Comscore Tracker

6 Ketakutan di Awal Hubungan Pernikahan yang Sebaiknya Kamu Hindari 

Jangan sampai merusak kebahagiaan dalam pernikahan lho!

Menikah merupakan tujuan utama bagi sebagian besar pasangan yang mempunyai komitmen untuk bersama. Tidak mudah memang untuk menyatukan dua pribadi yang berbeda dalam suatu ikatan pernikahan, terlebih lagi ketika masa pacaran bisa dibilang singkat. Hal tersebut tidak seharusnya membuat kita takut untuk memulai suatu hubungan pernikahan.

Perlu adaptasi ketika memang berada pada awal hubungan pernikahan. Tidak jarang ada suatu ketakutan tersendiri yang justru bisa memperburuk keadaan. Cobalah untuk bisa menghindari 6 ketakutan di awal pernikahan seperti berikut ini supaya tidak merusak hubunganmu dengan pasangan.

1. Takut kariernya terganggu

6 Ketakutan di Awal Hubungan Pernikahan yang Sebaiknya Kamu Hindari Pixabay.com/JESHOOTS-com

Ketika memutuskan untuk menikah, ada baiknya perlu pembicaraan terlebih dahulu mengenai semua hal yang bisa saja menjadi masalah dalam pernikahan. Salah satunya mengenai karier, jangan sampai ada kesalahpahaman yang bisa saja menimbulkan masalah.

Cobalah bisa membicarakan lebih awal pada pasangan sebelum menikah. Ambil keputusan terbaik untuk keduanya sehingga tidak ada ketakutan untuk menjalani karier dalam pernikahan.

2. Merasa takut tidak leluasa berteman 

6 Ketakutan di Awal Hubungan Pernikahan yang Sebaiknya Kamu Hindari Pixels.com/Ba Phi

Seperti halnya soal karier, perlu adanya pembicaraan dengan pasangan mengenai pertemananmu. Walau kelihatannya merupakan suatu hal yang biasa saja, akan tetapi jika tidak dibicarakan sejak awal akan timbul ketakutan tersendiri.

Takut jika pasangan akan membatasi pertemanan kita atau takut jika pasangan merasa kecewa akan kebiasaan kita yang masih terlalu bebas bergaul sesuka hati.

Baca Juga: 5 Alasan Memilih Menikah Saat Kamu Ada Masalah Hidup Itu Bukan Solusi

3. Takut tidak bisa membahagiakan pasangan

6 Ketakutan di Awal Hubungan Pernikahan yang Sebaiknya Kamu Hindari Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Perasaan cinta dan sayang yang sangat besar pada pasangan terkadang membuat setiap orang ingin selalu membahagiakan pasangan, tidak jarang ada yang merasa takut jika semua usaha yang ia lakukan belum bisa membahagiakan pasangannya.

Hal ini juga terkadang dialami oleh mereka yang baru menikah. Rasa tanggung jawab yang besar atas pasangan setelah sah menjadi suami istri membuat adanya tuntutan dalam diri untuk bisa saling membahagiakan pasangan.

4. Takut untuk tinggal bersama keluarga pasangan setelah menikah

6 Ketakutan di Awal Hubungan Pernikahan yang Sebaiknya Kamu Hindari Freepik.com/freepik

Perlu adaptasi pada awal hubungan pernikahan merupakan suatu hal yang tidak dapat dimungkiri. Akan ada banyak hal baru yang salah satunya ialah mempunyai keluarga baru dari pasangan.

Terkadang muncul perasaan takut ketika ingin tinggal bersama keluarga pasangan setelah menikah. Hal ini sebaiknya dihindari, karena mau sampai kapan rasa takut itu terus ada. Pada kenyataannya banyak juga orang yang justru bisa akrab dengan keluarga pasangan.

5. Selalu merasa gelisah dan takut tidak segera punya anak 

6 Ketakutan di Awal Hubungan Pernikahan yang Sebaiknya Kamu Hindari Pixabay.com/sasint

Salah saru ketakutan di awal pernikahan yang seharusnya patut untuk dihindari ialah selalu merasa gelisah dan takut tidak segera punya anak. Hal ini perlu dibicarakan baik-baik dengan pasangan, jangan lantas di pendam sendiri.

Jangan sampai ketakutan yang ada justru bisa membuat dirimu mengalami stres yang bisa mengganggu kesehatanmu sendiri atau bahkan usaha menuju kehamilan yang sedang dinantikan.

6. Merasa takut tidak bisa jadi orangtua yang baik

6 Ketakutan di Awal Hubungan Pernikahan yang Sebaiknya Kamu Hindari Instagram.com/kimbabfamily.official

Menjadi orangtua baru memang terkadang sering kali membuat sebagian pasangan muda merasa takut jika tidak bisa jadi orang tua yang baik untuk anaknya. Takut tidak bisa memenuhi semua kebutuhannya hingga, takut tidak pandai dalam mengurus anak dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ketakutan itu memang umum terjadi, tapi sebaiknya lebih bisa fokus pada anak akan membuat kita cepat belajar sebagai orang tua yang jauh lebih baik lagi.

Itulah 6 ketakutan di awal pernikahan yang sebaiknya bisa dihindari. Percayalah jika kamu bisa membuang rasa ketakutan tersebut, akan ada dampak positif yang membuat hubungan pernikahanmu semakin dewasa.

Baca Juga: 5 Sinyal Ini Buktikan Bahwa Pasangan Enggan Menikah Dalam Waktu Dekat

Rinda Ratna Photo Verified Writer Rinda Ratna

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya