Comscore Tracker

Move On, Ini 5 Tips Dapatkan Pengganti Mantan yang Jauh Lebih Baik

Fokuskan pada perubahan diri

Putus cinta memang menyakitkan bagi sepasang kekasih. Melalui hari setelah kata putus tentu membuat harimu kian buruk dan butuh banyak energi untuk melaluinya. Otomatis seluruh waktu, energi dan kesempatan terbuang begitu saja. 

Melalui semua kesedihan itu adalah wajar, tapi akan lebih baik jika kamu bangkit dan cari pengganti mantanmu yang jauh lebih baik darinya. Pun, memilih pengganti mantan yang jauh lebih baik tidak semudah yang dibicarakan. Namun, dengan tips di bawah ini, kamu bisa mendapatkanya. 

1. Ubah sikap dan kebiasaan burukmu

Move On, Ini 5 Tips Dapatkan Pengganti Mantan yang Jauh Lebih Baikunsplash.com/Yulia Pantlukhina

Pernah mendengar istilah jodoh adalah cerminan dari dirimu, kan? Istilah tersebut memang benar adanya. Ketika kamu menginginkan pasangan yang baik, maka kamu juga harus melakukan hal baik. 

Mulailah dari hal sederhana, yakni mengubah sikap dan kebiasaan burukmu selama ini. Sedikit demi sedikit lakukan perubahan agar dirimu dapat terbiasa. Yakinkan bahwa kamu bisa berubah dan menyingkirkan sikap dan kebiasaan burukmu. 

2. Tingkatkan kualitas dirimu

Move On, Ini 5 Tips Dapatkan Pengganti Mantan yang Jauh Lebih Baikunsplash.com/Bruce Mars

Ketika kamu sudah berhasil mengubah sikap dan kebiasaan buruk, kini saatnya untuk membentuk pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Tingkatkan kualitas dalam dirimu. Pelajari tentang dirimu dan temukan hal yang kamu inginkan. 

Meningkatkan kualitas diri pun harus dipengaruhi oleh orang-orang yang memberikan energi positif. Bergaullah dengan mereka yang selalu membimbing dan memberikan nasihat yang baik bagimu. Hal ini dilakukan agar hidupmu bisa lebih berwarna, bermanfaat dan bahagia. 

Baca Juga: Sadarilah, Ini 5 Tanda Mantan Gak Pernah Berpikir Kembali Padamu

3. Pilih pasangan baru yang lebih dewasa dalam bersikap

Move On, Ini 5 Tips Dapatkan Pengganti Mantan yang Jauh Lebih Baikpexels.com/Daniel Space

Bertemu dan berteman dengan orang baru akan menemukanmu dengan beberapa orang yang mendekatimu. Mereka akan melakukan pendekatan untuk dapat mengenalmu lebih jauh dan menjadikanmu sebagai kekasihnya. 

Ketika fase ini sudah kamu alami, kamu harus menyeleksi mereka dengan benar. Pilihlah mereka karena karakter dan perilakunya, terutama yang memiliki pribadi dewasa dalam berpikir dan bertindak. Jika sudah menemukannya, kasih waktu untuk kamu benar-benar yakin untuk menjadikannya pengganti mantanmu. 

4. Ceritakan masalalu pada hubunganmu

Move On, Ini 5 Tips Dapatkan Pengganti Mantan yang Jauh Lebih Baikpexels.com/Immortal shots

Kunci sebuah hubungan langgeng hingga pada tahap pernikahan adalah keterbukaan dan kejujuran. Jujurlah pada pasangan barumu tentang hubunganmu dahulu. Apa saja masalah yang pernah kamu lalui dan ceritakan mengapa hubungan tersebut bisa berakhir kandas. 

Beri pengertian pada pasanganmu dan ceritakan semuanya dengan tuntas tanpa ada hal yang kamu tutupi. Jika kamu jujur dan pasanganmu serius dalam hubungan tersebut, maka ia akan menjagamu dan menerimamu dengan apa adanya serta tidak akan menyakitimu lagi. 

5. Buat kesepakatan hubungan untuk berkomitmen

Move On, Ini 5 Tips Dapatkan Pengganti Mantan yang Jauh Lebih Baikunsplash.com/The HK Photo Company

Setelah yakin dia dapat menerimamu, buatlah kesepakatan berdua. Katakan padanya untuk saling terbuka satu sama lain, pun dengan masa lalu dirinya.

Buat kesepakatan hubungan antara kamu dan dirinya untuk mengantisipasi hal-hal menyakitkan yang akan terjadi di kemudian hari. Belajarlah dari kejadian masa lalu agar hal tersebut tidak terulang kembali. 

Menemukan pengganti mantan yang jauh lebih baik memang susah. Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan kelima langkah di atas agar impian tersebut bisa terwujudkan. Selamat mencoba! 

Baca Juga: Susah Move On? Ini Cara Menurut Ahli Lupakan Kenangan Pahit

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi! mari berteman ig:@putrirhy11

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya