Comscore Tracker

5 Trauma Hubungan yang Bikin Seseorang jadi Gak Percaya pada Cinta

Pahami ya!

Dalam hidup, cinta adalah sumber kebahagiaan. Namun kadangkala, cinta juga bisa membuat seseorang jadi trauma akibat dikhianati oleh sosok yang dia cintai selama ini dan akhirnya timbulah ketidakpercayaan pada cinta. 

Jika sudah seperti itu, maka dirinya akan menutup hati rapat-rapat dan gak punya keinginan lagi untuk menjalin sebuah hubungan. Ada pun beberapa trauma yang bisa bikin seseorang jadi gak percaya pada cinta dapat diketahui di bawah ini. 

1. Terjadinya perselingkuhan saat hubungan gak ada masalah apa pun

5 Trauma Hubungan yang Bikin Seseorang jadi Gak Percaya pada Cintaunsplash.com/Vidar Nordli-Mathisen

Pengkhianatan paling besar dalam hubungan dan gak termaafkan adalah sebuah perselingkuhan. Karena, segala kepercayaan dan komitmen yang dibangun dari awal akan jadi hancur. 

Luka yang disebabkan oleh perselingkuhan pun gak akan sembuh hanya dengan putusnya hubungan, sehingga ketika suatu saat menjalin hubungan kembali, akan ada diselimuti oleh rasa curiga dan gak percaya terus menerus. 

2. Pasangan yang dicintainya melakukan kekerasan

5 Trauma Hubungan yang Bikin Seseorang jadi Gak Percaya pada Cintapexels.com/Trinity Kubassek

Kekerasan dalam hubungan bukan hanya dilihat dari segi fisik saja, tapi juga kekerasan dari segi psikis dan seksual. Jika pasangannya sudah melakukan kekerasan padanya, maka itu sudah sangat fatal karena imbasnya akan selalu ada rasa takut dan gak percaya pada orang yang benar-benar mencintainya. 

Trauma seperti ini, tentu saja akan berdampak panjang pada hidupnya. Bahkan, dirinya akan enggan untuk menikah dan gak percaya pada sebuah pernikahan karena takut akan diperlakukan seperti itu lagi. 

Baca Juga: 5 Daya Tarik Dirimu yang Bikin Pasangan Beruntung Jalani Hubungan Ini

3. Ditinggalkan tanpa sebab saat lagi sayang-sayangnya

5 Trauma Hubungan yang Bikin Seseorang jadi Gak Percaya pada Cintapexels.com/Patti Spissoto

Ketika rasa cinta dan sayang sudah terlalu dalam dirasakan, tapi kemudian pasangan yang dia harapkan akan jadi pendamping hidupnya kelak malah meninggalkan dirinya dengan sejuta tanda tanya besar.

Pergi tanpa ada alasan yang jelas, tentu saja membuatnya terpuruk bahkan menyalahkan dirinya sendiri. Jika sudah seperti itu, maka dia gak akan lagi percaya pada sebuah cinta dan kesetiaan karena ada trauma yang bikin dia cukup sekali saja merasakan seperti itu. 

4. Kebohongan yang dilakukan secara terus menerus

5 Trauma Hubungan yang Bikin Seseorang jadi Gak Percaya pada Cintapexels.com/Ketut Subiyanto

Sekali dua kali, mungkin dia akan memaafkan kebohongan dan kesalahan yng dilakukan oleh pasangannya dengan alasan cinta. Namun, jika sudah berkali-kali pasangan telahmembohonginya, maka kekecewaan pun akan timbul semakin besar dan enggan lagi percaya. 

Bahkan, akan memutuskan hubungan dan itu akan membuatnya tidak percaya lagi pada seseorang yang nantinya akan menjalinhubungan lagi dengannya. Rasa cinta sudah membuatnya kian terluka lebih dalam. 

5. Gak pernah dianggap sebagai pasangan selama menjalin hubungan

5 Trauma Hubungan yang Bikin Seseorang jadi Gak Percaya pada Cintaunsplash.com/Elijah Hiett

Pengakuan dalam hubungan itu sangat diperlukan, seperti dikenalkan pada orang-orang terdekat pasangan, mengajak nongkrong dengan teman-teman pasangan, dan saling posting foto di media sosial.

Jika gak ada hal seperti itu, berarti menunjukkan bahwa pasangannya sama sekali gak menganggapnya ada dan spesial. Ketika hal seperti ini terus menerus terjadi, maka bukan hal yang mustahil jika dirinya gak akan lagi percaya pada cinta dalam hubungan.

Trauma akibat dari rasa cinta akan membuat seseorang jadi gak percaya lagi pada cinta dan komitmen. Hatinya sudah benar-benar ditutup rapat untuk gak lagi bermain cinta. Makanya, gak heran dia akan memilih untuk sendiri dan gak membutuhkan pasangan di hidupnya.  

Baca Juga: 6 Cara Bikin Hubungan yang Boring Romantis Lagi

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya