Comscore Tracker

6 Perlakuan Bijak yang Membuat Suami Bersyukur Telah Memilihmu

Menyenangkan suami itu juga ibadah

Semua pernikahan yang bahagia dan sukses tidak datang secara instan. Perlu pengorbanan dan keikhlasan untuk menjalaninya. Jadi, nggak perlu iri ataupun membandingkan suami dengan pasangan orang, karena kita juga bisa melakukan sesuatu yang hebat untuk suami dan keharmonisan rumah tangga.

Enam perlakuan bijak seorang istri ini, bisa kamu lakukan ke suami untuk menyenangkannya. Butuh proses, tapi pelan-pelan bisa membuat pasangan lain terinspirasi, lho.

1. Hadir di dalam setiap kepenatannya

6 Perlakuan Bijak yang Membuat Suami Bersyukur Telah Memilihmuhttps://unsplash.com/@christiana

Nggak cuma kita kok yang pusing sama kerjaan di rumah. Atasan suami yang nggak berhenti menuntut, kerjaan yang bertambah terus, masalah yang datang silih berganti serta teman sekerja yang parasit, jujur bikin suami stres. Cuma satu yang diharapkan olehnya saat nanti pulang ke rumah, yaitu mendapat sambutan hangat dari dirimu dan anak-anak.

Dengarkan ceritanya, layani dengan kasih, dan empati lah terhadap kesusahannya. Kadang mereka hanya ingin dihargai sebagai laki-laki mampu dan hebat. Tunjukkan bahwa kamu bangga dengannya. Ucapkan terima kasih. Percaya deh, kepenatan suami akan lenyap perlahan-lahan karena ia yakin kamu selalu hadir di dekatnya.

2. Mengatur jadwal kencan

6 Perlakuan Bijak yang Membuat Suami Bersyukur Telah Memilihmuhttps://unsplash.com/@jonathanborba

Ingat deh, hal apa sih yang paling membahagiakanmu saat kalian pacaran dulu? Setuju nggak kalau kencan bisa membangkitkan kenangan dan ingatan kalian mengapa dulu kalian memutuskan menikah? Nah, ulang lagi kegiatan tersebut.

Nggak perlu pakai gengsi untuk memulai dan merancang kencan duluan. Ini adalah pernikahan yang melibatkan kedua pihak. Kita sebagai wanita yang hatinya lebih peka dan peduli, seharusnya bisa memantik cinta kembali yang perlahan mulai samar karena rutinitas, dengan cara mengatur kencan yang intim dan berkualitas.

3. Menjadi leher yang siap menopang kepala kapanpun

6 Perlakuan Bijak yang Membuat Suami Bersyukur Telah Memilihmuhttps://unsplash.com/@jaredsluyter

Dari segi fisik, laki-laki memang lebih kuat. Namun, urusan psikis, perempuan dipaksa untuk lebih tangguh. Seperti filosofi leher yang harus menopang kepala kapanpun, begitu juga dengan peran istri yang harus siap menopang suami di kondisi apapun. Dengan perjuangan dan kesetiaanmu mendukungnya di masa-masa sulit, harusnya suami bersyukur dan bangga punya istri yang tahan uji.

Baca Juga: Suami Harus Tahu, 5 Hal Ini Bisa Bikin Istrimu Merasa Dimengerti

4. Memahami kelemahan dan keadaannya

6 Perlakuan Bijak yang Membuat Suami Bersyukur Telah Memilihmuhttps://unsplash.com/@candice_picard

Kelemahan suami bakal benar-benar terlihat saat sudah memasuki pernikahan. Bahkan ada waktu-waktu di mana karier serta keadaan ekonomi suami sedang berada di titik terendah. Di masa-masa itulah, loyalitas sang istri diuji.

Bahkan pasangan lama yang dikenal mesra dan kamu kagumi pun, harus melewati hal yang sama sebelum naik fase ke kehidupan pernikahan lebih baik. Pilihannya hanya ada di kamu, mau menjadi bagian di masa-masa sulitnya atau hanya mau senang-senangnya saja?

5. Bersikap tunduk dan taat

6 Perlakuan Bijak yang Membuat Suami Bersyukur Telah Memilihmuhttps://unsplash.com/@freestocks

Bagaimana pun, suami adalah kepala keluarga. Sudah kewajiban kita sebagai istri untuk tunduk dan taat pada suami, walaupun sebenarnya sulit, ya. Apalagi begitu tahu kalau suami nggak sesempurna yang diekspektasikan.

Tunduk dan taat di sini bukan berarti kita manut-manut saja dan diam serta pasrah dengan semua keputusannya. Kita masih boleh kok menyampaikan keberatan kita. Kita masih boleh lho memberikan saran. Asal, semua dilakukan dengan sopan dan lembut.

Mungkin di awal-awal, suami akan tetap kukuh dengan pemikiran dan tindakannya. Tapi, laki-laki mana sih yang nggak luluh dengan kelembutan hati dan kesabaran dari seorang istri sepertimu.

6. Menjadi co-pilot di setiap keputusannya

6 Perlakuan Bijak yang Membuat Suami Bersyukur Telah Memilihmuhttps://unsplash.com/@priscilladupreez

Ada kalanya ia hanya ingin dipercaya. Mungkin diskusi kalian bukan ditujukan untuk mendapat sudut pandang yang berbeda, karena sebenarnya sebelum suami ceritakan semua persoalannya, ia sudah menelaah dan mencari tahu dari banyak sudut. Ia hanya butuh didengar dan dihargai sebelum melangkah ke perjalanan baru. Kita cukup mendukung dan mendoakannya.

Enam perlakuan bijak ini sulit dilakukan, tapi harus diaplikasikan dalam kehidupan pernikahan. Karena sejujurnya menjadi seorang istri yang bijak itu adalah kebahagiaan suami. Sudahkah kamu menjadi istri yang cakap dan berharga di mata pasangan?

Baca Juga: 6 Alasan Pernikahan Bukan Satu-satunya Sumber Kebahagiaanmu

Ribka Damanik Photo Verified Writer Ribka Damanik

musik, dance, menulis, dan hal-_hal berbau fun adalah penyeimbang hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You