Comscore Tracker

6 Kesombongan yang Tanpa Disadari Bisa Membuatmu Kehilangan Teman

Sikap ini nggak bisa ditolerir!  

Kesombongan sering kali diidentikkan dengan memamerkan dan membanggakan sesuatu yang dipunyai. Padahal orang bisa dicap sombong bukan hanya karena sekadar pamer. Banyak faktor yang mendorong seseorang dianggap angkuh. Dan mereka yang menyombongkan diri, sebenarnya berkeinginan agar mendapatkan pengakuan.

Berikut enam kesombongan yang nggak sadar mungkin sudah pernah kamu lakukan hingga membuat ilfeel teman-temanmu.

1. Nggak mau minta maaf atas kesalahan yang telah diperbuat

6 Kesombongan yang Tanpa Disadari Bisa Membuatmu Kehilangan Temanmasasha.net

Sejujurnya sih sadar bahwa keruwetan yang terjadi karena dirimu. Tapi kamu masih terus membela diri dan malah menyalahkan balik temanmu tersebut. Bagi kamu, meminta maaf adalah hal yang berat. Kamu beranggapan bahwa dengan minta maaf duluan artinya kamu sudah kalah dan terlihat rendah di matanya.

2. Menganggap remeh pengalaman buruk sahabat hingga menyinggung perasaannya

6 Kesombongan yang Tanpa Disadari Bisa Membuatmu Kehilangan Temantwitter.com

Teman kena musibah. Respon yang kamu berikan malah terdengar menyepelekan. Seperti nggak ada rasa empati dengannya. Meski kamu pernah ngerasain duluan kejadian nggak mengenakkan tersebut, bukan berarti kamu bisa seenaknya meremehkan. Kemampuan teman dengan kemampuanmu menghadapi masalah tentu berbeda. Cukuplah paham akan perasaannya dan tak perlu banyak berkata.

Baca Juga: 5 Karakter Teman Kerja dalam Organisasi Kampus, Kenali Anggota Timmu

3. Mengerjakan segalanya sendirian tanpa minta bantuan siapapun

6 Kesombongan yang Tanpa Disadari Bisa Membuatmu Kehilangan Temanviu.com

Acap kali kamu merasa bahwa semua pasti baik-baik saja dan bisa selesai meskipun harus mengerjakannya sendirian. Nasihat "jangan ngerepotin orang lain" terulang-ulang di otakmu. Sehingga siapapun yang menawarkan bantuan, akan kamu tolak karena merasa mereka nggak kompeten. Apalagi dengan penolakan yang ketus, kasar dan merendahkan. Tanpa sadar, kamu telah menunjukkan kesombonganmu.

4. Memuji diri berlebihan alias menceritakan kehebatan diri sendiri

6 Kesombongan yang Tanpa Disadari Bisa Membuatmu Kehilangan Temanviu.com

Di setiap pembicaraan, inti dari apa yang kamu ceritakan hanyalah berfokus pada 'aku'. Tanpa diminta, kamu menceritakan segala kehebatan yang sudah dilakukan seakan-akan semua temanmu yang mendengar nggak akan bisa melakukan keberhasilanmu. Di satu sisi, bisa jadi motivasi. Tapi di sisi lain, hal tersebut bisa mengacaukan pertemanan kalian apalagi disisipi kalimat yang merendahkan.

5. Terus mengeluh soal orang lain yang nggak bisa beradaptasi dengan dirimu

6 Kesombongan yang Tanpa Disadari Bisa Membuatmu Kehilangan Temanviu.com

Perdebatan pasti ada saja dalam setiap pertemanan. Yang membuatmu terlihat sombong adalah saat kamu merasa bahwa mereka nggak cocok denganmu. Mereka tidak bisa menyeimbangkan obrolanmu. Mereka tak pandai mengambil hatimu. Menurutmu, kesalahannya bukan terletak pada dirimu, tapi pada teman-temanmu yang tak pintar bersosialisasi. Hati-hati, kesombongan ini akan menimbulkan akar kepahitan pada teman-temanmu.

6. Selalu merasa paling benar dan menuntut orang lain untuk mengerti pola pikirmu

6 Kesombongan yang Tanpa Disadari Bisa Membuatmu Kehilangan Temanmasasha.net

Kamu terlalu yakin dengan dirimu sendiri. Nggak ada yang salah dengan hal itu. Yang jadi sumber kesombongan adalah ketika kamu menjadi orang yang anti kritik, keras kepala dan meminta untuk dipahami tanpa mau memahami. Kamu cenderung merasa benar dengan apa yang kamu putuskan. Pokoknya jika kamu bilang A, ya pasti A. Nggak ada yang boleh meralatnya.

Sombong nggak ada untungnya. Bukannya dikagumi, malah menimbulkan rasa iri dan pengasingan dari teman-temanmu.

Percayalah, mau minta maaf duluan, lebih empati, menghargai orang yang memberi bantuan, mau mengalah serta berbicara sesuai waktunya tanpa berlebihan, intropeksi diri dan berpikir lebih bijak justru akan menimbulkan sikap respect dan salut dari mereka yang dekat denganmu. 

Baca Juga: Jangan Lakukan, 5 Sifat yang Bikin Teman Menjauhi Kamu Secara Perlahan

Ribka Damanik Photo Community Writer Ribka Damanik

musik, dance, menulis, dan hal-_hal berbau fun adalah penyeimbang hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You