Comscore Tracker

5 Alasan Seseorang Memilih Diam & Menutup Diri Saat Cemburu Pada Pacar

Kalau sikapmu bagaimana?

Cemburu dalam suatu hubungan percintaan merupakan suatu hal yang wajar terjadi. Adanya cemburu karena rasa cinta dan takut untuk kehilangan pasangan. Beragam tingkah ketika seseorang mengalami cemburu, tinggal bagaimana kita menyikapinya. Salah satu yang sering terjadi ketika seorang cemburu ialah memilih diam dan menutup diri. Mengapa demikian?, Yuk simak 5 alasan berikut ini:

1. Ingin pasangan lebih peka terhadap perasaannya

5 Alasan Seseorang Memilih Diam & Menutup Diri Saat Cemburu Pada PacarPexels/cottonbro

Tidak semua orang bisa mengungkapkan dengan tegas kepada pasangannya jika dirinya cemburu. Hal ini bisa terjadi karena orang tersebut menginginkan jika pasangannya bisa lebih peka terhadap perasaannya. Menyadari jika perbuatan yang ia lakukan tidak disukai bahkan membuatnya cemburu dan kecewa.

Tidak masalah hal ini terjadi, akan tetapi alangkah lebih baik jika antara keduanya mampu melakukan komunikasi dengan baik dan bisa bersikap terbuka. Bisa saja timbul kesalahpahaman dalam hubungan karena sikap cemburu yang tak diungkapkan.

2. Gengsi jika pasangan mengetahui bahwa dirinya cemburu

5 Alasan Seseorang Memilih Diam & Menutup Diri Saat Cemburu Pada PacarPexels.com/Andrea Piacquadio

Alasan lain mengapa seseorang memilih diam dan menutup diri ketika merasa cemburu pada pasangan adalah merasa gengsi jika pasangan mengetahui bahwa dirinya cemburu kepadanya. Wajar sih, karena setiap orang pasti pernah mengalaminya.

Dalam hubungan yang serius, agaknya hal ini perlu dihilangkan. Karena memilih diam tanpa adanya keterbukaan dalam hubungan yang dijalani bisa menjadi bom waktu yang suatu saat membahayakan hubungan. 

Baca Juga: 5 Hal Sepele yang Ternyata Bikin Pasanganmu Mudah Cemburu!

3. Merasa minder dan kurang percaya diri

5 Alasan Seseorang Memilih Diam & Menutup Diri Saat Cemburu Pada PacarPexels.com/Min An

Ketika seseorang memilih diam dan menutup diri ketika dirinya cemburu, bisa jadi karena ia merasa minder dan kurang percaya diri akan dirinya tersebut. Hindari hal ini, karena akan berpengaruh buruk untuk dirimu.

Misalnya saja ketika seseorang merasa cemburu kepada rekan kerja pasangannya yang lebih menarik dan pintar darinya. Menyembunyikan rasa cemburu karena merasa minder dengan kelebihan orang tersebut hanya akan membuatmu mudah berpikiran negatif. Hindari segera karena setiap orang pasti mempunyai kehidupan masing-masing.

4. Dia sedang meredam rasa cemburu dalam dirinya supaya tidak berlebihan

5 Alasan Seseorang Memilih Diam & Menutup Diri Saat Cemburu Pada PacarPexels.com/Andrea Piacquadio

Alasan lain dibalik sikap diam dan menutup diri seseorang ketika cemburu ialah dirinya sedang meredam rasa cemburu di hatinya supaya tidak berlebihan. Misalnya saja, ada yang marah hingga membentak pasangan, ada pula yang minta putus hubungan. 

Dengan keputusan diam dan menutup diri, ia sedang berdamai dengan dirinya sendiri. Hal ini secara tidak langsung akan membuat pikiran positif pada dirinya berkembang lebih baik, sehingga bisa mencegah dirinya dari tindakan untuk mengakhiri hubungan.

5. Pikirannya sedang merasa kacau dan lebih ingin melindungi dirinya

5 Alasan Seseorang Memilih Diam & Menutup Diri Saat Cemburu Pada PacarPexels.com/Pixabay

Ketika seorang yang sedang cemburu lebih ingin diam dan menutup diri, bisa saja karena alasan pikirannya sedang kacau dan untuk melindungi dirinya. Ketika dirinya terus saja memakasa ingin tahu lebih dalam alasan ia cemburu, bisa saja berakibat pikiran negatifnya terus ada hingga membuatnya lebih merasa sakit hati. Semua yang ia lakukan demi usaha supaya rasa sakit yang ia rasakan dari cemburu lebih sedikit berkurang.

Itulah 5 alasan mengapa seseorang lebih memilih diam dan menutup diri saat merasa cemburu. Cara yang lebih baik dari pada marah dan menuduh pasangan yang tidak-tidak lho!

Baca Juga: Walau Terluka, 6 Zodiak Ini Pandai Menyembunyikan Rasa Cemburu

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya