Comscore Tracker

5 Langkah Mudah Kamu Harus Lepas dari Toxic Relationship

Toxic relationship hanya akan merugikanmu

Toxic relationship merupakan satu masalah yang paling serius dalam hubungan percintaan. Menjalani hubungan yang sudah teridentifikasi toxic relationship ini hanya akan merugikan dan menyakitimu saja. Oleh sebab itu, wajib bagi kamu untuk lepas dari keadaan ini. 

Namun, lepas dari toxic relationship memang bukan perkara yang mudah, terlebih bila kamu sudah sangat mencintai pasanganmu. Ada beberapa langkah yang akan memudahkanmu agar bisa lepas selamanya dari toxic relationship ini.

1. Memantapkan hati

5 Langkah Mudah Kamu Harus Lepas dari Toxic Relationshipunsplash.com/Artem Maltsev

Ketika kamu sudah merasakan dan mengetahui bahwa hubungan yang sedang kamu jalani mengandung toxic relationship, maka kamu harus segera mengambil keputusan.

Mantapkanlah hati terlebih dahulu mengenai sisi baik dan buruknya bilamana kamu ingin lepas. Jangan terlalu gegabah dalam memantapkan hati ini, ambillah sekitar satu minggu guna memikirkannya secara matang agar keputusan yang kamu ambil tidak kamu sesali. 

2. Bicarakan baik-baik "apakah hubungan ini bisa berubah?"

5 Langkah Mudah Kamu Harus Lepas dari Toxic Relationshipunsplash.com/Etienne Boulanger

Setelah kamu sudah memantapkan hati dan yakin dengan pilihanmu, kini saatnya kamu bicarakan baik-baik semuanya dengan pasanganmu. Bicarakan padanya apakah hubungan ini bisa berubah kearah yang lebih baik?

Utarakan maksud dan tujuanmu serta dengarkan semua pendapat dari pasanganmu. Tuntaskan semua obrolanmu dan keluarkan unek-unek yang kamu rasakan. 

Baca Juga: 5 Hal yang Dipelajari Wanita Setelah Lepas dari Toxic Relationship

3. Segera ambil tindakan tegas atas sikapnya

5 Langkah Mudah Kamu Harus Lepas dari Toxic Relationshipunsplash.com/Mubariz Mehdizadeh

Membicarakan permasalahan toxic relationship dengan pasanganmu sudah dilakukan, tetapi tidak ada jalan keluar apa pun. Hubunganmu tetap saja toxic dan dia tidak ingin berpisah darimu, maka kamu harus segara ambil tindakan tegasmu.

Lepaskan hubungan ini dan jangan pernah berharap lebih lagi. Kebiasaan buruk dalam hubungan akan terus menerus hadir, meski kamu tetap yakin dia akan berubah.

4. Jangan pernah terima pesan atau apa pun lagi darinya

5 Langkah Mudah Kamu Harus Lepas dari Toxic Relationshipunsplash.com/Kev Costello

Sudah memutuskan untuk lepas dari hubungan ini dan dari pasanganmu juga, kini saatnya kamu bersikap cuek. Jangan pernah menanggapi hal apa pun lagi dari dirinya.

Membalas pesan maupun stalking media sosialnya adalah hal yang pantang kamu lakukan. Biarkan pasanganmu belajar dari hal yang sudah terjadi dan perbaiki diri untuk hubungan yang selanjutnya, begitupun denganmu.

5. Kelilingi dirimu dengan pertemanan dan kenalan yang positif

5 Langkah Mudah Kamu Harus Lepas dari Toxic Relationshipunsplash.com/Helena Lopez

Mengelilingi dirimu dengan pertemanan dan kenalan yang memiliki aura positif serta membawa banyak perubahan pada dirimu wajib kamu lakukan. Carilah komunitas yang kamu sukai dan komunitas tersebut memberikan hal positif dalam hidupmu. Saat hidupmu sudah dikelilingi oleh orang-orang yang positif, maka akan lebih cepat untuk melupakan semua yang telah terjadi padamu, termasuk masalah toxic relationship. 

Jika kamu ingin benar-benar lepas dari toxic relationship pada hubungan percintaanmu, maka kelima langkah di atas wajib dilakukan tanpa satu langkah pun yang terlewati. Yakinlah pada diri sendiri bahwa kamu bisa melalui semua permasalahan ini. Semangat! 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Alami Trauma Usai Terlepas Dari Hubungan Toxic & Abusive

P U T R I Photo Community Writer P U T R I

Yuk menulis lagi! mari berteman ig:@putrirhy11

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Septi Riyani

Just For You