Comscore Tracker

5 Tindakan Memalukan yang Sering Dilakukan Orang saat Putus Cinta

Jangan diulangi lagi, ya! 

Tidak ada putus cinta yang tak menyakitkan, semuanya pasti mengalami patah hati dan hilang semangat hidup. Tak hayal juga, kamu yang pernah merasakan sakit hati pasti sulit untuk melakukan apa pun sesuai dengan logikamu dan cenderung menggunakan hati. Makanya, tak heran bila banyak orang yang putus cinta akan bertindak bodoh pada hidupnya. 

Jika kamu saat ini sedang merasakan sakit hati akibat putus cinta, ada baiknya untuk tidak melakukan lima hal memalukan di bawah ini. 

1. Memperlihatkan kesedihanmu di media sosial

5 Tindakan Memalukan yang Sering Dilakukan Orang saat Putus Cintaunsplash.com/Siavash Ghanbari

Bersedih itu wajar, tapi dilakukan hanya untuk diri sendiri. Memposting cerita atau foto yang menujukkan bahwa kamu sedang galau dan sedih karena diputuskan oleh mantanmu adalah tindakan kekanak-kanakan yang memalukan.

Mungkin kamu ingin melampiaskan rasa sedihmu dan mengekspresikan dirimu melalui postingan media sosial, tapi kamu tidak akan tahu dampaknya. Orang lain akan menganggap bahwa kamu terlalu narsis menunjukkan kesedihanmu di media sosial.

Mereka tak akan ikut prihatin, malahan akan menghakimi dirimu sebagai sosok yang segalanya harus diperlihatkan ke publik. Selain itu, setelah kamu putus dan melihat kembali postingmu, kamu pun akan merasa sangat malu karena kamu terlalu kekanak-kanakan. 

2. Curhat pada setiap orang yang kamu temui

5 Tindakan Memalukan yang Sering Dilakukan Orang saat Putus Cintaunsplash.com/Thrung Thanh

Berbagi cerita untuk mengurangi rasa sedihmu akan kisah cinta yang berakhir memang normal dilakukan, tapi harus dalam batas wajar juga. Kamu harus menceritakannya hanya pada orang-orang terdekatmu dan telah kamu percayai. Jangan malah cerita pada setiap orang yang kamu temui.

Setiap orang yang bertanya padamu tentang keadaanmu tidak lantas membuatmu menceritakan segala permasalahan yang ada, karena kamu akan dinilai sebagai pribadi yang mencari perhatian dan orang akan beranggapan bahwa kamu sangat dramatis sekali soal percintaan. 

3. Langsung posting foto dengan lawan jenis baru pada akun media sosialmu

5 Tindakan Memalukan yang Sering Dilakukan Orang saat Putus Cintaunsplash.com/Gabriel Silverio

Berusaha move on itu perlu. Namun, jika kamu terlalu menggembor-gemborkan bahwa dirimu telah move on hanya dalam waktu cepat dan sudah mengaet lawan jenis lain sebagai pengganti pasanganmu, justru kelakuanmu sangatlah memalukan dan tidak dewasa.

Orang lain akan menganggap bahwa kamu terlalu murahan untuk cepat dapat pengganti. Selain itu, mereka juga akan menilai bahwa kamulah sumber masalah dari putusnya hubungan sehingga kamu layak diputuskan oleh pasanganmu.

Baca Juga: 10 Teks Peringatan di Tempat Umum yang Receh Tapi Bikin Galau

4. Berpaling saat bertemu dengan mantan di jalan

5 Tindakan Memalukan yang Sering Dilakukan Orang saat Putus Cintaunsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Pernah buang muka atau balik arah saat bertemu dengan mantan di jalan? Tindakan ini benar-benar sangat memalukan. Meski kamu membencinya, tak pantas berlaku demikian. Kamu harus menunjukkan bahwa kamu bisa hidup tanpanya.

Oleh sebab itu, ketika berpapasan di jalan sebaiknya jalan saja, tak usah buang muka atau putar arah agar tak bertemu dengannya. Selain kekanak-kanakan, kamu juga akan ditertawakan oleh mantanmu. Tentunya hal tersebut tidak ingin terjadi padamu, bukan? Oleh karena itu jangan lakukan lagi. 

5. Menyebarkan rumor yang bersifat menjatuhkan pada orang lain tentangnya

5 Tindakan Memalukan yang Sering Dilakukan Orang saat Putus Cintaunsplash.com/Ben White

Kamu boleh membencinya. Namun, jangan sampai menyebarkan rumor yang tak baik dengan maksud untuk menjatuhkan mantanmu. Dia memang punya kesalahan, tapi tindakanmu yang seperti itu menunjukkan bahwa kamu sangat tidak dewasa saat bertindak. Hal itu pun tidak baik dilakuakan karena dapat memperburuk citranya di hadapan publik. 

Itulah lima tindakan memalukan yang sering dilakukan orang setelah putus cinta. Jika kamu sedang mengalami sakitnya putus cinta, sebaiknya pikirkan dua kali manakala kamu ingin melakukan kelima hal memalukan di atas. 

Baca Juga: 5 Hal Sepele setelah Putus Ini Bikin Mantan Galau Mau Balikan Lagi!

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya