Comscore Tracker

6 Tanda Kamu Masih Mempertahankan Hubungan Karena Takut Pada Pacar

Coba bisa menyadarinya ya, guys! #IDNTimesLife

Hubungan percintaan memang terkadang rumit untuk dijalani jika keduanya belum sama-sama dewasa. Banyak masalah yang acap kali membuat perasaan cinta itu berkurang bahkan hilang walau sudah melalui proses pacaran yang panjang sekalipun.

Perasaan sayang dan cinta kepada pasangan perlahan berubah menjadi rasa takut ketika dalam hubungan sudah ada yang lebih dominan atau bahkan punya kebiasaan mengekang terhadap pasangan. 6 tanda berikut ini bisa jadi tanda jika kamu hanya merasa takut dengan pasangan, tidak lagi hanya sekadar cinta.

1. Kamu sering berpikir untuk pergi darinya

6 Tanda Kamu Masih Mempertahankan Hubungan Karena Takut Pada Pacarilustrasi sedih (pexels.com/masharaymers)

Menjalani suatu hubungan percintaan haruslah sama-sama bisa saling bahagia dan tidak ada salah satu yang merasa tertekan menjalaninya. Ketika kamu sering berpikir untuk pergi dari pasanganmu, bisa jadi salah satu tanda kamu takut pada pasangan.

Awalnya mungkin saling sayang satu sama lain, tapi perlahan secara tidak kamu sadari ada beberapa sikap dari pasangan yang sering kali justru membuatmu takut hingga ingin pergi darinya.

2. Memberi kabar setiap saat pada pasangan walau sedang sibuk

6 Tanda Kamu Masih Mempertahankan Hubungan Karena Takut Pada Pacarilustrasi bicara (pixabay.com/free-photos)

Hubungan yang baik ialah jika di antara keduanya bisa nyaman karena adanya suatu komitmen tetapi bisa saling membebaskan pasangannya untuk berkembang. Beda cerita ketika ada suatu kewajiban yang harus selalu dilakukan demi kepuasan salah satunya, bisa jadi muncul keterpaksaan atau bahkan ketakutan pada pasangan.

Seperti misalnya ketika kamu selalu terpaksa memberi kabar kepada pasangan di mana pun dan kapan pun berada, bukan hanya sekadar bentuk rasa cinta akan tetapi lebih menjurus pada suatu rasa takut pada pasangan.

3. Permintaan pasangan harus ia kabulkan

6 Tanda Kamu Masih Mempertahankan Hubungan Karena Takut Pada Pacarilustrasi pasangan (pexels.com/rodnaeproduction)

Tidak saling menuntut, itulah salah satu tanda jika hubungan kamu dan pasangan sudah ke taraf hubungan yang dewasa. Keduanya sama-sama saling mengerti walau tak ada paksaan dari satu dan yang lainnya.

Ketika dalam hubungan sudah ada satu pihak yang lebih dominan, suka memerintah dan pasangannya merasa harus selalu bisa mengabulkan permintaannya. Hal tersebut juga jadi salah satu tanda jika kamu hanya takut pada pasangan, coba sadari dan rasakan kembali apakah kamu benar-benar masih mencintainya atau tidak.

4. Sering mengorbankan banyak hal demi pasangan

6 Tanda Kamu Masih Mempertahankan Hubungan Karena Takut Pada Pacarilustrasi couple (pexels.com/andreapiasquadio)

Sering mengorbankan banyak hal demi pasangan bisa menjadi tanda jika kamu mengalami bucin atau karena rasa takut pada pasangan. Berkorban kepada pasangan itu baik, akan tetapi harus juga ada batasan tersendiri. Akan ada suatu bentuk perbuatan yang berlebihan ketika rasa takut itu sering kali muncul.

Misalnya saja ketika pasangan sering ngambek ketika kamu sibuk dengan pekerjaan, kamu bisa rela meninggalkan pekerjaanmu karena rasa takut akan membuat pasanganmu kecewa hingga marah.

5. Sering kali mengalah pada pasangan

6 Tanda Kamu Masih Mempertahankan Hubungan Karena Takut Pada Pacarilustrasi pasangan (pexels.com/johndiez)

Terkadang seseorang lebih memilih mengalah ketika dalam keadaan takut. Hal yang demikian ini juga akan terjadi dalam hubungan percintaan. Ketika kamu lebih memilih mengalah pada pasangan bukan hanya sebagai bentuk rasa cintamu, akan tetapi bisa saja karena kamu merasa takut padanya.

Misalnya saja ketika ada suatu keputusan dalam hubungan yang kamu sendiri merasa tidak suka akan tetapi memilih untuk mengalah hingga menerima keputusan darinya, ini bisa  juga tanda jika kamu hanya takut pada pasangan.

6. Merasa harus minta maaf walau pasangan yang salah

6 Tanda Kamu Masih Mempertahankan Hubungan Karena Takut Pada Pacarilustrasi bertengkar (pexels.com/keiraburton)

Sering kali merasa harus minta maaf walau pada kenyataannya pasangan yang salah bisa jadi tanda jika kamu hanya takut padanya. Alih-alih melakukan pembelaan, rasa takut itu justru sering kali memaksamu untuk bisa mengalah dari pasangan. Jika hal ini terus berlanjut akan merugikan dirimu sendiri. Coba lebih bisa bersikap tegas atau bisa saja kamu terjebak pada hubungan yang tidak sehat.

Beberapa tanda di atas bisa menggambarkan jika sebenarnya kamu hanya takut pada pasangan, bukan karena cinta di antara kalian. Segera sadari ya guys!

Baca Juga: 5 Tips Hubungan Awet yang Punya Pasangan Beda Negara

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya