Comscore Tracker

11 Kepedihan Cewek yang Menyukai Cowok Lebih Muda

Lazimkah cinta beda usia ini? Simak kisah kepedihannya di sini

Cinta datang begitu saja, tanpa sempat kita bertanya berapa umur si dia. Lalu, kitapun terjebak dilema ketika ternyata si dia juga memendam rasa yang sama, bahkan berharap dapat bersama. Pria yang lebih tua dengan wanita yang lebih muda mungkin tidak begitu menyita perhatian, lantaran sudah kadung dianggap lazim. Walaupun segelintir cerita miringpun tetap saja bergulir, lantaran hubungan jarak usia yang terpaut cukup jauh (Age Gap Relationship).

Namun, beda ceritanya jika si wanita yang jauh lebih tua daripada si pria. Akan begitu banyak variasi persepsi negatif yang lahir dari hubungan mereka. Hal tersebut mungkin imbas dari doktrin umum yang mengakar dalam tatatan sosial bahwa pria hendaknya lebih matang daripada wanita. Lantas, apakah salah, jika menjalani hubungan cinta beda usia?

Nah, bagi kamu wanita yang memutuskan untuk mengikatkan diri dalam asmara bersama pria yang jauh lebih muda, hal berikut mungkin sangat lazim kamu rasakan dalam Age Gap Relationship tersebut.

1. Hal pertama yang muncul dalam benakmu adalah: Dia serius gak sih?

11 Kepedihan Cewek yang Menyukai Cowok Lebih Mudalifehack.org

Sangat wajar jika kamu berpikiran seperti ini. Mengingat jarak usia kalian yang jauh. Dia pasti juga dikelilingi oleh wanita-wanita yang seumuran dengannya, atau bahkan lebih muda. Hal itulah yang menjadi tanda tanya bagimu. Kamu dibuat tak habis pikir mengapa dia justru memilihmu. Yah, namanya juga cinta, yang datang tiba-tiba dan tak terduga. Kamupun begitu. Mengapa malah terpikat padanya yang bahkan rekan-rekan seusiamu pun tak kalah menggoda.

2. Di usiamu yang sudah cukup matang, kamu mencari hubungan yang pasti-pasti saja. Sementara dia masih terkesan ingin ‘mencoba-coba’.

11 Kepedihan Cewek yang Menyukai Cowok Lebih Mudaquietrev.com

Inipun wajar sekali. Sebab kamu sudah terlalu lelah menjalani hubungan putus-nyambung karena emosi sesaat yang tidak terkontrol. Kamu lebih memilih untuk berada dalam hubungan yang stabil, dengan level kepastian yang tinggi. Kamu sudah kadung jengah dengan kata-kata semata, yang kamu butuhkan adalah bukti nyata. Dalam setiap hubungan tentu akan ada drama. Tapi kamu mengharapkan akan minim drama di usiamu yang sekarang.

Singkatnya, jika dia memang berniat serius denganmu, dia harus siap ‘berlari lebih kencang untuk menuju posisimu’, dan kamupun tentu rela mendampingi jatuh-bangunnya. Kamu sadar bahwa ini semua adalah demi kita.

3. Tak bisa dipungkiri juga, usia reproduktifmu pun menjadi momok yang membuatmu resah. Kamu jelas sadar bahwa tidak mungkin menunggunya sekian tahun lagi hingga dia benar matang untuk meminangmu.

11 Kepedihan Cewek yang Menyukai Cowok Lebih Mudaedstraw

Siapa sih yang tidak ingin menimang bayi-bayi lucu? Kamupun begitu, apalagi di usiamu yang sudah cukup matang untuk berumah tangga. Ditambah lagi, pertanyaan-pertanyaan seputar pernikahan yang rutin dilayangkan oleh orangtuamu dan undangan-undangan pernikahan dari satu per satu temanmu.

Namun, hal tersebut tentu tidak sesederhana itu jika pasanganmu adalah pria yang jauh lebih muda. Misal, kamu yang sudah mapan, pendidikanpun sudah aman, sedangkan dia masih harus menyelesaikan sekian puluh SKS lagi, lalu wisuda, mencari kerja, dan (Akhirnya) melamarmu.

Di satu sisi, kamu tidak mau menuntutnya karena kamupun sadar pernikahan bukanlah perkara sepele. Kamupun tidak mau dia menikahimu karena terpaksa. Kamupun memiliki harapan akan pernikahan yang memang didasari dari keinginan masing-masing, bukan terdesak karena satu pihak.

Tapi di sisi lain, kamu juga resah dengan rahimmu yang mungkin akan kehilangan fungsi maksimalnya jika dia terlalu lama membuatmu menunggu. Walaupun kamu sadar dan sepenuhnya mengerti alasannya membuatmu menunggu sekian lama. Di sanalah kamu dan dia harus benar-benar berkompromi mengenai hal yang level seriusnya sudah tidak bisa dibawa santai tersebut.

Hal itu bukan lagi tentang siapa yang harus mengalah. Bukan tentang kamu yang harus rela mengorbankan tingkat fertilitasmu yang akan menurun jika menantinya. Bukan pula dia yang harus mengorbankan masa awal 20-annya lengkap dengan pola pikir dan sikap untuk lebih dewasa beberapa tahun dari umur aslinya, demi membina biduk rumah tangga denganmu.

Kalianpun harus ekstra bijak untuk mencari jalan tengah akibat selisih usia tersebut. Ketika kalian harus sama-sama mengalah, wajar jika hal ini terasa seperti momok menakutkan baginya. Kamu harus ekstra siap dengan segala konsekuensi pasca-nikah. Lantaran ini bukan hal mudah bagi seorang pria (Dalam hati terdalamnya, dia mungkin belum sepenuhnya siap menjadi seorang kepala keluarga). Di sanalah peranmu untuk menguatkannya selain meredam egomu untuk tidak berharap muluk pada pasanganmu yang lebih muda.

4. Bahkan persepsi negatif juga sempat menjalar dalam kepalamu, atau jangan-jangan dia cuma manfaatin duit kamu aja?

11 Kepedihan Cewek yang Menyukai Cowok Lebih Mudashutterstock

Nah, karena lebih dulu lahir darinya, wajar jika kamu lebih dulu wisuda dan mendapat panggilan kerja. Sementara dia masih harus berjuang dengan tugas-tugas kuliahnya, atau bahkan PR di sekolahnya. Kamu sudah mampu menghidupi dirimu sendiri dengan pundi-pundi yang mengalir setiap bulan. Sedangkan dia masih menampungkan tangan pada uang saku dari orangtuanya.

Ini memang fakta yang pahit, jika terkadang kamu akan merogoh sekian rupiahmu untuknya. Yah, karena kondisi finansialnya belum setangguh kamu, dia masih sedang dalam proses untuk meraih sukses yang telah kamu lalui beberapa tahun lalu.

Kamu mungkin mudah membelikannya kemeja branded yang kelak dapat dipakainya saat kuliah. Namun, dia membutuhkan waktu dan usaha lebih untuk menghemat uang jajannya, demi sekadar membeli kado ulang tahunmu yang mungkin nominalnya tidaklah seberapa bagi dompetmu.

Walaupun begitu, tetap saja pemberiannya terasa begitu bermakna. Bukan tentang harga, tapi ada ketulusan di dalamnya. Duh, makin cinta deh!

5. Kalian memang sejak awal ‘berbeda’. Jarak usia yang signifikan turut mempengaruhi hal-hal remeh temeh dalam keseharian.

11 Kepedihan Cewek yang Menyukai Cowok Lebih Mudathebrunettediaries

Bukan hal asing bagi kamu yang pacaran dengan pria yang lebih muda ketika disangka menemani adiknya membeli buku. Padahal kalian sedang kencan ke toko buku. Tapi wajar juga, ketika kadang kamu begitu lelah harus bolak-balik kantor-rumah untuk sekadar berganti pakaian dan kebetulan kuliahnya selesai pas dengan jadwal janjian kalian. Sehingga kamu dengan pakaian kantormu yang necis lengkap dengan sepatu hak dan dia dengan kemeja kotak-kotak bercelana jeans dan tas punggung di pundaknya. Lalu, kalian hanya bisa nyengir kuda mendengar komentar-komentar menusuk itu. Tapi yah, setelahnya kalian menganggapnya biasa, mau tidak mau.

Suatu ketika dia menjemputmu di kantor, dan rekan kantormu tidak tahu kamu pacaran dengan anak kuliahan, atau bahkan anak sekolahan, lantas mereka mengira itu adalah adikmu atau adik sepupumu karena kalian tidak mirip. Tapi, saat dia menguyel-nguyel kepalamu atau mencubit pipimu gemas, lalu mereka mulai berpikir lain. Dan di saat itulah mental kalian akan diuji, huh!

6. Kamu menganggapnya terlalu santai, sedangkan dia menganggapmu terlalu serius. Dan, drama dimulai.

11 Kepedihan Cewek yang Menyukai Cowok Lebih Mudasoberrecovery.com

Hal tersebut disebabkan oleh adanya perbedaan pandangan karena jarak usia yang cukup jauh. Misalnya, ketika kalian dihadapkan pada suatu masalah, menurutmu hal itu harus lebih diseriusi karena kamu terbayang imbasnya kelak, sedangkan baginya hal tersebut hanyalah perkara remeh yang tidak perlu terlalu dirisaukan. Kalian terlibat cekcok, lalu dramapun muncul ketika dia menganggapmu berlebihan sedangkan kamu menilainya kekanak-kanakan.

Entah dia yang harus lebih berkompromi dengan fase labilnya dan mencoba melihatnya dari sudut pandang seseorang yang lebih dewasa, atau kamu yang lebih sabar karena memang baru segitulah jangkauan pertimbangannya sebab faktor usia. Kamupun kadang gerah dengan gombal-gombal picisannya ketika kamu sedang bicara serius. Lalu ketika kamu menegurnya dia malah merajuk. Ah, serba salah!

7. Kamu harus banget ekstra sabar meladeni emosi dia yang kadang masih meletup-letup. Yah, namanya masih labil.

11 Kepedihan Cewek yang Menyukai Cowok Lebih Mudaglimpsemagazine

Dia mungkin belum mengerti bagaimana stresnya ketika deadline pekerjaanmu semakin dekat, ketika klien membuat ulah, atau bahkan ketika atasanmu menegurmu, dia tidak paham bagaimana down-nya kamu. Sehingga sedikit-banyak berdampak pada responmu membalas chat-nya. Dia hanya tahu bahwa ia diacuhkan pacarnya. Lalu ngambek tak jelas yang akan menambah beban pikiranmu.

Beda ceritanya ketika dia tidak mengangkat teleponmu dengan alasan main futsal, tugas pribadi yang dikerjakan berjamaah hingga dini hari, dan hal-hal lazim lain yang dulu kamu rasakan ketika berada di posisinya sebagai anak kuliahan. Kamu pada akhirnya mengerti karena dulu begitu juga. Tapi, sayangnya dia tidak mengerti bagaimana sadisnya dunia kerja, sementara kamu sudah paham bagaimana rasanya menjadi dia dulu.

8. Kadang kamu merasa lebih seperti sosok ibu yang merawat anaknya daripada sebagai sosok pacar. Duh!

11 Kepedihan Cewek yang Menyukai Cowok Lebih Mudanoonecares

Ungkapan ‘boys will be boys’ sepertinya memang benar. Setua apapun usia seorang lelaki, dia tak akan sungkan bermanja-manja di depan orang tersayangnya karena sudah kadung nyaman dan merasa tak perlu sok jaim. Kamu mungkin dibuat geli dengan ekspresinya atau rengekan manjanya padamu. Tapi, yah, namanya juga sayang, tetap saja dia berhasil membuatmu melayang.

9. Kalian setidaknya pernah merasa ‘inferior’ satu sama lain: Apakah aku cukup pantas bagi dia?

11 Kepedihan Cewek yang Menyukai Cowok Lebih Mudahttp://gameofglam.com

Kamu beranggapan bahwa dia layak mendapatkan yang seumuran dengannya. Karena kamu sadar akan banyak hal yang harus rela dikorbankannya demi menjalani hubungan denganmu. Dia berpikir bahwa dia tidak pantas mendampingi wanita sepertimu karena dia sepenuhnya sadar atas kekurangannya.

Tak dapat disangkal, umur memang memberikan dampak pada beberapa aspek seperti pendidikan, pekerjaan, dan kematangan emosi. Walaupun tidak mutlak, tapi umumnya realita. Pada akhirnya, komitmen yang kalian bangunlah yang membuat hubungan itu tetap terjalin erat. Karena kalian menyadari sejak awal, bahwa hubungan cinta jarak usia memang bukan perkara mudah untuk dijalani. Kalian sadar bahwa kalian harus lebih kuat.

10. Orangtuamu pastinya sempat (Sangat) ragu dengan hubungan kalian. Apakah dia akan sanggup membimbingmu kelak?

11 Kepedihan Cewek yang Menyukai Cowok Lebih Mudamarkmanson.net

Setiap orangtua tentu mengharapkan yang terbaik bagi anaknya, termasuk orangtuamu. Pria yang lebih matang memang berpotensi lebih besar bisa mengayomi putrinya kelak. Namun jika menantunya adalah pria yang jauh lebih muda dari putrinya, muncul kebimbangan.Tentu hal tersebut berdampak krusial terhadap keharmonisan rumah tangga kalian kelak.

11. Pada akhirnya, kamu memahami bahwa kedewasaan bukanlah soal angka semata.

11 Kepedihan Cewek yang Menyukai Cowok Lebih Mudahttp://servingjoy.com

Ada banyak hal yang terjadi dalam setiap tahun kehidupan, yang kelak mendewasakan kita. Pasanganmu mungkin jauh lebih muda secara usia, tapi bukan berarti anak labil tidak bisa serius menjalani cinta. Kamu memang sering dibuat makan hati. Tapi percayalah dia berjuang keras untuk mengejar ketertinggalannya dari kamu.

Dia mungkin tampak begitu santai, padahal hatinya berkecamuk. Ada ketakutan yang tak terucapkan apabila kamu lelah dengan labilnya dan berpaling pada pria yang lebih matang. Dia tidak ingin melepasmu, tapi dia juga tidak ingin membuatmu menderita lebih lama dengannya. Begitupun denganmu, kamu yang kadang tampak mendominasi baginya atau justru terkesan menyerah pada keadaan, padahal itu adalah bentuk kepedulianmu terhadap kelangsungan hubungan kalian.

Kalian memang tak seusia, tapi bukan berarti kalian tak sesuai. Cinta beda usia tetap saja memiliki peluang untuk melahirkan kenyamanan. Karena nyaman bukan soal usia tapi hati. Kalian akan belajar untuk lebih saling memahami. Kamu belajar untuk lebih santai menyikapi hidup, sedangkan dia belajar lebih serius menjalani hari demi masa depan. Karena tak bisa disangkal pula, jarak usia memang memiliki peranan besar. Yah, walaupun pada akhirnya Tuhan yang punya kuasa, setidaknya kalian telah berusaha memperjuangkan cinta beda usia.

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You