Comscore Tracker

5 Tips Menemukan Pasangan buat Kamu yang Sudah Mantap Menikah

#IDNTimesLife melalui perantara teman juga bisa

Mencari jodoh tentu harus dipertimbangkan dengan serius. Mencari jodoh bukan sekadar mencari teman atau pendamping pada saat senang, namun mencapai orang yang dapat menemani saat duka, mampu rela berkorban, saling mengerti dan menghormati, serta menerima diri kita apa adanya.

Berikut ini IDN Times akan memberikan beberapa tips menemukan pasangan buat kamu yang sudah mantap menikah. Apa saja tipsnya? Yuk, simak tulisan di bawah ini!

1. Jangan terlalu sibuk dengan pekerjaanmu, pikirkan hal lain!

5 Tips Menemukan Pasangan buat Kamu yang Sudah Mantap Menikahpexels.com/Marcus Aurelius

Mencari pasangan yang sesuai dengan diri atau pilihan kita, memang gampang-gampang susah. Apalagi bagi yang banyak menghabiskan waktu untuk bekerja dan mengurusi urusan kantor.

Dalam sebuah survei global yang dilakukan perusahaan akuntan publik dan konsultan, Ernst & Young (EY), dari 9.700 orang dewasa usia 18-67, hampir setengah (46 persen) dari manajer di seluruh dunia, bekerja lebih dari 40 jam seminggu dan 40 persen mengaku jam kerja mereka terus naik.

Di masa pandemik seperti saat ini, walaupun secara global ada penurunan total jam kerja menjadi sebesar 17,3 persen, namun tren bekerja di rumah menjadi sebuah pilihan utama.  Hal tersebut tentu saja semakin membatasi gerak seseorang yang masih jomblo untuk berkenalan dan bertemu dengan orang baru secara  tatap muka.

Untuk itu, yuk pikirkan dan lakukan hal lain selain bekerja. Ini supaya jodohmu semakin dekat!

2. Perluas pertemanan dan membuka diri

5 Tips Menemukan Pasangan buat Kamu yang Sudah Mantap Menikahpexels.com/Kindel Media

Memiliki pertemanan yang luas, bukan hanya untuk menjalin silaturahmi satu sama lain atau menemani saat bosan. Pertemanan juga dapat dijadikan ajang pencarian jodoh.

Kamu bisa melakukan ini secara bertahap. Mulailah dari circle terdekat, seperti lingkungan rumah, komunitas hobi, hingga lingkungan kantor.

Gak perlu bingung mengawalinya, cobalah untuk lebih percaya diri dan membuka diri dengan lingkungan sekitarmu! Misalnya, jadi lebih ramah dan lebih ceria. Setelahnya, kamu bisa berkenalan dengan orang baru dengan tegur sapa dan membuka obrolan ringan.

3. Dijodohkan teman atau saudara

5 Tips Menemukan Pasangan buat Kamu yang Sudah Mantap Menikahpexels.com/mentatdgt

Jodoh dapat ditemukan dari mana saja, apalagi kalau kamu memiliki banyak teman atau saudara dekat. Caranya, kita juga harus terbuka dengan mereka dan gak ada salahnya meminta tolong mereka untuk mencarikan jodoh.

Ceritakan keluh kesahmu dan beri tahu kriteria seperti apa yang kamu inginkan kepada mereka. Walaupun klasik, cara ini bisa dipraktikkan, khususnya untuk kamu yang lebih percaya dengan rekomendasi pilihan dari orang-orang terdekatmu.

Baca Juga: 5 Trik Awal yang Harus Kamu Lakukan jika Ingin Perbaiki Kualitas Diri

4. Manfaatkan sosial media

5 Tips Menemukan Pasangan buat Kamu yang Sudah Mantap Menikahpexels.com/Tracy Le Blanc

Kini, semua orang sudah memiliki sosial media. Kita bisa memanfaatkan dan memaksimalkan penggunaannya untuk menemukan jodoh. Bisa jadi jodohmu adalah teman masa sekolah atau orang baru yang direferensikan teman di jejaring sosial media.

Dalam sosial media, kamu bisa melihat latar belakang, status, kegiatan, hobi, dan sesuatu yang diminati calon pasangan. Jika sudah mengetahui sebagian infonya, gak ada salahnya memulai pembicaraan dan membuka obrolan mengenai topik yang diminati.

5. Menggunakan aplikasi kencan online

5 Tips Menemukan Pasangan buat Kamu yang Sudah Mantap Menikahpexels.com/vjapratama

Dengan teknologi dan internet yang semakin maju, kamu pun bisa memanfaatkan aplikasi kencan online. Selain dapat dibuka melalui website, pengguna Android bisa mengunduh di Play Store dan pengguna Ios melalui App Store.

Pilihlah aplikasi yang memiliki ulasan baik dan aman. Misalnya, bisa mengantisipasi perilaku tak pantas atau pengguna akun palsu. Apabila cocok, bisa jadi kamu akan berlanjut ke jenjang yang lebih serius, yaitu pernikahan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Semoga kamu segera bertemu dengan jodoh impianmu!

Baca Juga: Ingat 5 Hal Ini agar Kamu Tetap Sabar Menunggu Jodoh

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya