Comscore Tracker

5 Pertimbangan Penting untuk Memilih Calon Pasangan Hidup, Hati-hati!

Pikirkan dengan matang dan tidak perlu terburu-buru

Memasuki usia 20-an, seseorang biasanya sudah mulai memiliki keinginan untuk menikah dan membangun rumah tangga. Ini merupakan fase yang normal dalam kehidupan manusia sehingga banyak orang yang akan mengalaminya, hanya saja waktunya bisa berbeda-beda.

Sebelum melangkah lebih jauh, ada hal-hal yang harus kamu pahami terkait pemilihan calon pasangan. Jangan sampai terjebak dengan orang yang ternyata tidak baik karena ini bisa merusak kehidupanmu di masa depan.

Supaya tidak salah pilih, ayo pahami pertimbangan penting untuk memilih calon pasangan hidup di bawah ini!

1. Agama

5 Pertimbangan Penting untuk Memilih Calon Pasangan Hidup, Hati-hati!ilustrasi pasangan (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Agama adalah pedoman utama bagi seseorang untuk menjalani setiap aspek kehidupan. Ini menjadi sesuatu yang penting agar manusia tidak salah dalam memilih jalan sehingga bisa mencapai tujuan hidup yang sesungguhnya.

Meskipun setiap agama mengajarkan nilai-nilai kebaikan, tetapi tentu ada perbedaan tata cara ibadah dan pandangan. Tentu akan sulit untuk mencapai tujuan yang sama bila memiliki keyakinan yang berbeda.

Oleh sebab itu, ada baiknya untuk memilih calon pasangan hidup yang seiman. Dengan begini, kalian akan terhindar dari perselisihan dan lebih mudah dalam membangun kehidupan bersama.

2. Latar belakang calon pasangan

5 Pertimbangan Penting untuk Memilih Calon Pasangan Hidup, Hati-hati!ilustrasi pasangan bahagia (pexels.com/Olya Kobruseva)

Memilih seseorang untuk dijadikan pasangan hidup tidak bisa dilakukan secara serampangan. Butuh ketelitian dan kesabaran dalam melakukan seleksi agar kamu bisa mendapatkan orang yang benar-benar dapat menjadi pendamping terbaik.

Inilah mengapa kamu harus berusaha untuk mengetahui latar belakang calon pasangan dengan menyeluruh. Jangan sampai kamu tertipu dengan orang yang berpura-pura baik, padahal dia sedang menutupi segala tindakan buruknya.

Baca Juga: 5 Manfaat Beri Kesempatan Pasangan untuk Hadapi Masalahnya

3. Latar belakang keluarga

5 Pertimbangan Penting untuk Memilih Calon Pasangan Hidup, Hati-hati!ilustrasi piknik bersama keluarga (pexels.com/Askar Abayev)

Menikahi seseorang tidak hanya akan berurusan dengan orang tersebut, tetapi juga dengan seluruh keluarga besarnya. Suka atau tidak, itulah kenyataan yang harus dihadapi.

Oleh sebab itu, kamu juga harus mengetahui seluk-beluk keluarga calon pasanganmu tersebut. Apakah mereka orang baik atau pernah memiliki rekam jejak yang kurang menyenangkan. Bagaimanapun juga, ini akan berpengaruh terhadap kehidupanmu kelak, sehingga pastikan untuk hanya memilih yang terbaik.

4. Kesamaan tujuan

5 Pertimbangan Penting untuk Memilih Calon Pasangan Hidup, Hati-hati!ilustrasi pasangan kekasih (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Membangun rumah tangga layaknya sedang menjalani misi besar yang akan dilakukan seumur hidup. Oleh karena itu, dibutuhkan kerja sama yang baik antara kamu dan pasangan agar tercipta keharmonisan dan kekuatan dalam menghadapi segala ujian.

Supaya bisa mendapatkan orang yang tepat, kamu perlu melakukan “riset” terlebih dahulu. Jika ada orang yang berniat serius untuk hidup denganmu, jangan ragu untuk memberikan pertanyaan terkait visi dan misinya dalam berumah tangga.

Bila jawaban yang diberikan ternyata memenuhi segala kebutuhanmu, maka bisa dipertimbangkan untuk melangkah lebih jauh. Namun, kalau orang tersebut memiliki pandangan yang sangat berbeda, kini saatnya kamu mundur karena bila dipaksakan akan sangat sulit dijalani.

5. Sifat buruk

5 Pertimbangan Penting untuk Memilih Calon Pasangan Hidup, Hati-hati!ilustrasi pasangan (pexels.com/cottonbro)

Setiap manusia tentu memiliki kelemahan berupa sifat-sifat buruk. Namun, tidak semua keburukan tersebut punya derajat keparahan yang sama. Ada yang masih bisa ditoleransi karena tidak terlalu mengganggu, tetapi ada juga yang sebaiknya dijauhi karena berbahaya.

Oleh sebab itu, cobalah amati dan tingkatkan kepekaanmu terhadap sifat calon pasangan. Ketika sudah mengetahui segala kekurangan, apakah sifat buruknya masih dapat dimaklumi? Kalau dirasa tidak, sebaiknya hentikan hubungan tersebut demi keselamatanmu.

Diperlukan ketelitian dan pertimbangan yang matang untuk mencari pasangan hidup. Jadi, jangan terburu-buru dan hanya melihat dari tampang saja agar tidak masuk ke dalam perangkap orang-orang yang tidak baik, ya!

Baca Juga: Pasangan Sulit Memaafkan Kesalahanmu? Ini 5 Penyebabnya

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya