Comscore Tracker

5 Akibat Buruk Terlalu Curiga pada Pasangan

Kurang-kurangi deh! #IDNTimesLife

Ada alasan mengapa tidak seharusnya kita berlebihan dalam mencintai seseorang, bisa saja mengubah sikap dan tindakan kita karena takut kehilangan. Protektif pada pasangan terkadang memang perlu dilakukan demi menjaga keharmonisan hubungan yang dijalani. Jika memang sikap protektif tersebut mulai ke arah yang negatif, sebaiknya juga perlu kita kurangi.

Salah satu contoh yang sering kali terjadi ialah perasaan curiga pada pasangan yang sudah melewati batas. Hal ini akan membawa kerugian pada akhirnya, adapun 5 di antaranya ialah: 

1. Akan dihantui kekhawatiran dan pikiran negatif  

5 Akibat Buruk Terlalu Curiga pada Pasanganilustrasi bicara (pixabay.com/free-photos)

Curiga pada pasangan itu boleh-boleh saja, akan tetapi sikap curiga tersebut haruslah sesuai porsinya dan tidak sebaiknya berlarut-larut. Hal ini akan membuat kita dihantui kekhawatiran hingga pikiran negatif yang merusak logika kita. Misalnya saja ketia kita selalu mencurigai pasangan yang pulang malam karena suatu pekerjaan, pikiran negatif itu justru akan membuat kita gelisah dan membuat kacau keadaan hingga memicu pertengkaran.

2. Bisa berpotensi stres jika dibiarkan berlarut  

5 Akibat Buruk Terlalu Curiga pada Pasanganilustrasi pusing (pexels.com/kellylacy

Kerugian lain yang bisa saja terjadi ketika kita terlalu curiga pada pasangan ialah bisa berpotensi stres untuk diri kita sendiri. Bermula dari pikiran negatif yang terus menghantui, hingga sikap ingin tau yang berlebihan tentang sedang apa dan dimana pasangan kita membuat rasa gelisah itu terus ada. Pikiran menjadi tidak tenang, hingga melakukan kegiatan apa pun juga serba salah. Alhasil, semua akan membuat kita stres sendiri dengan pikiran yang belum tentu benar.

3. Pasangan merasa tidak nyaman dicurigai terus menerus  

5 Akibat Buruk Terlalu Curiga pada Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/katerinaholmes)

Siapa si yang betah jika pasangan selalu curiga pada kita, rasa kecewa hingga sedih pasti selalu kita rasakan. Hal ini nampaknya bisa menjadi gambaran dan pertimbangan untuk kita supaya mengurangi kebiasaan buruk tersebut. Bisa saja jika hal tersebut dibiarkan berlarut dapat merusak hubungan lho. Hal kecil yang seharusnya bisa kita kurangi, justru membawa pengaruh besar untuk hubungan yang sedang dijalani.

Baca Juga: 5 Ciri Pasangan Sudah Tobat Setelah Selingkuh, Stop Curiga!

4. Bisa menimbulkan hubungan yang jauh dari harmonis  

5 Akibat Buruk Terlalu Curiga pada Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/tirachardkumtanom)

Bisa-bisa hubunganmu yang nantinya dijalani kurang harmonis lho guys ketika terlalu curiga pada pasangan. Alih-alih menikmati momen kebersamaan dengan pasangan penuh canda tawa, justru malah disibukan dengan drama penuh curiga yang dibuat sendiri.

Sayang banget gak sih kalo sudah begitu. Misalnya saja ketika jalan bersama kesuatu tempat, bukannya menimati suasana tempat tersebut dengan pasangan malah menghujaninya dengan banyak pertanyaan karena curiga. Duh, bikin kesel nih!

5. Akan mengurangi kebahagiaan diri dan hubungan  

5 Akibat Buruk Terlalu Curiga pada Pasanganilustrasi pasangan (pixabay.com/pixel2013)

Curiga yang berlebihan juga bisa membuat diri kita gak bahagia lho guys. Hubungan yang dijalani juga mudah sekali muncul konflik yang punya potensi mengundang pertengkaran ketika kita selalu curiga. Pikiran kita menjadi sensitif, hingga mencurigai pasangan walau pada kenyataannya tidak benar adanya. Hubungan baik pada akhirnya bisa berubah buruk seiring berjalannya waktu hingga berakhir putus. Bahaya gak tuh?.

Itulah lima kerugian yang bisa saja kita dapatkan ketika terlalu curiga pada pasangan. Yuk kita hindari!.

Baca Juga: 5 Trik Mudah Menjalani LDR Tanpa Overthinking & Curiga yang Berlebihan

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya