatnya bersikap curiga, cemburu dan posesif tentu membuatmu merasa tidak nyaman. Namun, kamu mengerti bahwa dengan dia bersikap seperti itu menunjukkan bahwa dirinya amat sangat mencintaimu dan takut kehilanganmu. 

Kini ketika dirinya sudah mulai bersikap cuek dan tak lagi bersikap curiga, cemburu dan posesif, kamu harus waspada. Sebab, dirinya perlahan sudah mulai mengurangi rasa memiliki atas dirimu lagi, di mana rasa cintanya padamu mulai berkurang. 

2. Menuntutmu pun sudah tak lagi dilakukan layaknya dulu saat mulai berkomitmen

5 Tanda Pasangan Sudah Gak Terlalu Serius Berkomitmen Padamuunsplash.com/Clay Banks

Dia yang berusaha menuntutmu, sebenarnya memiliki maksud baik bilamana yang dituntut adalah tentang sebuah komitmen. Dirinya ingin kamu berubah lebih baik agar bisa diterima oleh keluarganya dengan baik. 

Namun, ketika sekarang dia sudah tak lagi menuntut apa pun dalam dirimu, jangan terlalu senang terlebih dahulu karena kamu terbebas dari kecerewetannya. Justru, ini adalah tanda bahwa dia sudah tak terlalu ambisius kamu menjadi pasangan hidupnya kelak. 

3. Tak lagi ingin selalu dekat denganmu dan ikut kemana pun kamu pergi

5 Tanda Pasangan Sudah Gak Terlalu Serius Berkomitmen Padamuunsplash.com/Michael Easterling

Awal-awal hubungan dan berjanji untuk saling berkomitmen untuk hubungan jangka panjang, maka kamu akan senang bila dirinya selalu ingin ada di dekatmu karena kamu pun ingin seperti itu juga. Bahkan, berbagai acara dan kegiatan, dia ingin terus ikut di sampingmu, kamu pun tak merasa risih. 

Sekarang ketika kamu sudah mulai merasakan dia tak ingin lagi ikut denganmu dan mulai bersikap mandiri tanpa harus ada di dekatmu terus, kamu harus waspada. Perhatikan dirinya karena ini adalah tanda dia sudah tak ingin berkomitmen lagi padamu. 

Baca Juga: 5 Tips Tetap Harmonis Bersama Pasangan Workaholic, Jaga Komitmen!

4. Lebih sering membahas rencana saat ini daripada rencana masa depan

5 Tanda Pasangan Sudah Gak Terlalu Serius Berkomitmen Padamuunsplash.com/Yolanda Sun

Dia yang selalu bersemangat membahas rencana masa depan bersamamu dulu, kini mulai jarang membahasnya kembali. Dirinya lebih suka membahas rencana saat ini, tanpa mau menyinggung tentang rencana masa depan bersama. 

Bahkan, ketika kamu mulai membicarakan masa depan, dirinya akan mengalihkan pembicaraan pada hal lain. Oleh sebab itu, kamu harus paham pada situasi seperti ini. 

5. Selalu diam seribu bahwa saat ditanya, kapan siap untuk menikah? 

5 Tanda Pasangan Sudah Gak Terlalu Serius Berkomitmen Padamupexels.com/Vera Arsic

Tanda yang paling terlihat oleh dia yang sudah tak terlalu ingin berkomitmen, bahkan menikah denganmu adalah dia akan diam seribu bahasa saat kamu sudah menanyakan tentang kapan kesiapan dia untuk menikah. Diam dalam hal ini menunjukkan bahwa dirinya tak ingin berbohong dan mengecewakanmu. Bukan hanya saat ditanya tentang kesiapan menikah saja, dia pun akan diam saat ada masalah dan pertengkaran, terutama pertengkaran yang disebabkan masalah komitmen. 

Itulah lima tanda pasangan sudah gak terlalu ingin serius berkomitmen padamu. Kamu harus paham situasi seperti ini. Jika kamu mencintainya, maka berjuanglah untuk membuatnya percaya padamu agar dia bisa kembali ingin berkomitmen dalam hubungan. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Komitmen saat Pacaran Itu Penting Banget

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya