Comscore Tracker

5 Aturan Jelas Jika Berteman dengan Lawan Jenis setelah Menikah

Berteman tak dilarang, namun ada etikanya ya...

Hidup selalu mempunyai tantangan dan fase. Setelah mengganggur lalu bekerja atau setelah sekian lama melajang kemudian menikah. Setelah menikah, tentunya kehidupan sebelumnya akan dibawa oleh pasangan masing-masing, baik pertemanan, pekerjaan, dan tabiat.

Nah, dalam kehidupan pernikahan tentunya pasanganmu mempunyai teman baiknya masing-masing. Jika berteman sesama jenis mungkin tidak begitu membuat hati galau, lain halnya jika pasanganmu mempunyai teman lawan jenis, apalagi berteman dekat, satu kantor pula, dan sering meeting bersama.

Berteman dengan lawan jenis setelah menikah memang rentan menimbulkan kecemburuan di antara pasangan. Apalagi ancaman perselingkuhan juga di depan mata. Untuk menjaga perasaan pasangan, ada rambu-rambu yang harus kamu ingat jika berteman dengan lawan jenis agar pasanganmu semakin percaya dan tidak menimbulkan kecurigaan mendalam. Setiap bergaul memang ada etikanya kok, tapi jika kamu berteman dengan lawan jenis setelah menikah harus ingat etika ini ya, di antaranya:

1. Perkenalkan teman lawan jenismu kepada pasanganmu

5 Aturan Jelas Jika Berteman dengan Lawan Jenis setelah MenikahPexesl.com/rawpixel.com

Baik teman hangout, teman kantor, atau teman di berbagai kesempatan, sebaiknya kenalkan dahulu kepada pasanganmu. Ada istilahnya temanmu, temanku juga dong. Tak ada salahnya mempunyai prinsip seperti ini.

Hal ini untuk menjaga kepercayaan diri masing-masing. Membangun kepercayaan memang tidak mudah. Percayalah, tindakan ini akan membuat pasanganmu semakin nyaman menikah denganmu.

2. Jika ada pertemuan dengan teman lawan jenismu sebaiknya pasanganmu tahu juga

5 Aturan Jelas Jika Berteman dengan Lawan Jenis setelah MenikahPexesl.com/rawpixel.com

Bilamana ada urusan yang melibatkan kamu dan teman lawan jenismu, baik dalam pekerjaan dan lainnya kantongi izin dulu sebelum melakukan meeting. Dengan memberitahukan kamu sedang di mana, bersama siapa, dan melakukan apa kepada pasanganmu adalah hal yang bijak.

Menjaga pasanganmu agar lebih percaya dan tidak berpikir yang tidak-tidak. Tentunya, kamu juga harus bersikap profesional dengan segala urusanmu.

3. Menghindari pembicaraan bersifat pribadi apalagi menceritakan tentang masalah rumah tangga masing-masing

5 Aturan Jelas Jika Berteman dengan Lawan Jenis setelah MenikahPexels.com/VeraArsic

Setiap pertemuan yang melibatkan kamu dan teman lawan jenismu batasi pembicaraannya. Membicarakan pekerjaan diselingi sharing soal hobi atau tips menarik sih sah-sah saja. Ada tapinya, lho.

Hindari pembicaraan menjurus ke masalah pribadi, apalagi menceritakan pasanganmu kepada teman lawan jenismu hingga urusan rumah tangga dikemukakan. Intinya, jika sudah menjurus kamu harus berani meng-cut pembicaraan ya. Hal ini akan memberi kesempatan curhat sehingga nantinya kamu akan menjadi saling membutuhkan. Hmmm, bisa gawat!

Baca Juga: Kenapa Gak Mungkin? Ini 5 Tips Berteman Sama Mantan Tanpa Baper

4. Menghindari foto berdua takutnya menimbulkan fitnah

5 Aturan Jelas Jika Berteman dengan Lawan Jenis setelah MenikahPexesl.com/rawpixel.com

Jika ada pertemuan dengan teman lawan jenismu, mohon dengan sangat hindari foto berduaan saja apalagi sampai dipajang di media sosial. Hal ini selain tidak elok, secara etika juga tidak diperkenankan. Tentunya, akan menimbulkan fitnah apalagi ujung-ujungnya akan menjadi gunjingan followers kamu di media sosial. Ingat, kamu harus menjaga perasaan pasanganmu, lho.

5. Menghindari pembicaraan intens, baik di media sosial atau dalam kehidupan nyata

5 Aturan Jelas Jika Berteman dengan Lawan Jenis setelah MenikahPexesl.com/rawpixel.com

Nah, pertemuan yang terus-menerus apalagi dalam dunia kerja, si dia merupakan partner kamu dan kamu ke mana-mana selalu bersama, tentunya sering melakukan pembicaraan bersama. Mengobrol di kafe selepas penat bekerja, lalu dilanjutkan di media sosial dengan intens akan menimbulkan kesempatan nyaman dan aman bersama teman lawan jenismu. Ingat pasanganmu jika hal ini terjadi, sadarlah segera karena sikap tersebut tidak akan baik bagi kehidupan pernikahanmu.

Ada istilahnya witing tresno jalaran soko kulino, jika kamu sering bersama dengan teman lawan jenismu dan sudah menjadi nyaman, nah ini yang berbahaya. Benih-benih cinta dan kasih sayang pun terancam muncul lalu bisa saja perselingkuhan pun terjadi.

Oleh karena itu, peganglah etika pertemanan dengan lawan jenismu jika ingin kehidupan pernikahanmu berjalan dengan aman dan sentosa. Happy marriage!

Baca Juga: Sulit Berteman? 6 Cara Ini Ampuh Mengatasi Rasa Rendah Dirimu

Renny Fitri Photo Verified Writer Renny Fitri

Penyuka fotografi, traveling, dan menjahit. Menyempatkan diri menulis apa saja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You