Comscore Tracker

6 Ciri Jika Hubunganmu dan Pasangan Hanya Memperhatikan Persepsi Orang

Sebaiknya perbaiki secepatnya!

Tujuan menjalani hubungan percintaan tidak lain ialah untuk membuat keduanya merasa nyaman hingga terus bahagia menjalaninya. Ketika suatu hubungan yang sedang dijalani terindikasi adanya suatu hal buruk untuk keduanya, langkah yang bisa dipilih ialah memperbaiki atau bisa saja mengakhirinya.

Hubungan yang tidak sehat sering kali membawa pengaruh buruk bagi kedua belah pihak, salah satunya ketika hubungan yang dijalani dengan pasangan hanya memperhatikan persepsi orang lain saja. Akan banyak menimbulkan kerugian di dalamnya, adapun enam ciri yang bisa menggambarkannya ialah:

1. Kemesraanmu dan pasangan gak awet, hanya jika ada orang lain saja 

6 Ciri Jika Hubunganmu dan Pasangan Hanya Memperhatikan Persepsi OrangPexels.com/Andrea Piacquadio

Ciri yang pertama ialah, adanya suatu kemesraan antara keduanya yang tidak awet. Hanya ketika ada orang lain saja, keduanya bisa saling perhatian satu sama lain. Hal ini semata-mata demi membentuk citra baik dari persepsi orang lain yang sebenarnya tidak penting.

Kebahagiaan serta kenyamanan mereka kesampingkan sejenak semata-mata karena orang disekitarnya. Jika dibiarkan terus berlarut, akan membawa kehancuran hubungan karena sering kali adanya suatu bentuk keterpakasaan.

2. Lebih memperhatikan tanggapan orang lain dari pada kebahagiaan masing-masing 

6 Ciri Jika Hubunganmu dan Pasangan Hanya Memperhatikan Persepsi OrangUnsplash.com/Helena Lopes

Kebahagiaan dalam menjalani hubungan percintaan merupakan hal yang selalu dicari semua pasangan. Ketika kebahagiaan tidak lagi penting bagi keduanya, justru mereka lebih tertarik pada tanggapan hingga penilaian orang lain atas hubungan yang sedang dijalani.

Hal itu bisa jadi salah satu tanda jika hubungan yang sedang dijalani hanya memperhatikan persepsi orang lain saja. Sadari segera dan coba cari solusi terbaik keduanya supaya tidak semakin memperburuk hubungan percintaan mereka.

3. Sering terjadi pertengkaran jika dalam posisi sedang berdua 

6 Ciri Jika Hubunganmu dan Pasangan Hanya Memperhatikan Persepsi OrangPixabay.com/Takmeomeo

Ciri lain ketika hubunganmu dan pasangan hanya memperhatikan persepsi orang ialah ketika sering terjadi adanya pertengkaran di saat berdua. Berbanding terbalik ketika ada banyak orang yang berada di sekitar kita, pandai sekali membuat semua bisa terlihat sempurna di mata mereka.

Hindari untuk selalu berpatok pada persepsi orang lain untuk hubungan yang dijalani, supaya bisa memperbaiki keadaan hingga mendapat kebahagiaan dalam hubungan.

Baca Juga: 5 Ciri Hubungan Platonik, Hubungan yang Gak Dilandasi Rasa Cinta

4. Saling bisa memendam permasalahan dalam hubungan tanpa mau menceritakannya pada orang lain

6 Ciri Jika Hubunganmu dan Pasangan Hanya Memperhatikan Persepsi OrangPixels/Andrea Piacquadio

Ketika keduanya sudah saling bisa memendam masalah dalam hubungan tanpa menceritakannya pada orang lain, bisa jadi tanda hubungan yang dijalani hanya memperhatikan persepsi orang lain saja. Sekuat apapun seseorang dalam memendam permasalahan terberat dalam hidupnya, terkadang membutuhkan orang lain juga sebagai tempat sandaran untuk bercerita dan sedikit meringankan beban hidupnya.

Menutup rapat-rapat permasalahan dalam hubungan keduanya, memang bisa saja menghindarkan kita dari citra buruk pada orang lain tapi tidak baik untuk mental dan hati kita.

5. Tanpa disadari sering kali membicarakan sisi baik hubungan pada orang lain 

6 Ciri Jika Hubunganmu dan Pasangan Hanya Memperhatikan Persepsi OrangPexels.com/ELEVATE

Pencitraan dalam hubungan yang dijalani juga menjadi salah satu tanda jika hubungan yang dijalani hanya memperhatikan persepsi orang lain saja. Memang baik ketika kita bisa menutupi kekurangan dalam hubungan, akan tetapi jika citra baik yang kita bentuk tidaklah sesuai kenyataan yang ada dilapangan justru bisa membuat dirimu terjebak dalam kebohongan yang terus menerus. Bukan suatu hal yang baik ketika kita terus saja terjebak dalam suatu kebohongan.

6. Keduanya saling punya pelarian tanpa diketahui orang banyak 

6 Ciri Jika Hubunganmu dan Pasangan Hanya Memperhatikan Persepsi OrangPixabay.com/Pexels

Hubungan yang sebenarnya tidak berjalan dengan baik tetapi dipaksakan untuk tetap bisa dijalani semata-mata demi persepsi orang lain yang selalu menganggap baik hubungan yang sedang kita jalani akan membawa banyak dampak buruk dalam hubungan.

Salah satu ciri hal tersebut adalah keduanya punya pelarian yang memang hanya mereka sendiri yang tahu. Misalnya saja salah satu darinya memilih diam-diam untuk berkonsultasi pada psikolog tentang masalah yang dihadapi.

Itulah enam ciri jika hubunganmu dengan pasangan hanya memperhatikan persepsi orang lain semata, pahami ya guys!. Jangan sampai kita larut terjebak didalamnya karena akan ada akibat buruk yang bisa saja dialami.

Baca Juga: Berhenti Melakukan 5 Hal Ini Saat Hubungan Cintamu Sudah Tak Sehat

Rinda Ratna Photo Verified Writer Rinda Ratna

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya