Comscore Tracker

5 Pelajaran Penting tentang Pertemanan yang Tidak Boleh Dilupakan

Pahami agar bisa memaknai dengan lebih baik

Teman adalah mereka yang bisa memberikan banyak warna dalam kehidupan seseorang. Tanpa kehadiran orang-orang ini, rasanya akan ada beragam kesulitan yang menghampiri.

Namun demikian, ternyata hubungan pertemanan tidak selalu punya sisi positif. Oleh sebab itu, kamu harus belajar untuk memilih dan memilah mana yang layak dijadikan teman dan yang sebaiknya ditinggalkan demi keselamatan.

Supaya kamu bisa lebih paham, berikut ini beberapa pelajaran penting tentang pertemanan. Simak bersama, yuk!

1. Teman selalu datang dan pergi

5 Pelajaran Penting tentang Pertemanan yang Tidak Boleh Dilupakanilustrasi persahabatan (pexels.com/Kindel Media)

Masih ingatkah dulu pernah berjanji dengan teman-teman bahwa kalian akan selalu bersama hingga nanti? Coba lihat lagi, berapa dari mereka yang masih bersamamu hingga saat ini.

Seiring dengan berjalannya waktu, seseorang juga tumbuh. Banyak hal yang terjadi pada mereka hingga pada suatu titik harus pergi dari segala memori di masa lalu.

Namun, ketika orang yang lama pergi, akan selalu ada orang baru yang datang. Hal seperti ini sangat wajar terjadi dan kamu tidak perlu menyesali apapun.

2. Teman yang baik dapat membawamu menuju sesuatu yang positif

5 Pelajaran Penting tentang Pertemanan yang Tidak Boleh Dilupakanilustrasi belajar bersama (pexels.com/Keira Burton)

Teman yang baik adalah anugerah. Mereka akan selalu berusaha mengingatkan dan mengajak untuk melakukan berbagai hal yang mulia, tidak peduli sesulit apapun kondisi yang sedang dialami.

Oleh sebab itu, kelilingi dirimu dengan teman-teman semacam ini. Bangun pertemanan yang baik dengan mereka agar kamu juga bisa belajar banyak hal yang positif.

Baca Juga: 5 Cara Atasi Rasa Iri dalam Pertemanan, Jangan Jadi Toksik!

3. Teman yang buruk bisa menjerumuskanmu pada beragam permasalahan

5 Pelajaran Penting tentang Pertemanan yang Tidak Boleh Dilupakanilustrasi percakapan (pexels.com/George Pak)

Sebagai manusia yang dibekali akal, penting untuk berpikir tentang orang seperti apa teman-teman yang kamu kenal. Sedekat apapun dengan orang-orang tersebut, bila mereka punya tabiat yang kurang mulia, sebaiknya kamu tetap waspada.

Pahamilah bahwa teman-teman yang buruk dapat menjerumuskanmu pada beragam permasalahan. Mungkin sekarang belum terjadi, tetapi suatu saat akan tiba pada masa itu.

Oleh sebab itu, menjaga jarak dari teman seperti ini tentu lebih baik. Jangan sampai terlambat dan menyesal kemudian.

4. Jagalah pertemanan dengan orang-orang baik

5 Pelajaran Penting tentang Pertemanan yang Tidak Boleh Dilupakanilustrasi persahabatan (pexels.com/Alexy Almond)

Menemukan manusia yang benar-benar memiliki karakter baik bukanlah perkara remeh. Masih banyak yang hanya berpura-pura baik untuk melaksanakan kepentingan pribadi semata.

Jika kamu berhasil berteman dengan orang yang mulia, usahakan untuk menjaga jalinan pertemanan tersebut. Mereka dapat membantumu untuk senantiasa menuju kebaikan, sehingga jangan sampai memutuskan silaturahmi tersebut.

5. Jangan ragu untuk meninggalkan lingkaran pertemanan yang toksik

5 Pelajaran Penting tentang Pertemanan yang Tidak Boleh Dilupakanilustrasi seseorang yang menjadi bahan gosip (pexels.com/cottonbro)

Banyak orang yang sebenarnya menyadari bahwa mereka berada di dalam lingkaran pertemanan yang toksik, tetapi ragu untuk mengambil langkah tegas. Salah satu alasannya mungkin karena takut tidak akan mendapatkan teman lagi.

Tindakan seperti ini hanyalah membuang-buang waktu dan tenaga. Sebaiknya kamu harus belajar menyadari bahwa di saat kamu berani meninggalkan pertemanan seperti ini, pintu menuju pertemanan yang lebih sehat akan terbuka lebar.

Oleh karena itu, hilangkan segala keraguan itu. Tidak ada gunanya menyiksa diri dengan teman-teman yang hanya mau memanfaatkanmu saja.

 

Menjalin hubungan pertemanan adalah bagian dari kehidupan. Jadikan hal ini sebagai sumber pembelajaran yang penting, sehingga kamu bisa menjadi manusia yang lebih bijaksana di masa yang akan datang.

Baca Juga: 5 Tantangan Membangun dan Mempertahankan Pertemanan di Usia Dewasa

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya