Comscore Tracker

7 Kriteria Ini Gak Boleh Ditawar dalam Mencari Pasangan

Pasti mau yang saling bisa pengertian, kan?

Mencari pasangan adalah salah satu hal yang tidak bisa dilakukan sembarangan. Diperlukan berbagai pertimbangan matang supaya terhindar dari orang-orang yang berpotensi menyebabkan sesal di kemudian hari.

Namun, bagaimana, sih, caranya menemukan orang yang tepat? Kalau kamu bingung, berikut adalah kriteria yang tidak boleh ditawar alias harus ada dalam sosok calon pasangan. Yuk simak bersama-sama!

1. Pintar

7 Kriteria Ini Gak Boleh Ditawar dalam Mencari Pasanganilustrasi pasangan kekasih (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pintar adalah kriteria yang tidak boleh terlewat saat mencari pasangan. Tentu kamu akan setuju, bisa mengobrol dengan pasangan tentang berbagai hal akan sangat menyenangkan, bukan? Namun, hal ini tidak akan terjadi kalau pasanganmu tidak satu frekuensi denganmu.

Perlu diketahui, pintar di sini maknanya bukan selalu berpendidikan tinggi, tetapi lebih kepada tidak lelah untuk selalu belajar. Orang yang selalu ingin mengembangkan diri akan jadi pasangan yang tepat karena dia akan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk hubungan kalian.

2. Solutif

7 Kriteria Ini Gak Boleh Ditawar dalam Mencari Pasanganilustrasi pasangan kekasih (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Sebuah hubungan tentu tidak akan lepas dari permasalahan, baik besar atau kecil. Jika tidak ditangani dengan tepat, masalah yang kecil pun bisa menjadi ancaman serius yang berpotensi menyebabkan kehancuran hubungan.

Oleh sebab itu, pastikan kamu dan pasangan menjadi orang yang solutif. Seorang problem solver akan fokus berusaha mencari jalan keluar dari permasalahan yang sedang terjadi dibandingkan mencari kambing hitam. Dengan begini, tentu masalah dalam hubungan bisa cepat diatasi dan hati menjadi tenang.

3. Mau memahami perasaanmu

7 Kriteria Ini Gak Boleh Ditawar dalam Mencari Pasanganilustrasi pasangan kekasih (pexels.com/Kampus Production)

Pasangan adalah salah satu, atau bisa jadi satu-satunya, orang yang kamu percaya untuk mengetahui segala keluh kesahmu. Oleh karena itu, kamu harus mencari orang yang tidak mudah meremehkan segala emosi yang sedang dirasa.

Memang harus diakui, terkadang kamu curhat hanya karena lelah saja, bukan karena benar-benar frustrasi. Namun, alangkah baiknya jika rasa lelahmu tersebut divalidasi dan dihargai sedemikian rupa, bukan?

Baca Juga: 7 Kriteria Seorang Sahabat yang Baik, Jangan Salah Memilih!

4. Bisa menjaga rasa percayamu

7 Kriteria Ini Gak Boleh Ditawar dalam Mencari Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/RODNAE Productions)

Rasa percaya adalah salah satu fondasi yang penting dalam membangun hubungan. Ketika rasa percaya tersebut kuat, maka tidak akan mudah timbul kecurigaan terhadap pasangan.

Penting buat kamu mencari pasangan yang bisa menjaga kepercayaan. Salah satu caranya adalah memilih orang yang punya kemampuan komunikasi yang baik. Jika komunikasi lancar, tidak ada rasa curiga, dan hubungan jadi terasa damai.

5. Pandai mengendalikan diri

7 Kriteria Ini Gak Boleh Ditawar dalam Mencari Pasanganilustrasi pasangan kekasih (unsplash.com/Milan Popovic)

Meskipun sudah dijaga baik-baik, terkadang pertengkaran tetap muncul antara kamu dan pasangan. Namun, kalau kamu dan pasangan adalah orang yang pandai mengontrol emosi dan mengendalikan diri, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Jangan sampai salah pilih orang yang mengedepankan emosi ketika sedang bertengkar. Jika orang tersebut berani berkata kasar atau bahkan melakukan kekerasan fisik, segera lari sejauh mungkin, ya!

6. Mau belajar mengatur keuangan

7 Kriteria Ini Gak Boleh Ditawar dalam Mencari Pasanganilustrasi pasangan kekasih (pexels.com/SHVETS production)

Harus diakui, uang adalah hal yang juga penting dalam kehidupan. Uang bisa membantu menopang perekonomian agar hidup terus berjalan. Oleh sebab itu, uang yang dimiliki harus diatur sedemikian rupa agar dapat dipergunakan dengan baik.

Carilah pasangan yang bisa mengatur keuangan. Jika pasangan hanya bisa menghamburkan uang atau malah suka berhutang kepadamu, repot juga, kan?

7. Paham dengan aturan agama

7 Kriteria Ini Gak Boleh Ditawar dalam Mencari Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Agama adalah panduan manusia untuk menjalani hidup yang baik sesuai dengan ketentuan yang telah diberikan oleh Tuhan. Oleh sebab itu, agama tidak hanya cukup untuk dipelajari, tetapi juga dipahami.

Begitu pula dalam mencari pasangan. Carilah orang yang bisa memahami ajaran agamanya dengan baik, sehingga jika kelak kamu berjodoh dengannya, dia bisa membimbingmu menuju hidup yang damai dan sejahtera.

Kriteria pasangan bagi setiap orang memang bisa sangat bervariasi. Namun, jangan sampai melewatkan hal-hal dasar yang sifatnya penting seperti kriteria di atas. Jika yang fundamental sudah terpenuhi, maka hatimu pun akan merasa tenang ketika bersamanya.

Baca Juga: 5 Kriteria yang Dimiliki Pimpinan Berkualitas, Mampu Menginspirasi

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya