Comscore Tracker

5 Tips Cairkan Suasana Hubungan Seusai Bertengkar, Biar Gak Awkward!

Karena cinta bukan tentang siapa yang benar

Bertengkar dalam hubungan asmara adalah hal yang wajar, karena dari pertengkaran tersebut kamu akan menemukan solusi dan membuatmu serta pasangan akan tahu sifat masing-masing. Saat kamu bertengkar dengan pasangan, jangan menunda untuk meminta maaf dan mendiamkan hingga waktu yang lama. 

Hal itu dikarenakan, baik kamu dan pasangan akan merasa paling benar sendiri dan tidak ada solusi untuk hubunganmu. Ada baiknya untuk kamu mencairkan suasana dalam hubunganmu agar tidak menyebabkan perpisahan. Berikut tips yang bisa kamu lakukan. 

1. Beri waktu masing-masing agar amarah redam

5 Tips Cairkan Suasana Hubungan Seusai Bertengkar, Biar Gak Awkward!unsplash.com/Jared Rice

Setelah pertengkaran jangan dulu bertemu untuk membahas masalah agar selesai. Baiknya, kamu harus meluangkan waktu untuk diri sendiri masing-masing. Hal tersebut bertujuan agar amarah yang ada di hati bisa redam sehingga bisa untuk introspeksi atas masalah yang telah terjadi. 

2. Ucapkan maaf dan ajak pasanganmu untuk bertemu

5 Tips Cairkan Suasana Hubungan Seusai Bertengkar, Biar Gak Awkward!unsplash.com/Becca Tapert

Ketika suasana sudah mulai membaik, kini kamu harus menyingkirkan gengsimu. Minta maaflah terlebih dahulu pada pasanganmu. Lupakan semua yang telah terjadi. Hubungi dirinya dan katakan maafmu secara tulus, lalu ajaklah dia bertemu untuk tatap muka dan menyelesaikan masalah hubungan ini. 

Baca Juga: 6 Larangan Saat Kamu dan Pasangan Saling Diam Usai Bertengkar

3. Jelaskan alasan dan masalah dari sudut pandang masing-masing

5 Tips Cairkan Suasana Hubungan Seusai Bertengkar, Biar Gak Awkward!unsplash.com/Ryan Jacobson

Waktu bertemu dan bertatap muka antara kamu dan pasanganmu harus kamu manfaatkan dengan baik. Kamu harus menjelaskan alasan dan masalah dari sudut pandangmu, begitu pun dengan dirinya.

Dengarkan dengan seksama dan teliti masalah dari kedua belah pihak. Jangan saling menyalahkan satu sama lain, karena tujuanmu bertemu adalah menyelesaikan masalah bukan saling menyalahkan. 

4. Berikan pelukan hangat untuk menenangkan

5 Tips Cairkan Suasana Hubungan Seusai Bertengkar, Biar Gak Awkward!unsplash.com/Candice Picard

Setelah saling mendengarkan alasan masing-masing, berikanlah pasanganmu sentuhan tangan dan pelukan yang hangat. Katakan bahwa masalah ini tidak akan terjadi lagi. Ucapkanlah kata maaf sekali lagi dengan rasa tulus. 

5. Lontarkan gurauan agar suasana cair

5 Tips Cairkan Suasana Hubungan Seusai Bertengkar, Biar Gak Awkward!unsplash.com/Suzana Sousa

Agar suasana hubunganmu bisa kembali cair dan buat hubunganmu tambah hangat, kamu perlu melontarkan gurauan-gurauan yang dapat membuatnya tersenyum bahkan tertawa. Selipkan juga beberapa pujian pada pasanganmu agar masalah yang telah terjadi bisa terlupakan.

Itulah lima cara cairkan suasana hubungan setelah bertengkar. Hilangkan gengsi dan sikap egois masing-masing jika kamu dan pasangan masih tetap saling mencintai. 

Baca Juga: 5 Hal Penting yang Harus Diingat Jika Bertengkar dengan Pasangan

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi! mari berteman ig:@putrirhy11

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya