Comscore Tracker

Ingin Sembuh dari Luka Hati Akibat Diselingkuhi? Hindari 5 Hal Ini

Awas bisa timbul trauma!

Sakit hati pasca diselingkuhi pasangan pasti akan menjadi luka hati yang sulit untuk disembuhkan. Hal ini lantaran sebuah kepercayaan yang sudah diberikan pada pasangan dengan mudah dihancurkan begitu saja.

Ketika seseorang mengalami pahitnya diselingkuhi, hendaknya bisa segera bangkit demi masa depan yang lebih baik lagi untuknya. Jangan lakukan 5 hal berikut ini jika tidak mau membangkitkan luka hati pasca diselingkuhi.

1. Terlalu larut dalam kesedihan diri dan tidak mau terbuka pada orang lain

Ingin Sembuh dari Luka Hati Akibat Diselingkuhi? Hindari 5 Hal Iniilustrasi pusing (pexels.com/kellylacy

Salah satu hal yang bisa membangkitkan luka hati pasca diselingkuhi ialah larut dalam kesedihan diri dan tidak mau terbuka pada orang lain. Mungkin ia bisa saja move on, akan tetapi sering kali pikiran tentang kenangan pahit yang ia pendam dalam hati akan muncul sehingga bisa kembali terluka.

Kita juga butuh seseorang yang dapat kita percaya untuk menjadi tempat curhat supaya bisa sedikit meringankan beban perasaan hingga mampu mengingatkan kita akan kebiasaan yang bisa saja kembali membuka luka lama.

2. Menyalahkan hingga membenci diri sendiri

Ingin Sembuh dari Luka Hati Akibat Diselingkuhi? Hindari 5 Hal Iniilustrasi sedih (pexels.com/masharaymers)

Salah satu hal yang bisa saja membangkitkan luka hati pasca diselingkuhi ialah ketika kita selalu menyalahkan hingga membenci diri sendiri. Tidak seharusnya kita bersikap demikian, karena kita itu berharga dari apapun.

Menyesal pernah menjalin hubungan dengan seorang yang menyakiti kita tidak seharusnya membuat kita benci akan diri sendiri. Akan ada banyak kerugian, terutama bisa membuat kita terpuruk dalam luka masa lalu hingga membuat kita tidak bahagia.

3. Terus menerus punya pikiran negatif pada diri kita dan orang lain

Ingin Sembuh dari Luka Hati Akibat Diselingkuhi? Hindari 5 Hal Iniilustrasi pasangan (pexels.com/keiraburton)

Punya pemikiran negatif pada diri sendiri atau bahkan orang lain bisa saja membangkitkan diri kita dari luka lama karena diselingkuhi pasangan. Misalnya saja ketika ada seorang yang mulai mendekati kita, pikiran negatif kita akan terus menghalangi kita untuk bisa menerima kehadiran orang baru tersebut.

Seringnya berpikir jika seseorang akan dengan mudah melukainya kembali. Hal ini membuat dirinya terus dibayang-bayangi rasa sakit hati yang terus menerus.

Baca Juga: 5 Hikmah ketika Kamu Memilih Bercerai Pasca Diselingkuhi Berkali-kali

4. Susah move on dan sering mengingat kenangan pahit yang terdahulu

Ingin Sembuh dari Luka Hati Akibat Diselingkuhi? Hindari 5 Hal IniIlustrasi bicara (pexels.com/cliffbooth)

Salah satu hal yang bisa saja membangkitkan kita dari luka hati akibat diselingkuhi adalah susah untuk bisa move on dan seringkali mengingat kenangan pahit masa lalunya. Tidak semestinya hal ini terjadi karena kita juga harus bisa memandang masa depan dengan lebih baik lagi demi kebahagiaan diri kita.

Cukuplah kenangan pahit itu kita jadikan pelajaran berharga yang akan menambah kewaspadaan pada diri kita sendiri sehingga bisa cepat mendapat kebahagiaan.

5. Menerima kembali mantan yang selingkuh saat sudah berhasil move on

Ingin Sembuh dari Luka Hati Akibat Diselingkuhi? Hindari 5 Hal Iniilustrasi pasangan (pexels.com/losmuertoscrew)

Sebisa mungkin kita pikirkan kembali jika memang ingin balikan dengan mantan yang selingkuh. Karena bisa saja membuat luka lama kita kembali kita rasakan setelah berhasil move on. Ada rasa ketakutan tersendiri jika pada akhirnya kita kembali menelan pil pahit karena sakitnya diselingkuhi.

Cukup dengan satu kali kita merasakan yang namanya kesedihan karena kita patut bahagia dengan orang yang tulus mencintai dan ingin membahagiakan kita.

Itulah 5 hal yang sebaiknya dijauhi jika tidak ingin membangkitkan luka lama pasca diselingkuhi. Hindari ya guys, supaya hidup kita lebih bahagia lagi tanpa bayang-bayang masa lalu yang pahit.

Baca Juga: 5 Upaya Membangun Kepercayaan Lagi Setelah Diselingkuhi Pacar

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya