Comscore Tracker

5 Pertimbangan Waktu yang Tepat Saat Ingin Curhat pada Sahabat

Perhatikan etika dan waktu yang tepat ya

Mempunyai seorang sahabat yang selalu bisa mendukung kita dan menjadi sandaran di waktu sedih dan susah adalah suatu anugrah bagi kita. Terkadang sahabat sudah layaknya keluarga kita sendiri bahkan lebih, bersamanya kita bisa saling berbagi suka maupun duka di dalam kehidupan.

Tidak jarang sahabat kita jadikan tempat curhat berbagai permasalahan yang sedang kita hadapi. Ia akan selalu setia menerima kita kapan pun dan dimana pun kita membutuhkannya. Walau demikian kita sebaiknya bisa mempertimbangkan waktu yang tepat ketika ingin curhat dengan sahabat, adapun 5 diantaranya ialah:

1. Saat dia sedang tidak sibuk

5 Pertimbangan Waktu yang Tepat Saat Ingin Curhat pada SahabatUnsplash.com/wocintechchat

Saat kita ingin curhat dengan sahabat kita tentang masalah yang sedang kita hadapi, sebaiknya perhatikan waktu yang tepat. Salah satu yang harus menjadi pertimbangan kita ialah waktu ketika sahabat sedang tidak sibuk.

Walau seberat apa pun permasalahan yang sedang kita hadapi, kita tetap harus punya etika yang baik ketika ingin curhat dengannya. Tanyakan dulu apakah posisnya sedang sibuk atau tidak, sehingga ia tidak merasa terganggu dengan permintaan kita untuk curhat dengannya.

2. Lihatlah dulu apa ia sedang ada masalah atau tidak

5 Pertimbangan Waktu yang Tepat Saat Ingin Curhat pada SahabatPixabay.com/Greyerbeby

Hal lain yang harus menjadi pertimbangan ketika curhat dengan sahabat ialah lihat dulu apa ia juga sedang dalam masalah atau tidak. Dengan kita memperhatikan hal tersebut, kita bisa tahu apakah permintaan kita untuk menjadikannya pendengar curhatan kita akan menambah beban dalam hidupnya atau tidak.

Bayangkan saja jika kita tiba-tiba curhat masalah kita, sementara ia juga sedang dalam keadaan punya masalah besar bukan tidak mungkin akan menambah beban dalam hidupnya.

3. Hindari jam-jam yang seharusnya untuk istirahat

5 Pertimbangan Waktu yang Tepat Saat Ingin Curhat pada SahabatPixabay/Free-Photos

Ketika kita ingin curhat dengan sahabat juga usahakan hindari jam-jam yang seharusnya untuk istirahatnya. Etika yang baik akan membuat kita dan sahabat merasa nyaman satu sama lain.

Coba bayangkan ketika kita menghubunginya malam-malam hanya untuk memintanya mendengarkan curhatan kita, sementara sahabat dalam posisi lelah dan butuh ketenangan untuk bisa istirahat di malam hari. Pasti hal-hal semacam itu akan membuatnya kesel, tidak nyaman atau bahkan bisa jadu marah kepada kita karena menggangu waktu istirahanya.

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Kamu Tidak Cocok Dijadikan Teman Curhat yang Baik

4. Sebaiknya jangan dalam posisi dia sedang capek

5 Pertimbangan Waktu yang Tepat Saat Ingin Curhat pada SahabatPixabay.com/Concord90

Meminta sahabat untuk mendengarkan curhatan kita berarti meminta kesediaan waktunya untuk kita. Selain mempertimbangkan masalah ketepatan waktu, masalah keadaan juga sebaiknya dipertimbangkan. Seperti misalnya ketika sahabat sedang merasa capek, hal tersebut bukan waktu yang tepat untuk kita curhat kepadanya. Walau bagaimana ia harusnya butuh waktu istirahat untuk memulihkan tenaganya.

5. Hindari memaksanya saat ia sedang bersama keluarga atau teman

5 Pertimbangan Waktu yang Tepat Saat Ingin Curhat pada SahabatPixabay.com/Free-Photos

Mempertimbangkan waktu yang tepat ketika meminta sahabat untuk mendengarkan curhatan kita adalah demi kenyamanan bersama. Ketika sahabat sedang menikmati waktunya bersama keluarga maupun teman-temannya yang lain sebaiknya jangan dulu memintanya ada untukmu. Ia juga butuh memanfaatkan waktunya dengan baik untuk keluarga dan temen-temannya. Hormati waktu kebersamaan mereka dengan menundanya di lain waktu.

Itulah 5 pertimbangan waktu yang tepat saat ingin cuthat dengan sahabat. Jika kita tidak bisa mempertimbangkan waktu yang tepat serta tidak bisa membaca situasi yang sedang dialami sahabat, bukan tidak mungkin ia akan merasa terganggu bahkan marah.

Baca Juga: 5 Pedoman Sebelum Curhat yang Harus Kamu Tahu, Jangan Asal Cerita!

Rinda Ratna Photo Verified Writer Rinda Ratna

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya