Comscore Tracker

5 Batasan untuk Pasangan yang Hobi Mengontrol Hidup Kita

Ngatur kita boleh, tapi jangan sampai kelewatan ya

Terkadang ketika seseorang sudah terlanjur sayang kepada pasangannya apapun pasti ia terima dengan ikhlas. Baik itu kekurangannya, sifatnya, bahkan kebiasaan jelek pasangan sudah menjadi hal yang biasa baginya. Walaupun terkadang perlakuan seseorang yang kita sayangi buat kita tidak nyaman, tetapi jika sudah terlanjur sayang biasanya akan bertahan dan memakluminya dengan catatan tidak sampai kelewat batas.

Batasan dalam suatu hubungan memang penting demi kenyamanan dan kebaikan satu sama lainnya. Misalnya saja ketika salah satu pasangan mempunyai sifat yang suka mengatur di dalam hubungan, kita harus tegas dan ada batasan tersendiri untuknya supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut 5 batasan untuk pasangan yang suka ngatur hubungan:

1. Jangan sampai ia membatasimu dengan keluarga

5 Batasan untuk Pasangan yang Hobi Mengontrol Hidup Kitaunsplash.com/priscilladupreez

Menerima segala sifat dan perangai pasangan demi sebuah hubungan yang awet memang perlu, akan tetapi jika dirasa terlalu menjurus kearah negatif kita harus tegas menghadapinya. Sebagian orang terkadang suka diatur akan tetapi baiknya ada batasan tersendiri di dalamnya, misalnya saja ketika sifatnya yang suka mengatur sudah kearah untuk membatasi hubunganmu dengan keluarga, sebisa mungkin harus bertindak tegas untuk menolaknya. Harus ada batasan yang jelas hal mana yang bisa dia atur dan hal mana yang sebaiknya tidak perlu diatur dan dilarang.

2. Masalah keuangan juga harus ada batasan yang jelas

5 Batasan untuk Pasangan yang Hobi Mengontrol Hidup KitaPixabay.com/niekverlaan

Ketika pasangan sudah mulai mengatur keuanganmu ataupun keuangan bersama sebaiknya mulailah bicarakan dengan baik-baik. Terlebih lagi ketika masih berstatus sebagai pacar, baiknya ada batasan yang tegas jika pasanganmu sudah mulai mengatur keuanganmu. Untuk pasangan yang sudah menikah, masalah keuangan sebaiknya dibicarakan bersama dan jika pasangan kita sudah mulai memperlihatkan gelagat ingin mengatur keuangan semaunya sendiri cobalah untuk memperingatkannya.

3. Tidak semestinya juga ia membatasimu berteman

5 Batasan untuk Pasangan yang Hobi Mengontrol Hidup Kitaunsplash.com/alexisrbrown

Pasangan yang suka mengatur memang terkadang baik untuk sebagian orang yang memang suka diatur. Jika pasangan sudah mulai mengatur hubungan kita dengan teman kita sebaiknya bicarakan dengan baik karena terkadang membuat kita tidak merasa nyaman dengan hal tersebut. Pasangan yang baik semestinya tidak akan mengatur kita untuk berteman dengan siapapun selagi baik untuk kita. Ketika aturan yang dia buat dalam hubungan sudah membuatmu tidak nyaman, segera bicarakan baik-baik sebelum terlanjur kamu jauh dengan teman-temanmu karena berbagai aturan dari pasangan.

Baca Juga: 5 Ciri People-Pleaser dalam Hubungan Asmara, Kamu Termasuk?

4. Pasangan juga tidak seharusnya membatasi karirmu

5 Batasan untuk Pasangan yang Hobi Mengontrol Hidup KitaUnsplash.com/austindistel

Seorang pasangan yang baik untuk kita akan selalu mendukung kita apapun langkah yang terbaik untuk diri kita. Dukungan dari pasangan dalam sebuah karier bisa saja dapat memberikan dampak positif di dalamnya. Misalnya saja pasanganmu mengatur masalah karier dengan tidak memperbolehkan kita untuk mengambil kesempatan baru walau itu baik untuk kita, ada baiknya perlu sikap tegas dalam hubungan dan keberanian menyatakan pendapatmu.

5. Ia juga tidak seharusnya membatasi hobimu

5 Batasan untuk Pasangan yang Hobi Mengontrol Hidup KitaPixabay.com/langll

Pasangan boleh saja mengaturmu dalam sebuah hubungan akan tetapi sebaiknya aturan tersebut tidak lantas membatasi hobimu. Hobi juga penting dalam kehidupan kita, apa lagi di saat kita merasakan jenuh, hobi bisa digunakan untuk menghilangkan rasa jenuh dalam diri kita. Ketika pasangan yang suka mengatur dalam hubungan secara tidak langsung membatasimu melakukan hobi itu merupakan hal yang kurang baik yang semestinya tidak terjadi.

Itulah 5 batasan untuk pasangan yang suka mengatur dalam hubungan. Batasan yang jelas untuk tidak mengatur kita dalam berhubungan dengan keluarga, teman, batasan untuk tidak mengatur keuangan kita, karier bahkan hobi. Kelimanya termasuk hak yang seharusnya pasangan paham akan hal tersebut dan tidak mudah mengatur apa lagi melarang kita.

Baca Juga: 5 Kebebasan yang Harus Diterapkan Dalam Hubungan Asmara

Rinda Ratna Photo Verified Writer Rinda Ratna

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya