Comscore Tracker

6 Tips Hadapi Pasangan yang Hobi Mengkritik Penampilan Kita

Jangan sampai buatmu jadi insecure ya guys 

Ketika memutuskan untuk menjalani hubungan dengan seseorang berarti harus juga bisa menerima segala kekurangan dan kelebihannya. Menerima dengan tulus setiap bentuk sifat, keadaan dan juga kebiasaannya yang mungkin sebenarnya tidak kita sukai. Dengan menerima setiap kekurangan pasangan berarti kita menghargainya dan sungguh menyayanginya. Begitu pula dengan penampilan pasangan, kita juga harus menerimanya apa adanya.

Mengenai sebuah penampilan, terkadang ada beberapa orang yang terkesan pusing memikirkan dan mengurusi penampilan pasangannya. Tidak jarang mereka biasa mengkritik penampilan pasangannya. Terkadang sebuah kritikan bisa membangun untuk ke arah yang lebih baik, akan tetapi tidak jarang juga biasa berakibat buruk yaitu kurangnya rasa percaya diri pada pasangan jika kritik tersebut terlalu sering dan bernada kasar. Adapun 6 tips untuk menghadapi pasangan yang hobi mengkritik penampilan kita adalah:

1. Bedakan kritik yang membangun dan tidak

6 Tips Hadapi Pasangan yang Hobi Mengkritik Penampilan KitaPixabay.com/ramdlon

Menghadapi pasangan yang suka memberikan kritik terhadap penampilan kita adalah dengan terlebih dulu melihat apa dan bagaimana suatu bentuk kritikan tersebut. Jika sekiranya kritikan tersebut bersifat membangun dan dengan cara baik sebaiknya terima dan tanggapi dengan baik juga. Mungkin maksud dari pasangan supaya kita lebih memperhatikan penampilan dan terlihat lebih rapi, hindari prasangka yang kurang baik. Jika kritikan terkesan menyudutkan kita cobalah untuk membicarakan baik-baik dengan pasangan.

2. Memaklumi sifatnya tersebut

6 Tips Hadapi Pasangan yang Hobi Mengkritik Penampilan KitaPixabay.com/pasja1000

Sifat dan kebiasaan suka memperhatikan dan mengkritik penampilan orang lain terkadang susah untuk diubah dan dihilangkan pada diri seseorang. Ketika pasangan kita ternyata mempunyai sifat dan kebiasaan tersebut, sebaiknya kita bisa sedikit memakluminya. Jangan mudah untuk ambil hati semua kritikan dari pasangan karena itu sudah merupakan tabiatnya. Sikap memaklumi pasangan juga seharusnya ada batasan tersendiri untuk kenyamanan kita, apabila pasangan sudah melampaui batas sebaiknya tentukan sikap yang baik.

3. Bersikap santai dan bijak menanggapinya

6 Tips Hadapi Pasangan yang Hobi Mengkritik Penampilan KitaPixabay.com/DanaTentis

Bersikap santai dan bijak ketika pasangan mempunyai hobi mengkritik penampilan kita secara tidak langsung akan menghindarkan kita dari perasaan sakit hati. Jangan mudah terbawa perasaan dalam menanggapi setiap kritikan yang ada, biasa jadi kritikan tersebut mempunyai tujuan untuk membuat kita lebih baik. Bisa dibayangkan jika setiap kritikan dari pasangan sering kita bawa perasaan bahkan sakit hati justru akan membuat hati kita sakit bahkan hubungan menjadi kurang baik.

Baca Juga: Tetap Sabar, Ini 5 Tips Menerima Kritikan Tajam di Tempat Kerja!

4. Abaikan kritik yang tidak membangun

6 Tips Hadapi Pasangan yang Hobi Mengkritik Penampilan KitaPixabay.com/PublicDomainPictures

Semua kritikan yang kita tanggapi dengan baik pasti juga bisa membawa pikiran dan hati kita tenang sehingga bisa membedakan mana kritikan yang baik dan yang kurang baik. Sebaiknya abaikan suatu kritikan dari pasangan yang tidak membangun. Ambil sisi baik dan perbaiki diri supaya kita juga dapat manfaat positif di dalamnya. Jika kita menanggapi semua kritikan tanpa memfilternya bukan tidak mungkin kita akan sering terbawa perasaan hingga sakit hati.

5. Harus bertindak tegas jika kritikan sudah terlalu sering dan bernada kasar

6 Tips Hadapi Pasangan yang Hobi Mengkritik Penampilan Kitaunsplash.com

Ketika pasangan sering memberi kritikan akan penampilan kita, kita harus bisa memilahnya. Jika kritikan tersebut sudah terlalu sering dan bernada kasar sebaiknya kita juga harus bisa menentukan sikap. Sebuah kritikan dengan nada kasar akan berdampak buruk untuk diri kita sendiri, jika tidak kita tindak tegas kemungkinan pasangan tidak menyadarinya dan bisa saja terus mengulangi hal yang sama.

6. Renungkan hubunganmu dan ambil sikap

6 Tips Hadapi Pasangan yang Hobi Mengkritik Penampilan KitaPixabay.com/ThuyHaBich

Setiap kekurangan pasangan memang sebaiknya kita maklumi, akan tetapi jika kekurangan tersebut membuat kita tidak nyaman sebaiknya renungkan dulu sebelum akhirnya kita bisa menentukan sikap yang terbaik. Sebagai contohnya ketika pasangan sudah dalam tahap yang kurang baik dalam mengkritik dan mengomentari penampilan kita, dengan kata-kata kasar misalnya. Sebaiknya renungkan hal tersebut untuk kemudian bisa menentukan sikap yang terbaik untuk keduanya.

Itulah 6 tips menghadapi pasangan yang mempunyai hobi mengkritik kita. Sesungguhnya kritik akan baik ketika membangun, akan tetapi jika tidak ada maksud di dalamnya bukan tidak mungkin akan membuat perasaan sakit hati dan buruk bagi hubungan.

Baca Juga: 5 Keuntungan yang Bisa Kamu Peroleh Saat Mendapat Kritikan

Rinda Ratna Photo Verified Writer Rinda Ratna

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya