Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Hubungan Romantismu Terasa Tak Menenangkan

Bisa jadi kamu kurang introspeksi diri, lho!

Salah satu hal yang paling menyenangkan untuk dialami adalah ketika memiliki pasangan yang bisa menyenangkan hati. Hubungan yang dijalani bisa terasa sangat bahagia karena masing-masing pihak berusaha saling menjaga.

Namun, sayangnya realita tidak selalu indah. Meski punya pasangan, hati masih bisa merasa tidak tenang. Jika kamu mengalami hal seperti itu, bisa jadi alasan-alasan berikut ini tepat untuk menjawab penyebab kegundahan hatimu.

Langsung simak aja sederet alasan sekaligus inspirasinya berikut ini, ya!

1. Komunikasi tidak lancar

5 Alasan Mengapa Hubungan Romantismu Terasa Tak Menenangkanilustrasi pasangan yang sedang bertengkar (pexels.com/Yan Krukov)

Komunikasi adalah aspek yang sangat penting dalam keberlangsungan sebuah hubungan. Melalui komunikasi yang berjalan lancar, nyaris semua hambatan bisa diatasi dan ditemukan jalan keluarnya.

Namun, bila kualitas komunikasi antara pasangan sangat buruk, maka akan rentan terjadi kesalahpahaman. Akibatnya, pertengkaran sering tidak terelakkan dan hati menjadi tidak tenang.

2. Jarang bertemu

5 Alasan Mengapa Hubungan Romantismu Terasa Tak Menenangkanilustrasi pasangan yang sedang melakukan video call (pexels.com/Alex Green)

Pertemuan merupakan salah satu faktor pendukung lancarnya aktivitas komunikasi. Beberapa hal yang tidak bisa dibicarakan hanya melalui sambungan telepon atau video call, bisa diatasi dengan pertemuan secara langsung.

Sayangnya, beberapa pasangan harus terpisah jarak karena satu dan lain hal. Hubungan jarak jauh tersebut rentan menyebabkan terhambatnya komunikasi karena mungkin ada perbedaan zona waktu atau kesibukan masing-masing. Tentu saja, kondisi ini tidak menutup kemungkinan pasangan akan saling merasa gelisah dan tidak nyaman.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Perasaan Pasangan Saat Punya Banyak Teman Lawan Jenis

3. Beda agama

5 Alasan Mengapa Hubungan Romantismu Terasa Tak Menenangkanilustrasi berpegangan tangan (pexels.com/Min An)

Ketika beranjak dewasa dan menjalin sebuah hubungan romantis, biasanya pasangan sudah punya keinginan untuk membawa hubungan tersebut ke jenjang yang lebih serius, yaitu pernikahan. Namun, bila ternyata jatuh cinta kepada dia yang berbeda keyakinan, pasti akan muncul satu permasalahan besar.

Perbedaan agama di antara pasangan memang sudah menjadi masalah klasik. Pilihannya hanya ada dua, memilih dia atau Dia. Setiap pilihan tentu akan menimbulkan konsekuensi tersendiri. Dalam proses memilih itulah biasanya hati merasa tidak tenang.

4. Sama-sama pribadi yang dominan

5 Alasan Mengapa Hubungan Romantismu Terasa Tak Menenangkanilustrasi pasangan yang sedang bertengkar (pexels.com/Alena Darmel)

Setiap pasangan punya cara masing-masing untuk merawat hubungan yang sedang dijalani. Namun, kita semua paham bahwa hubungan yang berjalan lancar tentu terjadi pada pasangan yang perannya saling melengkapi.

Sayangnya, terkadang dua orang dengan sifat dominan yang menjalin kasih merasa kesulitan ketika dihadapkan pada sebuah permasalahan di mana salah satu harus mengalah. Masing-masing punya prinsip kuat yang sulit untuk dipatahkan. Bila sudah sama-sama keras kepala, biasanya pertengkaran tidak dapat dihindari dan menyebabkan hati merasa kacau.

5. Sulit introspeksi diri

5 Alasan Mengapa Hubungan Romantismu Terasa Tak Menenangkanilustrasi pasangan yang sedang bertengkar (pexels.com/RODNAE Productions)

Manusia adalah makhluk yang tidak bisa lepas dari melakukan kesalahan. Namun, kesalahan tentu bisa dicegah untuk kembali terjadi apabila sering introspeksi diri dan lebih berhati-hati.

Sayangnya, terkadang orang terdekat justru sulit untuk melakukan perbaikan diri. Sering mengulang kesalahan yang sama dengan berbagai dalih tentu saja menimbulkan perasaan kecewa dan hati tidak tenang.

Namun, jika memang ini permasalahannya, kamu pun juga harus kembali bertanya pada diri sendiri. Terkadang perlakuan orang kepadamu adalah cerminan dari perlakuan yang kamu berikan kepada orang tersebut.

Jalannya sebuah hubungan memang tidak bisa selalu lancar. Namun, jika kamu dan pasangan sepakat untuk saling berbenah diri, harapan untuk mendapatkan kualitas hubungan yang lebih baik akan selalu ada. Jadi, bicaralah dengan pasanganmu dari hati ke hati agar mendapat solusi yang paling tepat, ya!

Baca Juga: [QUIZ] Apakah Kamu Tipe Pasangan yang Toxic?

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya