Comscore Tracker

6 Tanda Nyata Persahabatan Kalian Berkualitas, Jaga Sampai Tua!

Persabatan memang harus berproses seperti kepompong

Tanpa kita sadari ada banyak sekali rezeki yang telah kita dapatkan di dalam kehidupan ini. Tidak melulu berbentuk uang ataupun materi saja, namun lebih dari itu. Sahabat juga merupakan salah satu rezeki yang kita dapatkan untuk saling menguatkan dalam keadaan senang maupun susah, saling mendukung untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan saling menerima kekurangan yang di miliki.

Oleh karena itu, persahabatan layak untuk dijaga. Semua orang bisa saja memiliki sahabat dan menjalin persahabatan, namun tidak semua Persahabatan yang mereka miliki adalah persahabatan yang tulus dan sehat. Pertahankan persahabatanmu jika memiliki 6 kualitas berikut. 

1. Saling memaafkan tanpa pernah mengungkit kesalahan yang pernah diperbuat

6 Tanda Nyata Persahabatan Kalian Berkualitas, Jaga Sampai Tua!Pixabay.com/sweetlouise

Apa pun bentuknya, dalam sebuah hubungan pasti sering terjadi salah paham, hingga kemudian terjadi perselisihan. Tak jarang pula karena perselisihan yang sepele membuat persahabatan telah dibina sejak lama akhirnya menjadi hancur berantakan. Bahkan untuk bertegur sapa pun merasa gengsi.

Dalam hal ini, kamu perlu menurunkan sedikit egomu dan mencoba untuk meminta maaf pada sahabatmu. Jika ia mampu memaafkan segala kesalahanmu dengan mudah tanpa terus mengungkitnya, maka pertahankanlah persahabatan kalian. Semua manusia pasti berbuat salah.

Tak ada satu pun manusia yang lepas dari kesalahan, namun saling menurunkan ego untuk saling maaf memaafkan adalah kualitas persahabatan yang sejati. 

2. Berkata jujur dan apa adanya walaupun terkadang menyakiti hatimu

6 Tanda Nyata Persahabatan Kalian Berkualitas, Jaga Sampai Tua!pxhere.com

Sahabat yang baik adalah sahabat yang selalu membelamu, walau begitu ia tetap menegurmu jika kamu melakukan kesalahan. Meski terkadang tegurannya membuat kamu menjadi sakit hati, namun sejatinya seorang sahabat mampu menegurmu bahkan tidak segan untuk memarahimu jika kamu membuat kesalahan.

Bukan orang yang berpura-pura membelamu habis-habisan di hadapanmu dan kemudian membicarakan segala aib dan kekuranganmu di belakangmu. Persahabatan adalah peduli dan saling mengingatkan agar tetap berada di jalan yang benar bukan yang menuju kesesatan. 

3. Dapat diandalkan dan menerima kamu dalam segala kondisi

6 Tanda Nyata Persahabatan Kalian Berkualitas, Jaga Sampai Tua!Pxhere.com

Persahabatan yang patut dipertahankan adalah persahabatan yang saling menguatkan, saling menerima keadaan sahabatnya dalam segala kondisi. Sahabat yang datang saat kamu sedang senang dan meninggalkanmu dalam kesusahan adalah teman yang layak dipertahankan.

Tinggalkan saja jika dia memiliki kualitas seperti benalu. Namun tetap jaga persahabatanmu jika sahabatmu senantiasa berada di sisimu saat seisi dunia berusaha untuk menjatuhkanmu 

Baca Juga: 6 Tipe Teman Toxic Ini Harus Dihindari Demi Kesehatan Jiwa

4. Menjadi pendengar yang baik

6 Tanda Nyata Persahabatan Kalian Berkualitas, Jaga Sampai Tua!Pixabay.com/marinavorona1994

Semua orang mampu mendengarkan, namun tidak semua orang mampu menjadi pendengar yang baik. Terkadang mereka memang terlihat seperti sedang mendengarkan namun fokus mereka tertuju pada hal yang lain. Sebagai contoh saat kamu sedang berbicara, ia malah sibuk dengan gadgetnya atau terkadang ada pula yang terang-terangan tidak memedulikan perkataanmu.

Ia yang bersedia meluangkan waktunya hanya untuk mendengarkan ceritamu walau terkadang ceritamu tidak terlalu penting, patut kamu sebut sebagai sahabat. Tidak hanya mendengarkan ceritamu saja namun seorang sahabat akan memberikan solusi. 

5. Memotivasi dan menyemangati kamu untuk menjadi lebih baik

6 Tanda Nyata Persahabatan Kalian Berkualitas, Jaga Sampai Tua!www.freepik.com

Kualitas ini jarang sekali dimiliki orang-orang yang datang dan mengaku sebagai sahabatmu. Banyak teman yang mengaku sebagai sahabatmu namun akan merasa tidak senang jika melihatmu bahagia.

Sejatinya seorang sahabat akan membakar semangatmu dan memotivasimu untuk menata hidup menjadi lebih baik. Persahabatan yang seperti ini layak untuk kamu pertahankan karena akan memberikan dampak positif bagi kehidupanmu.

Bagaimana? Apakah persahabatan yang kamu jalani pada saat ini telah memenuhi kualitas-kualitas tersebut. Jika ia maka pertahankanlah persahabatanmu. 

Baca Juga: 7 Tipe Teman di Media Sosial Ini Sebaiknya Kamu Unfollow Aja

asnuridarani Photo Community Writer asnuridarani

KEEP GOING!!!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You