Comscore Tracker

5 Tips untuk Hadapi Teman yang Suka Manfaatin Kelebihanmu

Jangan sampai terpengaruh

Mungkin ada banyak sekali teman yang selalu dapat diandalkan bagi dirimu. Kamu merasa nyaman saat berteman dengan mereka sejak lama dan sudah merasa seperti sahabat yang sulit untuk ditemukan.

Ada beberapa temanmu yang juga terlihat baik, namun di antaranya hanya mau memanfaatkan kelebihanmu saja. Kamu telah merasakan hal tersebut sejak lama dan tak ingin merusak pertemanan sehingga ada lima tips yang bisa kamu simak berikut ini.

1. Temukan solusi yang benar

5 Tips untuk Hadapi Teman yang Suka Manfaatin Kelebihanmuilustrasi wanita berbicara (pexels.com/@olly)

Kamu harus menemukan solusi yang tepat saat mengetahui kelemahannya dan menawarkan bantuan yang pantas kepada dirinya. Jangan sampai dirimu terjebak dalam sandiwara besar yang dilakukan temanmu tersebut.

Kamu harus bersikap tegas dan lebih dominan dalam memberikan bantuan sehingga tak ada yang dirugikan. Sebaliknya, dirimu bisa menjadi pemberi nasihat yang baik untuk temanmu agar menjadi pribadi yang baik.

2. Tetap jaga hubungan sebaik mungkin

5 Tips untuk Hadapi Teman yang Suka Manfaatin Kelebihanmuilustrasi pria berjabat tangan (pexels.com/@allan-mas)

Kamu harus membina hubungan dengan temanmu sebaik mungkin. Jangan membuat satu amarah yang besar atau rasa kebencian yang membara karena satu kesalahan yang dibuat oleh temanmu itu.

Kamu harus mengetahui apa penyebab temanmu melakukan hal tersebut. Kamu bisa memberikan saran yang tepat kepadanya agar bisa merenungkan segala masalah yang sedang ia hadapi.

Baca Juga: 5 Ciri Gebetan yang Hanya Memanfaatkan Kebaikanmu, Hati-hati!

3. Atur emosi lebih baik dari dirinya

5 Tips untuk Hadapi Teman yang Suka Manfaatin Kelebihanmuilustrasi pria bersulang (pexels.com/@elevate)

Kamu harus bisa mengatur emosi lebih baik dari orang lain bahkan temanmu sendiri. Kamu jangan menjadi seorang pecundang dan takut untuk berhadapan dengan salah satu temanmu yang ingin memanfaatkan kelebihanmu.

Semua hal negatif harus bisa disingkirkan secara bersamaan agar pertemananmu bisa terjaga dengan baik. Semua kenangan positif dalam pertemanan bisa menjadi salah satu poin penting bagi kestabilan emosi yang kamu punya.

4. Terapkan batasan kepada dirinya

5 Tips untuk Hadapi Teman yang Suka Manfaatin Kelebihanmuilustrasi pria berjabat tangan (pexels.com/@gabby-k)

Kamu harus menerapkan banyak batasan kepada temanmu sejak dini. Kamu tak boleh mengiyakan segala kemauan yang temanmu minta meskipun kamu merasa kasihan akan kondisi yang dimilikinya.

Semakin kamu berpartisipasi lebih dalam untuk menyelesaikan masalahnya, maka ada perasaan negatif yang akan muncul dari temanmu. Kamu hanya menjadi korban sandiwara yang tak kunjung selesai.

5. Berusaha lebih dominan dalam segala hal

5 Tips untuk Hadapi Teman yang Suka Manfaatin Kelebihanmuilustrasi mengambil foto (pexels.com/alex-almond)

Dalam pertemanan pasti ada yang lebih dominan dalam memberikan keputusan atau argumen yang kuat. Kamu harus bisa memposisikan dirimu menjadi orang yang dominan agar terhindar dari hal buruk.

Kamu bisa menjadi orang yang bijak dalam menerapkan sesuatu agar orang lain paham dan mengerti segala sesuatu yang kamu punya dan sedang kamu hadapi. Kamu akan menjadi pribadi yang lebih dewasa di hadapan teman-temanmu.

Semua pertemanan pasti ada negatif dan positifnya. Kamu bisa menjadi orang yang bijaksana dalam menentukan segala hal sehingga orang lain tahu dan mengerti segala aturan yang kamu berikan.

Baca Juga: 5 Pola Pikir yang Bikin Kamu Mudah Dimanfaatkan Orang Lain, Waspada!

Reinhart Ignasius Photo Verified Writer Reinhart Ignasius

Biasalah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya