Comscore Tracker

Ingin Pernikahan Langgeng? 8 Kebiasaan Ini Harus Kamu Terapkan

Boleh banget dicoba nih

Hubungan pernikahan yang langgeng dan bahagia tidak terjadi secara kebetulan. Dibutuhkan dua orang yang sehat secara emosional, yang sama-sama berkomitmen untuk menjadi mitra terbaik dalam mengarungi suka duka kehidupan berumah tangga.

Lalu apa sih rahasianya supaya pasangan suami istri bisa menjaga hubungan mereka tetap langgeng dan bahagia di sepanjang perjalanan hidup mereka? Dikemukakan oleh sejumlah pakar hubungan ternama, berikut ini 8 kebiasaan baik yang harus kamu tanamkan dalam berumah tangga.

1. Mencium pasangan setidaknya dua kali sehari

Ingin Pernikahan Langgeng? 8 Kebiasaan Ini Harus Kamu Terapkanmnn.com

Psikolog dan penasehat hubungan asmara, Dr. Samantha Rodman, menyebutkan bahwa berciuman dengan pasangan setiap hari, setidaknya dua kali dalam sehari, dapat membuat hubungan menjadi lebih bahagia.

Menurut Dr. Samantha, banyak orang dalam hubungan pernikahan yang tidak bahagia mengatakan bahwa mereka tidak ingat kapan terakhir kali mereka berciuman dengan pasangan mereka. Padahal dengan meluangkan waktu untuk melakukan kontak mata dengan pasangan dan menciumnya, itu menunjukkan bahwa kamu memprioritaskan pasangan kamu di antara padatnya aktivitas.

2. Jangan malas memberikan pujian kepada pasangan

Ingin Pernikahan Langgeng? 8 Kebiasaan Ini Harus Kamu Terapkanwww.victoriabuzz.com

Profesor sosiologi dan seksolog bersertifikat, Pepper Schwartz dari University of Washington in Seattle, Washington, menyebutkan bahwa semua orang membutuhkan pujian, terutama pujian dari pasangan mereka. Tidak peduli apakah usia pernikahan telah berjalan selama 5 tahun atau 50 tahun, pujian sederhana seperti ‘kamu terlihat sangat cantik hari ini’ akan membuat pasangan merasa dicintai dan dihargai.

3. Hargai perbedaan pendapat

Ingin Pernikahan Langgeng? 8 Kebiasaan Ini Harus Kamu Terapkan1073popcrush.com

Dalam pernikahan, perbedaan pendapat merupakan hal yang pasti akan terjadi. Seringkali perbedaan pendapat ini berubah menjadi konflik hingga mengakibatkan perceraian.

Menurut ahli terapi hubungan, Kurt Smith dari University of Western Australia, Perth, pasangan harus bisa menghargai perbedaan pendapat dengan cara mempraktikkan resolusi konflik dan membangun ketrampilan berkomunikasi yang lebih baik.

4. Fokus pada hal-hal yang kamu sukai dari pasangan

Ingin Pernikahan Langgeng? 8 Kebiasaan Ini Harus Kamu Terapkanpixabay.com

Terapis pasangan dan pemilik situsportlandstateofmind.com, Kari Carroll, menyebutkan bahwa perspektif positif ini merupakan tren di antara pasangan paling bahagia dalam beberapa dekade penelitian yang dilakukan oleh The Gottman Institute.

Memfokuskan pada hal-hal yang disukai dari pasangan akan meningkatkan kehangatan, persahabatan dan perasaan yang umumnya akan disukai oleh pasangan. Bahkan ketika pasangan berhadapan dengan masalah yang pelik, mereka akan dapat menemukan sisi humor dalam perbedaan pendapat dan bekerja sama untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut.

Baca Juga: Ini 7 Keuntungan Masih Single Meski Banyak Teman Sudah Menikah

5. Jangan ragu untuk terlihat mesra di depan umum

Ingin Pernikahan Langgeng? 8 Kebiasaan Ini Harus Kamu Terapkanabsfreepic.com

Menurut terapis pernikahan dan keluarga, Aaron Anderson dari Regis University, pasangan paling bahagia tidak takut untuk menunjukkan kasih sayang satu sama lain, bahkan di depan umum. Jadi, jangan ragu untuk terus memegang tangan pasangan kamu saat berbelanja di supermarket atau memeluknya saat kamu nonton di bioskop bersama pasangan dan teman-teman kamu.

6. Jangan tunggu pasangan menebak apa yang kamu inginkan

Ingin Pernikahan Langgeng? 8 Kebiasaan Ini Harus Kamu Terapkanwww.google.com

Menurut Dr. Danielle Harel, konsultan hubungan asmara yang berkantor di Somatica Institute San Francisco, pasangan yang paling bahagia yang ia temui adalah mereka yang memiliki kebiasaan untuk mengungkapkan apa yang mereka inginkan dan mendengarkan keinginan pasangan mereka tanpa emosi berlebih. Mengharapkan pasangan mengetahui apa yang kamu inginkan tanpa kamu mengungkapkannya, sama dengan bencana.

7. Luangkan waktu untuk tertawa bersama

Ingin Pernikahan Langgeng? 8 Kebiasaan Ini Harus Kamu Terapkanwww.additudemag.com

Sebuah hubungan akan mudah memburuk jika pasangan hanya membicarakan topik-topik yang terlalu serius, sebaliknya menyimpan ide humor untuk teman-teman di luar. Menurut Dr. Samantha Rodman yang berpraktik di North Bethesda, ini merupakan kebiasaan yang salah. Ketika pasangan melupakan kebiasaan untuk tertawa bersama, mereka akan berisiko kehilangan sukacita dan semangat dalam hubungan mereka.

8. Biasakan untuk membahas keuangan bersama

Ingin Pernikahan Langgeng? 8 Kebiasaan Ini Harus Kamu Terapkanwww.goodmoneying.com

Masalah keuangan merupakan salah satu alasan utama terjadinya perceraian. Sayangnya, sebagian besar pasangan menghindari pembicaraan tentang keuangan sampai mereka memiliki masalah keuangan yang begitu besar.

Lagi-lagi menurut Kurt Smith dari University of Western Australia, Perth, membiasakan untuk membicarakan masalah keuangan bersama-sama sebelum terjadi masalah yang besar adalah salah satu hal paling cerdas yang dapat kamu lakukan untuk memastikan pernikahan kamu bahagia dan langgeng.

Jadi kamu ingin hubungan pernikahan dengan pasangan selalu harmonis dan langgeng? Well, tak ada salahnya jika kamu mengikuti tips di atas.

Baca Juga: 8 Makna Jenis Bunga di Hari Pernikahan, Gak Melulu Mawar Lho

Ressa Novita Photo Community Writer Ressa Novita

Ketika hidup tidak seindah imajinasi, maka yang kubisa hanya menuliskan mimpi...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You