Comscore Tracker

Jangan Gegabah, 6 Langkah Bijak Menghadapi Sang Penggoda

Hadapi dengan cara yang elegan, ya!

Kehadiran seorang penggoda di tengah hubungan tentunya menimbulkan rasa tidak nyaman. Godaan bisa berupa chat, memberi perhatian berlebih, terang-terangan bermain mata, dan sebagainya. Wajar kok bila kamu merasa jengkel saat seseorang berusaha menggoda pasanganmu.

Eits, jangan gegabah untuk langsung marah dan melabraknya. Meskipun kesal, kamu harus tetap menghadapinya dengan kepala dingin. Setidaknya ada enam langkah bijak yang bisa lakukan. Berikut ini ulasannya!

1. Pelajari situasinya

Jangan Gegabah, 6 Langkah Bijak Menghadapi Sang Penggodapexels.com/@fauxels

Kamu perlu menelusuri jejak hubungan pasanganmu dan seseorang yang disinyalir penggoda ini. Apakah mereka adalah rekan kerja, teman masa kecil, keluarga jauh, atau justru kenalan baru? Harus harus bisa membedakan apakah ia memang menggoda atau kamu yang terlalu cemburu? 

Kamu juga harus bijak untuk melihat bagaimana si penggoda mulai datang ke tengah hubunganmu. Apakah pasangan sengaja menebar pesona dan bersikap seolah-olah ia single? Atau justru penggoda yang tetap maju setelah mengetahui hubunganmu?

2. Bersyukur

Jangan Gegabah, 6 Langkah Bijak Menghadapi Sang Penggodapexels.com/@gary-barnes

Sikap penggoda tentu bisa menimbulkan rasa cemburu di hatimu. Alih-alih mengekspresikan kecemburuan dengan cara negatif, lebih baik menggunakan cara yang lebih menguntungkan, yaitu bersyukur. 

Penggoda melihat sesuatu yang istimewa dalam diri pasanganmu. Sedangkan kamu jauh lebih beruntung karena menjadi pasangannya.

3. Perhatikan reaksi pasangan

Jangan Gegabah, 6 Langkah Bijak Menghadapi Sang Penggodapexels.com/@kieranrwhite

Tentu kamu akan merasa gak nyaman bila penggoda adalah orang yang selalu hadir di hidup pasangan, seperti rekan kerja. Coba perhatikan bagaimana reaksi pasangan pada penggoda.

Apakah ia tidak membalas godaan, ia mengubah topik obrolan, atau melibatkanmu di dalam percakapan. Jika ya, hal ini jelas menunjukkan bahwa ia mencoba menghentikan perilaku gak pantas dari sang penggoda.

Baca Juga: Biar Gak Tergoda, 5 Tips Menjaga Keutuhan Pernikahan dari Pelakor!

4. Utarakan perasaanmu pada pasangan

Jangan Gegabah, 6 Langkah Bijak Menghadapi Sang Penggodapexels.com/Polina Zimmerman

Saat kamu sudah sangat merasa terganggu, mengutarakan perasaanmu secara jujur kepada pasangan adalah hal yang harus dilakukan. Jelaskan mengapa kamu merasa perlakukan penggoda itu tidak pantas. Kamu juga boleh memintanya untuk mengurangi interaksi dengan si penggoda. 

Sebaiknya, lakukan dengan cara yang positif. Jangan memperlakukan pasangan seolah ia adalah tersangka. Cara ini juga bisa membuatnya merasa dihargai dan tersanjung dengan kecemburuanmu.

5. Bicara langsung dengan sang penggoda

Jangan Gegabah, 6 Langkah Bijak Menghadapi Sang Penggodapexels.com/@divinetechygirl

Wajar bila kamu merasa marah saat pasangannya diganggu oleh penggoda. Namun, jangan sampai amarahmu diekspresikan dengan gegabah. Kamu boleh saja mengajaknya berbicara empat mata. Utarakan apa sikapnya yang membuatmu tidak nyaman dan tanya alasan mengapa ia melakukan itu.

Langkah ini bisa mengantisipasi kesalahpahaman. Sebab, atas alasan keakraban, beberapa orang bisa saja tidak sengaja melakukan hal yang ternyata mengganggu pasangan orang lain.

6. Tinjau kembali hubunganmu

Jangan Gegabah, 6 Langkah Bijak Menghadapi Sang Penggodapexels.com/@ketut-subiyanto

Kamu harus bersikap bijak dan objektif dalam menghadapi masalah ini. Jangan menutup mata bila memang pasanganmu juga merespon si penggoda. Beberapa orang sepenuhnya menyalahkan penggoda, tanpa mau melihat dari dua sisi. 

Jika memang kondisinya demikian, jujurlah pada diri sendiri bahwa pada dasarnya ada masalah serius dalam hubunganmu. Tenangkan diri dan pikirkan mau dibawa ke arah mana hubungan ini selanjutnya.

Nah, itulah enam langkah bijak dalam menghadapi kehadiran sang penggoda. Jangan gegabah dan tetap hadapi dengan cara yang elegan, ya!

Baca Juga: 5 Tips Membuat Kesan Baik Saat Pertama Kali Bertemu Keluarga Pasangan

Ratumas Ovvy Photo Verified Writer Ratumas Ovvy

Find me on Instagram @ratumasovvy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya