Comscore Tracker

Jangan Menyerah, 5 Tanda Hubunganmu Masih Layak untuk Dipertahankan

Yuk, coba renungkan lagi

Menjalin hubungan dengan seseorang memang terkadang tidak mudah. Dibutuhkan usaha dan energi yang banyak untuk membuat sebuah hubungan jadi berkualitas.

Ketika suatu hubungan telah dibangun, akan ada berbagai ujian yang muncul dalam perjalanannya. Ada ujian yang bisa dilewati dengan mudah, ada pula yang membuat hendak menyerah. Jika ujian terasa sangat berat dan berpisah dirasa menjadi pilihan tepat, coba duduk sejenak dan pikirkan lagi keputusan itu.

Supaya kamu tahu apakah hubunganmu layak dipertahankan atau tidak, coba simak lima tanda berikut.

1. Pasanganmu tidak pernah menyerah berjuang untukmu

Jangan Menyerah, 5 Tanda Hubunganmu Masih Layak untuk Dipertahankanilustrasi pasangan kekasih (pexels.com/Văn Thắng)

Suatu hubungan sudah pasti bisa mengalami pasang dan surut. Saat keadaan sedang baik, kamu dan pasangan merasa kalian adalah pasangan paling bahagia di dunia. Namun, saat keadaan sedang tidak baik-baik saja, di situ ujian hubungan yang sebenarnya.

Namun, jika pasangan tidak pernah menyerah kepadamu sesulit apapun keadaan yang kalian alami, itu adalah sesuatu yang sangat berarti. Sikap tidak mau menyerah dalam kesulitan apapun menunjukkan bahwa pasanganmu benar-benar ingin memperjuangkanmu.

2. Rasa peduli tidak pernah hilang

Jangan Menyerah, 5 Tanda Hubunganmu Masih Layak untuk Dipertahankanilustrasi pasangan yang sedang bertengkar (pexels.com/Vera Arsic)

Sepasang kekasih yang saling mencintai bukan berarti tidak pernah bertengkar karena suatu permasalahan. Pertengkaran itu suatu hal yang wajar muncul ketika hendak menyatukan berbagai perbedaan.

Namun, separah apapun pertengkaran yang dihadapi, apabila pasanganmu tetap peduli tentang keadaanmu, jangan ragu bahwa dia benar-benar menyayangimu. Sebab, pasanganmu rela mengesampingkan egonya demi memastikan bahwa keadaanmu tetap baik-baik saja.

Baca Juga: 5 Tanda Hubunganmu Terlalu Toksik untuk Dipertahankan, Banyak Sedihnya

3. Rasa cinta tetap ada meskipun tahu kekuranganmu

Jangan Menyerah, 5 Tanda Hubunganmu Masih Layak untuk Dipertahankanilustrasi pasangan yang sedang berpelukan (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Memiliki sikap terbuka kepada pasangan tidaklah mudah dan butuh proses. Meskipun sudah tumbuh rasa percaya, ketakutan untuk benar-benar bercerita tentang rahasia atau kekurangan diri bisa tetap ada.

Namun, jika pasanganmu tetap menerima bagaimana pun kondisi yang kamu alami, dia tidak sedang main-main. Hubungan yang seperti ini layak untuk dipertahankan.

4. Saling berpegang pada nilai yang sama

Jangan Menyerah, 5 Tanda Hubunganmu Masih Layak untuk Dipertahankanilustrasi pasangan kekasih (pexels.com/Flo Maderebner)

Sebagai pasangan kekasih, sewajarnya ingin membawa hubungan ke tahap yang lebih serius. Namun, tidak semua pasangan bisa naik kelas ke tingkat yang lebih tinggi karena ternyata tidak memiliki tujuan hidup yang sama.

Jika kamu dan pasanganmu memiliki nilai yang sama dan bisa tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik, maka itu suatu tanda hubunganmu layak dipertahankan karena telah bersama orang yang tepat.

5. Berusaha untuk selalu membenahi diri

Jangan Menyerah, 5 Tanda Hubunganmu Masih Layak untuk Dipertahankanilustrasi pasangan kekasih (pexels.com/Asad Photo Maldives)

Manusia adalah tempat salah dan lupa. Sekeras apa pun keinginan seseorang untuk membahagiakan pasangan, pasti di satu titik akan mengalami kegagalan dan mungkin mengecewakan pasangan.

Namun, jika kamu dan pasanganmu menyadari bahwa kesalahan dan kegagalan itu wajar dialami oleh manusia biasa, hal ini bukan jadi penghalang. Jika pasanganmu menunjukkan sikap untuk senantiasa berbenah diri, itu adalah tanda dia ingin tetap ada di hubungan yang sama denganmu.

Setelah membaca lima tanda di atas, apakah masih ada yang kamu temui dalam hubunganmu? Jika pasangan masih menunjukkan tanda-tanda tersebut, masih ada harapan hubungan kalian akan baik-baik saja. Selalu jalin komunikasi yang baik agar kamu dan pasangan bisa berjalan beriringan.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Punya Kontrol Finansial yang Baik, Harus Dipertahankan!

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya