Comscore Tracker

5 Trik Sikapi Calon Mertua yang Gak Menyukaimu karena Alasan Tertentu

Jangan lupa dilakukan! 

Ketika hubungan cintamu dengan pasangan sudah pada tahap serius ingin berkomitmen untuk menikah, maka restu dari orangtua masing-masing adalah hal yang penting. Kamu pun akan dikenalkan oleh pasangan pada orangtuanya dan tentu saja kamu harus berusaha mendekatkan diri, kan? 

Namun, proses pendekatan diri dengan calon mertua tentu saja tak selalu berjalan mulus. Adakalanya calon mertuamu tak menyukai dirimu karena alasan tertentu. Hal tersebut tentu saja menjadi halangan untukmu dan pasangan. 

Ketika kamu memang mencintai pasanganmu, maka kamu harus berusaha mendapatkan restu orangtuanya. Ada beberapa trik untuk menyikapi semuanya dan akhirnya jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka kamu bisa meluluhkan hati calon mertuamu. Berikut trik yang bisa kamu lakukan untuk menyikapi semuanya. 

1. Tunjukkan rasa cintamu pada pasangan dengan setulus hati

5 Trik Sikapi Calon Mertua yang Gak Menyukaimu karena Alasan Tertentuunsplash.com/Jed Villejo

Calon mertua yang tak menyukaimu biasanya dikarenakan ketidakyakinan mereka atas dirimu, apakah kamu benar-benar mencintai pasanganmu, atau hanya karena memanfaatkannya saja?

Oleh karena itu, hal pertama yang harus dilakukan agar mereka percaya padamu, maka kamu harus menunjukkan ketulusanmu mencintai pasangan saat kamu bertemu dengan mereka, seperti peduli pada pasangan dan memperhatikan dirinya dalam hal-hal kecil. 

2. Selama menjalin hubungan denganmu, buat pasanganmu dengan orangtuanya jadi lebih dekat 

5 Trik Sikapi Calon Mertua yang Gak Menyukaimu karena Alasan Tertentuunsplash.com/Loly Galina

Daripada kamu putus asa dengan ketidaksukaan calon mertua padamu, akan lebih baik jika kamu bisa membuat hubungan pasangan dan orangtuanya menjadi lebih dekat. Mulailah menyuruh pasangan untuk selalu meluangkan waktu setidaknya 2-3 jam bersama dengan orangtuanya setiap hari. Jika sedang berjauhan, suruh dia untuk sering komunikasi dengan orangtuanya. 

Ketika hubungannya semakin dengan dengan orangtuanya, maka orangtua dia pun atau calon mertuamu akan menganggap sosokmu baik. Mereka tak akan khawatir lagi dengan anaknya yang akan dicuri olehmu. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Ibu Mertua Kerap Tak Menyukai Menantu Wanita

3. Tak ada salahnya untuk meminta pasangan sering menceritakan kualitas dirimu pada orangtuanya

5 Trik Sikapi Calon Mertua yang Gak Menyukaimu karena Alasan Tertentuunsplash.com/Walter Gadea

Selain itu, kamu pun tak ada salahnya untuk menyuruh pasangan menceritakan tentang kualitas dan kebaikan dirimu pada orangtuanya. Dengan dia sering cerita dirimu, maka lambat laun calon mertuamu pun akan tahu pribadimu.

Setelahnya, mereka akan bisa menerimamu dengan apa adanya tanpa perlu rasa khawatir yang berlebihan. Hal tersebut tentu saja membuatmu bahagia, bukan? 

4. Perlakukan calon mertuamu layaknya orangtuamu sendiri

5 Trik Sikapi Calon Mertua yang Gak Menyukaimu karena Alasan Tertentuunsplash.com/Dmitry Vechorko

Ketika kamu bertemu dengan calon mertuamu, hormatilah mereka dan perlakukan mereka layaknya orangtua sendiri. Dengan begitu, maka perlakukanmu pada mereka akan terlihat tulus dan jauh dari keterpaksaan hanya karena meminta restu. 

Mulailah sering membawakan makanan kesukaan mereka saat bertamu dan berikan sikap yang hangat pada mereka. Ketika kamu melakukan hal seperti itu, mereka pun akan merasakan bahwa kamu adalah pribadi yang hangat dan tulus dalam memperlakukan orangtua. 

5. Jangan dekat dengan pasanganmu saja, dekat juga dengan saudaranya

5 Trik Sikapi Calon Mertua yang Gak Menyukaimu karena Alasan Tertentupexels.com/Andrea Piacquadio

Jangan hanya dekat dengan pasanganmu saja, tapi kamu juga harus dekat dengan saudara-saudara kandungnya, entah adik ataupun kakaknya. Ketika kamu bisa dekat dengan saudaranya, maka secara langsung kamu pun bisa mengambil hati calon mertuamu.

Calon mertuamu akan mencari tahu sendiri tentang dirimu pada anak-anak mereka. Dengan begitu, mereka akan semakin percaya bahwa kamu bisa menjadi bagian dari keluarganya. 

Itulah lima trik cerdas menyikapi calon mertua yang tak menyukaimu. Setelah kamu mengetahui semuanya, mulai sekarang lakukan triknya. Di jamin, kamu akan diterima dengan baik oleh mereka. 

Baca Juga: 5 Tips Hadapi Mertua yang Perfeksionis, Jangan Khawatir!

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya