Comscore Tracker

Turunkan Gengsi, 5 Tips Baikan dengan Sahabat Setelah Bertengkar Hebat

Gengsi hanya akan menghacurkan semua yang kamu miliki

Masalah dan bertengkar dalam persahabatan adalah hal yang wajar. Bahkan sampai bermusuhan dan saling mendiamkan satu sama lain pun kerap kali terjadi. 

Saling mendiamkan satu sama lain hanya akan membuatmu dan sahabatmu merasa sakit hati saja. Tidak akan ada yang mengalah jika keduanya saling mengedepankan gengsi. Tentunya persahabatanmu juga tidak akan menyatu lagi. 

Agar hal tersebut tidak terjadi, ada baiknya untukmu berbaikan dengan melakukan lima tips di bawah ini. 

1. Beri waktu dan intropeksi diri masing-masing setelah bertengkar

Turunkan Gengsi, 5 Tips Baikan dengan Sahabat Setelah Bertengkar Hebatunsplash.com/Yulia Pantlukhina

Masalah yang timbul biasanya diakibatkan oleh selisih paham dan ego untuk menguatkan pendapat masing-masing. Setelah kamu bertengkar ada baiknya untuk memberi waktu bagi dirimu sendiri dan sahabatmu. 

Waktu yang kamu luangkan untuk dirimu sendiri harus kamu manfaatkan untuk introspeksi dari kesalahan yang telah terjadi. Biarkanlah dirimu tenang sampai dapat menemukan solusi untuk pertengkaranmu. 

2. Niatkan diri untuk meminta maaf terlebih dahulu

Turunkan Gengsi, 5 Tips Baikan dengan Sahabat Setelah Bertengkar Hebatunsplash.com/Caleb Lucas

Dari intropeksi yang telah kamu lakukan, kamu pasti menemukan solusi yang baik untuk persahabatanmu. Kini saatnya untuk menghilangkan gengsimu terlebih dahulu dan niatkan untuk memilih untuk minta maaf. 

Tidak ada yang salah dalam pertengkaran tersebut. Yang menjadi masalah adalah rasa egois yang tinggi dan amarah yang menguasai pikiran masing-masing. Saat semuanya telah reda, kini mulailah untuk meminta maaf.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Bertengkar Terlalu Lama dengan Teman

3. Hubungi sahabatmu dan ajak dirinya bertemu

Turunkan Gengsi, 5 Tips Baikan dengan Sahabat Setelah Bertengkar Hebatunsplash.com/Romain V

Jika rasa gengsimu sudah tersingkirkan, kini saatnya menghubungi sahabatmu untuk meminta maaf dan menjelaskan semuanya. Jangan pernah menjelaskan sebuah masalah melalui telepon. 

Ajaklah untuk bertemu dan bertatap muka. Dengan bertemu, kamu akan mengetahui, apakah sahabatmu benar-benar memaafkanmu atau tidak. 

4. Jelaskan dan dengarkan alasan masing-masing

Turunkan Gengsi, 5 Tips Baikan dengan Sahabat Setelah Bertengkar Hebatunsplash.com/Mimi Thian

Menjelaskan alasan masing-masing adalah hal penting yang harus dilakukan untuk kembali menjalin hubungan persahabatan dengan sahabatmu. Mulailah dari sahabatmu yang menjelaskan alasan pertengkaran tersebut dan dengarkan hingga tuntas. Jangan pernah untuk menyela apalagi mengkritik atau memberi saran. 

Ketika sahabatmu selesai, kini giliranmu untuk menceritakan dan menjelaskan tentang semuanya. Hindari kata-kata yang dapat menyinggung perasaan satu sama lain.

5. Ulurkan tanganmu untuk kembali menjalin persahabatan

Turunkan Gengsi, 5 Tips Baikan dengan Sahabat Setelah Bertengkar Hebatunsplash.com/Eye For Ebony

Ketika kamu sudah menjelaskan semua alasan yang melatarbelakangi pertengkaran dengan sahabatmu dan sudah mendengarkan satu sama lain. Kini saatnya untuk mengulurkan tanganmu dan mengajaknya untuk kembali berteman dan bersahabat. Tunjukkanlah sikap tulusmu bahwa kamu ingin menjalin persahabatan lagi dengannya dan yakinkan dirinya bahwa pertengkaran ini tidak akan terjadi lagi.

Itulah lima tips berbaikan dengan sahabat setelah bertengkar hebat. Persahabatan adalah hal yang penting dalam hidup. Oleh karena itu, kamu harus tetap mempertahankan persahabatanmu. Percayalah bahwa masalah tersebut hanya menguji seberapa kuatnya persahabatanmu tersebut.

Baca Juga: Daripada Bertengkar, Sikapi Perbedaan Dalam Hubungan dengan 5 Cara Ini

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya