Comscore Tracker

Masih Cinta? Ini 6 Cara Ampuh Bikin Kamu Supaya Tidak Cinta Lagi

Akan jauh terasa lebih sakit jika dibiarkan terus 

Putus cinta itu memang menyakitkan, tapi lebih menyakitkan ketika sudah putus dan masih cinta. Namun, kamu perlu tahu bahwa selagi ada harapan pasti akan selalu ada jalan. Begitu pula dengan perasaanmu yang masih cinta terhadapnya. Selalu ada cara supaya tidak cinta lagi padanya.

Mencintai seseorang lalu putus, tentu perlu waktu dan proses setelah selesainya hubungan. Keadaan di mana kamu masih menyimpan perasaan terhadapnya, dalam situasi ini justru akan membuat hatimu lebih terluka. Maka dari itu, lakukanlah enam cara ampuh berikut ini supaya kamu tidak cinta lagi.

1. Ikhlas menerima keadaan 

Masih Cinta? Ini 6 Cara Ampuh Bikin Kamu Supaya Tidak Cinta Lagiilustrasi ikhlas menerima keadaan (pexels.com/Thieu Hoang Phuoc)

Saat seseorang sudah melakukan yang terbaik untuk mempertahankan sebuah hubungan lalu berakhir putus, maka hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah mengikhlaskan semua yang terjadi.

Ada kalanya memang sebuah hubungan tidak akan bertahan lama karena berbagai hal. Ikhlas menerima keadaan adalah cara terbaik untuk dirimu supaya tidak cinta lagi padanya. Dengan begitu, hatimu akan jauh lebih tegar.  

2. Bersyukur karena sudah selesainya hubungan 

Masih Cinta? Ini 6 Cara Ampuh Bikin Kamu Supaya Tidak Cinta Lagiilustrasi bersyukur (pexels.com/Thieu Hoang Phuoc)

Bersyukur atas segala yang terjadi adalah cara seseorang untuk bisa bahagia. Bersyukur dengan selesainya hubungan akan membuat kamu menyadari bahwa jika dulu cintamu tidak kuat, kamu tidak akan sakit hati.

Itu berarti, kamu memiliki kemampuan untuk mencintai dengan tulus. Maka dari itu, cara terbaik untuk tidak cinta lagi setelah putus adalah dengan bersyukur atas selesainya hubungan.    

3. Ambil hikmahnya, hubunganmu tidak sampai ke pernikahan 

Masih Cinta? Ini 6 Cara Ampuh Bikin Kamu Supaya Tidak Cinta Lagiilustrasi berpikir (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Setiap ada cobaan pasti ada hikmahnya. Sama halnya dengan selesainya hubunganmu dengannya, Tuhan pasti memiliki maksud lain mengapa semua itu terjadi padamu. Ambillah hikmah dari setiap kejadian yang menimpa dirimu. Cobalah kamu bayangkan bagaimana jika masalah ini terjadi di dalam pernikahanmu dengannya.

Hubungan asmara adalah masa penyesuaian, yang berarti bahwa kalian masih menjalani hidup masing-masing. Untung kamu sudah mengetahui sifat aslinya aebelum hubunganmu sampai ke pernikahan. Maka dari itu, mengambil hikmah dari berakhirnya hubunganmu adalah cara terbaik supaya kamu tidak cinta lagi.   

Baca Juga: 9 Fakta Film Pendek All Too Well, Kisah Patah Hati Karya Taylor Swift

4. Sadari, kamu hanya rindu kenangannya 

Masih Cinta? Ini 6 Cara Ampuh Bikin Kamu Supaya Tidak Cinta Lagiilustrasi rindu kenangan (pexels.com/Thieu Hoang Phuoc)

Bedakanlah antara orangnya dan perbuatannya, apakah kamu merindukannya atau perbuatannya ke kamu dulu. Dengan kamu menyadari bahwa sebenarnya kamu hanya rindu kenangan kamu bersamanya.

Itu berarti, kamu hanya perlu menggantinya dengan orang yang lebih baik dan menjalin kenangan indah yang baru bersama kamu. Jika hal ini bisa kamu lakukan, maka tidak menutup kemungkinan usahamu untuk berhenti mencintainya akan berhasil.

Baca Juga: 7 Cara Move On Paling Ampuh dan Elegan, Bukan Cari Pacar Lagi

5. Mengubah kebiasaan baru 

Masih Cinta? Ini 6 Cara Ampuh Bikin Kamu Supaya Tidak Cinta Lagiilustrasi melakukan kreativitas (pexels.com/Anthony Shkraba)

Suatu perbuatan jika dilakukan secara terus-menerus dalam lima hari berturut-turut  akan menjadi sebuah kebiasaan hingga akhirnya ketergantungan. Sebelumnya kamu sudah terbiasa selalu menghabiskan waktu bersamanya.

Maka dari itu, sekarang kamu harus mengubah kebiasaanmu dengan melakukan kebiasaan yang baru tanpa adanya dia. Dengan melakukan cara ini secara rutin, maka keinginanmu untuk supaya tidak cinta lagi akan terwujud.  

6. Menyadari adanya kesempatan baru 

Masih Cinta? Ini 6 Cara Ampuh Bikin Kamu Supaya Tidak Cinta Lagiilustrasi membuka hati (pexels.com/Thieu Hoang Phuoc)

Membuka hati untuk menemukan seseorang yang jauh lebih baik darinya adalah suatu kesempatan baru bagimu. Carilah seseorang yang mampu membuat kamu bisa menjadi manusia yang lebih baik tanpa membuatmu merasa terpaksa berubah demi dirinya.

Dengan kamu menyadari adanya kesempatan baru, kamu akan mampu membuka hati kamu dan menemukan seseorang yang jauh lebih baik untuk bisa menerima kekuranganmu. Itu berarti usahamu untuk tidak cinta lagi akan terjadi karena menyadari adanya kesempatan baru.     

Seiring berjalannya waktu, akan ada momen kamu mengingatnya. Hidup saja dengan sewajarnya. Coba terapkan keenam cara di atas untuk membantumu move on.

Ria Awe Photo Writer Ria Awe

follow instagram aku ya @riaaw21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya