Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal ini agar Persahabatanmu Langgeng Tanpa Drama

Jangan sampai lepas!

Dalam menjalani hidup, tentu kamu membutuhkan tempat ternyaman untuk berbagi cerita di luar keluarga. Selain asik sebagai teman nongkrong dan bersenang-senang, sahabat yang baik juga akan selalu ada di saat-saat terburukmu.

Untuk itu, menjaga hubungan selalu baik dengannya adalah hal yang wajib kamu lakukan. Nah, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu terapkan supaya hubungan kamu dan sahabat terbaikmu tetap langgeng hingga maut memisahkan!

1. Pastikan sahabatmu adalah orang yang tulus padamu

Lakukan 5 Hal ini agar Persahabatanmu Langgeng Tanpa DramaPexels/rawpixel.com

Memilih orang untuk menjadi sahabat dekat kita bukanlah sesuatu yang salah. Kamu harus tau bagaimana sifat asli dari orang terdekatmu, termasuk sahabat. Hindari teman-teman yang membawamu pada hubungan yang toksik dan membawamu pada pengaruh buruk.

Bila kamu telah menemukan seseorang yang tulus, pertahankan dengan memberikan ketulusan yang sama kepadanya.

2. Menjadi pendengar yang baik

Lakukan 5 Hal ini agar Persahabatanmu Langgeng Tanpa DramaPexels/Oleksandr Pidvalnyi

Salah satu tanda tingginya level kedekatanmu dengan sahabat adalah saat kalian sudah sering berbagi cerita satu sama lain, mulai dari hal-hal sepele hingga masalah-masalah yang rumit.

Selain bercerita, kamu juga perlu menjadi pendengar yang baik untuk sahabatmu. Berilah solusi jika kamu mampu atau dampingi terus ia sampai masalahnya terselesaikan. Sahabat terbaik selalu hadir di saat terbaik maupun terburuk.

Baca Juga: Ini 5 Tanda Kamu Harus Memutus Persahabatan, Jangan Dipaksakan!

3. Jangan takut menegur saat ia melakukan kesalahan

Lakukan 5 Hal ini agar Persahabatanmu Langgeng Tanpa Dramaunsplash/Bewakoof.com Official

Sebagai orang terdekat, kamu harus berani mengingatkan sahabatmu di kala ia lengah dan salah. Jangan takut dan buktikan bahwa teguranmu merupakan tanda pedulimu kepadanya. Tegur dengan santun tanpa membuatnya merasa tertekan. Bawalah pengaruh baik dan energi yang positif kepada sahabatmu.

4. Jarak tak membuat kalian melupakan jadwal buat berkumpul

Lakukan 5 Hal ini agar Persahabatanmu Langgeng Tanpa Dramafactinate.com

Kesibukan masing-masing membuat waktu untuk berkumpul dengan sahabat-sahabat lama menjadi berkurang. Bahkan, mungkin membawa kalian pada jarak yang menyulitkan untuk sering bertemu.

Hal ini tidak menjadi masalah jika kalian terus membangun komunikasi. Ceritakan hal-hal kecil yang kalian alami. Ketika waktunya tiba, kamu dan sahabat harus menyempatkan waktu untuk bertemu dan melepaskan jarak yang selama ini memisahkan.

5. Selesaikan masalah sesegera mungkin

Lakukan 5 Hal ini agar Persahabatanmu Langgeng Tanpa Dramapexels/Pixabay

Membina hubungan persahabatan pasti tak terlepas dari adanya permasalahan, mulai dari masalah kecil hingga masalah yang cukup membuat hubungan kalian renggang.

Permasalahan yang terjadi jangan sampai dibiarkan berlarut-larut. Segera diskusikan bersama sampai menemukan jalan keluar. Jangan sampai satu masalah memutuskan hubunganmu dengan sahabat yang telah terjalin sekian lama.

Itulah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga hubunganmu dengan sahabat tetap langgeng dan gak banyak drama. Jaga terus sahabat terbaikmu, ya!

Baca Juga: 5 Hal Sepele yang Membuat Hubungan Persahabatanmu Jadi Renggang

Rahmalia Nurida Photo Community Writer Rahmalia Nurida

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You