Comscore Tracker

5 Alasan Hubungan Gak Selalu Berjalan Mulus setelah Menikah

Suatu hal yang lumrah dan bisa diselesaikan

Banyak sekali pasangan muda yang baru saja melangsungkan pernikahan yang meriah. Pada dasarnya, mereka harus menjalani rumah tangga yang begitu panjang dan sulit sekali untuk berjalan mulus seperti apa yang diharapkan.

Tantangan terbesar dalam pernikahan bagi pasangan muda untuk mengerti satu sama lain dan menjaga keharmonisan. Berikut ini ada lima alasan sebuah hubungan tak selalu berjalan mulus setelah pernikahan.

1. Berhubungan dengan masalah keuangan

5 Alasan Hubungan Gak Selalu Berjalan Mulus setelah Menikahilustrasi pasangan merenung (pexels.com/@rodnae-prod)

Keuangan selalu menjadi opsi pertama penyebab hubungan berantakan setelah menjalani masa awal pernikahan. Adanya perselisihan tersebut tak lain karena kurangnya pemahaman akan manajemen keuangan yang benar.

Semua orang tentu harus mempersiapkan pernikahan secara baik dan benar. Mereka tak boleh menjadikan faktor finansial sebagai penyebab utama rusaknya suatu hubungan. Pada akhirnya, proses kedewasaan mereka belum teruji dengan baik dan benar.

2. Proses penyesuaian diri dengan karakteristik pasangan

5 Alasan Hubungan Gak Selalu Berjalan Mulus setelah Menikahilustrasi wanita menangis (pexels.com/@rodnae-prod)

Penyesuaian diri harus dilakukan secara berulang-ulang karena setiap pasangan harus bertemu setiap harinya. Tak boleh ada rasa saling cemburu atau rasa ingin menguasai dalam suatu pergaulan.

Mereka harus saling melengkapi satu sama lain saat membutuhkan bantuan. Setiap orang memiliki hak dan kewajibannya masing-masing sehingga memberikan kemudahan dalam melakukan aktivitas setiap harinya.

Baca Juga: 5 Hal Ini Bisa Buat Kamu Jadi Semakin Ingin Menikah, Manis Banget!

3. Masih adanya ego dengan kepentingan pribadi

5 Alasan Hubungan Gak Selalu Berjalan Mulus setelah Menikahilustrasi pasangan berpelukan (unsplash.com/@ozgomz)

Rasa saling mengalah harus ada pada pasangan muda yang baru saja menikah. Adanya egoisme yang tinggi membuat hubungan semakin berantakan karena masih mempunyai kepentingan pribadi yang belum bisa ditunda.

Semua kepentingan bersama harus diutamakan apalagi ketika sudah memiliki anak sebagai penghubung rumah tangga. Keharmonisan rumah tangga akan mulai diuji ketika sudah berumah tangga cukup lama.

4. Rasa saling percaya masih belum terbuka

5 Alasan Hubungan Gak Selalu Berjalan Mulus setelah Menikahilustrasi pasangan berpelukan (pexels.com/@josh-willink-11499)

Rasa saling percaya itu sudah menjadi paket umum dalam suatu pernikahan. Tak boleh ada intervensi dari orang lain yang membuat hubungan semakin retak dan tak ada rasa terbuka satu sama lain.

Semua masalah yang terjadi harus diselesaikan secara baik dan benar. Sebagai pasangan muda, kalian memiliki cara tersendiri untuk menemukan solusi yang tepat sehingga orang lain tidak ikut campur urusan kalian secara individual.

5. Muncul tanda kebosanan yang rumit

5 Alasan Hubungan Gak Selalu Berjalan Mulus setelah Menikahilustrasi pasangan merenung (pexels.com/@odonata-wellnesscenter-48563)

Kebosanan setelah pernikahan memang sangat umum terjadi pada pasangan muda. Mereka membutuhkan rasa sayang begitu besar sehingga segala sesuatu dapat berjalan dengan baik dan benar.

Kalian bisa merencanakan liburan atau melakukan sesuatu hal yang menyenangkan sehingga tak ada rasa bosan di antara kalian berdua. Hal ini membuat keharmonisan rumah tangga tetap terjaga.

Pernikahan selalu menjadi tujuan utama bagi beberapa pasangan muda untuk menempuh kehidupan baru. Keyakinan dan konsistensi selalu menjadi jawaban di balik keharmonisan hubungan yang banyak orang idamkan.

Baca Juga: Hukum Menikah Beda Agama, Begini Penjelasannya dalam Al-Quran

Reinhart Ignasius Photo Verified Writer Reinhart Ignasius

Biasalah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya