Comscore Tracker

5 Cara Menyikapi Hubungan yang Tak Sepemikiran soal Keuangan 

Jangan mudah marah, ya! #IDNTimesLife

Masalah keuangan terkadang menjadi salah satu hal yang kerap jadi masalah dalam hubungan atau bahkan rumah tangga. Tidak sepemikiran dalam hal mengelola keuangan dengan pasangan sudah menjadi hal yang lumrah terjadi.

Dua orang yang berbeda disatukan menjadi satu memang butuh penyesuaian agar bisa sama-sama sejalan. Lantas langkah bijak seperti apa yang seharusnya bisa diambil ketika tidak sepemikiran dalam mengurus keuangan dengan pasangan, cek di sini.

1. Dengarkan setiap pendapatnya soal cara mengatur keuangan

5 Cara Menyikapi Hubungan yang Tak Sepemikiran soal Keuangan ilustrasi pasangan (pexels.com/johndiez)

Apapun itu perbedaan yang bisa menimbulkan suatu masalah sebaiknya bisa diselesaikan dengan baik-baik. Salah satu cara ialah dengan mendengar pendapat salah satu pihak.

Jangan mudah menghakimi, hal ini bisa kita lakukan ketika terjadi perbedaan pemikiran dengan pasangan dalam hal mengurus keuangan bersama. Kurangi egois dan dengarkan pendapat pasangan, karena pendapat kamu juga belum tentu benar jika diterapkan.

2. Utarakan juga pendapat kamu soal rencana keuangan

5 Cara Menyikapi Hubungan yang Tak Sepemikiran soal Keuangan ilustrasi uang (pexels.com/alexandermils)

Setelah proses mendengarkan pendapat pasangan tersebut, ada baiknya kamu juga bisa mengutarakan pendapat kamu soal rencana keuangan yang kamu punyai. Mintalah pasangan untuk berusaha menghormati pendapat kamu seperti apa yang ia lakukan padanya.

Dengan bersikap terbuka, akan mengurangi munculnya kesalahpahaman yang ada. Selanjutnya tinggal dicari jalan tengahnya saja.

Baca Juga: 7 Cara Survive Finansial di Masa PPKM, Cocok Buat Mahasiswa!

3. Tidak cepat menghakimi pasangan

5 Cara Menyikapi Hubungan yang Tak Sepemikiran soal Keuangan ilustrasi marah (pexels.com/alexgreen)

Sebaiknya kamu bisa jadi orang yang sedikit santai dalam menghadapi masalah dengan cara tidak gampang menghakimi pasangan. Setiap orang punya hak untuk berpendapat dan berencana. Jika hal tersebut dihalangi, rasanya tidak adil juga untuk mereka.

Perasaan marah dan kesal kerap muncul dan semakin memperburuk keadaan. Bersikap bijak dalam menyelesaikan perbedaan pendapat dalam mengatur keuangan akan membawa masalah untuk cepat diselesaikan.

4. Bisa berpikir jalan tengah yang terbaik

5 Cara Menyikapi Hubungan yang Tak Sepemikiran soal Keuangan ilustrasi bicara (pexels.com/timdouglas)

Berdiskusi berdua dalam suasana tenang dan dengan cara baik-baik sepertinya menjadi langkah bijak yang sebaiknya perlu dilakukan. Nantinya, cobalah untuk mencari jalan tengah terbaik dari kedua pendapat tersebut.

Ketika dalam posisi penyelesaian masalah yang demikian, pemikiran positif akan terus muncul dan membuka cara penyelesaian yang terbaik.

5. Bicarakan berdua dan cari kata sepakat

5 Cara Menyikapi Hubungan yang Tak Sepemikiran soal Keuangan ilustrasi bicara (pexels.com/mentatdgt)

Membicarakan berdua ketika ada perbedaan pendapat yang salah satunya soal keuangan rumah tangga menjadi langkah baik yang jangan sampai ditinggalkan. Carilah kata sepakat ketika kedua pemikiran sudah sejalan dan lebih terlihat tenang. Coba lakukan yuk kalau kamu dan pasangan punya permasalahan seperti tersebut di atas.

Menghindari sikap egois dan menang sendiri demi menyelesaikan masalah dalam suatu hubungan memang perlu dilakukan demi kata sepakat yang bisa disetujui oleh kedua belah pihak. Coba saja terapkan jika kamu dan pasangan mempunyai masalah dalam hak perbedaan pendapat dalam mengurus keuangan rumah tangga.

Baca Juga: 5 Akun YouTube Ini Bikin Kamu Melek Finansial, Biar Cerdas Kelola Dana

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya