Comscore Tracker

5 Tips Membantu Teman yang Lagi Patah Hati agar Segera Move On

Bantu dia, ya!

Melihat temanmu sedang galau akibat putus cinta, tentunya akan membuatmu kasian sekaligus kesal dengan dia yang terus-terusan mengingat mantan, padahal telah disakiti. Hari-harimu saat bersamanya pun akan semakin berkurang karena dia malas melakukan apapun. Akhirnya, kamu hanya sendiri. 

Sebagai teman yang baik, mestinya kamu juga ingin dia cepat pulih seperti dulu kala. Oleh karena itu, bantulah dia untuk move on dengan melakukan beberapa tips di bawah ini. 

1. Jadilah pendengar yang baik saat dia cerita tentang hubungannya

5 Tips Membantu Teman yang Lagi Patah Hati agar Segera Move Onpexels.com/mentatdgt

Dia yang baru saja putus cinta, pastinya ingin melampiaskan segala hal yang dirasakannya dengan menceritakan semua permasalahannya padamu. 

Sebagai teman yang baik, kamu hanya perlu mendengarkan dia tanpa mencela dengan sebuah kritikan atau apa pun. Biarkan dia merasa lega dengan segala unek-unek yang ada dipikirannya. 

2. Ajak dia keluar dan lakukan aktivitas bersama

5 Tips Membantu Teman yang Lagi Patah Hati agar Segera Move Onpexels.com/ELEVATE

Meski temanmu sedang ingin menyendiri, tapi bukan berarti kamu harus meninggalkan dia seorang diri dan menangis sepanjang hari. 

Ajaklah dia untuk keluar, walau hanya sekedar ngopi atau makan saja. Karena, sejatinya dia butuh dihibur dengan suasana dan keceriaan yang baru dalam hidupmu. Mengajak dia keluar akan mengalihkan fokusnya pada hubungan dia yang kandas. 

3. Jangan terlalu mendorong dia untuk segera lupa pada mantannya

5 Tips Membantu Teman yang Lagi Patah Hati agar Segera Move Onunsplash.com/Anna Vender Stel

Jangan mendorong dia untuk segara lupa akan segala hal yang telah terjadi dan menyuruhnya untuk tetap tegar karena move on itu perlu waktu yang tidak singkat, apa lagi jika dia sudah lama menjalin hubungan dengan mantannya. Biarkan dia menangis sepuas yang dia inginkan. Dengan begitu, hatinya akan lega. 

Baca Juga: Tangguh Jiwa & Raga, 5 Zodiak Ini Paling Mudah Mengatasi Patah Hati

4. Cek kondisinya setiap minggu untuk tahu proses move on dia

5 Tips Membantu Teman yang Lagi Patah Hati agar Segera Move Onpexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Teman yang baik tidak akan membiarkan temannya bersedih seorang diri. Kamu harus menunjukkan kepedulianmu terhadapnya. Selain memberikan waktu untuk dia menangis, kamu juga dapat mengecek kondisinya setiap minggu. 

Tanyakan kabar dan bagaimana keadaannya saat ini. Jika lebih baik, kamu harus bersyukur. Namun, jika sebaliknya, hiburlah dia lagi. 

5. Bicarakan kenyataan yang ada saat dia terus-terusan bicara mantan

5 Tips Membantu Teman yang Lagi Patah Hati agar Segera Move Onpexels.com/Cliff Booth

Ketika waktu sudah berjalan lama, tapi dia belum juga move on, malahan mengharapkan mantan datang dan balikan lagi, maka sebaiknya kamu utarakan kenyataan yang ada. Katakan padanya bahwa balikan lagi tidak akan mengubah apa pun. Tidak menjamin dia akan baik-baik saja dan langgeng selamanya.
 
Itulah tadi sederet tips membantu teman untuk cepat move on dari mantannya. Dia sedang butuh kamu dan kamu harus peduli serta menghiburnya. 

Baca Juga: Ini 5 Kebiasaan Millennial Kalau Lagi Patah Hati, Template Banget!

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya