Comscore Tracker

6 Langkah Bijak Ketika Kamu Tiba-tiba Diputusin Sepihak!

Gak perlu pakai emosi kok!

Putus cinta terkadang menjadi ketakutan tersendiri bagi sebagian orang, tidak jarang sebagian yang mengalaminya bisa merasakan sakit hati mendalam hingga berujung dendam. Terlebih lagi ketika sakit hati karena diputusin pacar secara sepihak. Ada rasa kecewa, marah hingga sedih yang bahkan bisa saja berujung dendam. Sebaiknya hindari rasa dendam tersebut karena dapat merugikan diri kita sendiri.

Ketika menghadapi kenyataan jika kita tiba-tiba diputusin pacar secara sepihak, hendaknya tidak lantas membuat kita merasa dendam terhadapnya. Sebaiknya kita perlu melakukan langkah bijak yang tidak saja baik untuk kita, tapi untuk mantan pasangan kita. Adapun 6 langkah bijak tersebut di antaranya:

1. Tetap tenang dan jaga sikapmu 

6 Langkah Bijak Ketika Kamu Tiba-tiba Diputusin Sepihak!Pexels.com/Vera Arsic

Langkah awal yang sebaiknya kamu lakukan ketika diputusin pacar secara tiba-tiba adalah dengan bersikap tenang dan bisa menjaga sikapmu. Tidak hanya bisa menjaga gengsi karena diputusin duluan oleh pasangan, akan tetapi bisa membuatmu terus berpikir jernih tentang langkah apa saja yang semestinya diambil.

Mampu berpikir positif akan keadaan yang sedang terjadi akan membuatmu terlihat elegan di mata pasangan hingga terlihat dewasa dalam bersikap.

2. Tanyakan pada pasangan tentang alasannya 

6 Langkah Bijak Ketika Kamu Tiba-tiba Diputusin Sepihak!Pexels.com/cottobro

Coba bisa menanyakan pada pasangan tentang alasan mengapa ia memelih untuk secara tiba-tiba memutuskan hubungan percintaan yang selama ini terjalin. Hal ini semata-mata supaya tidak timbul persepsi yang macam-macam pada diri kita tanpa ujung yang akan membawa kerugian tersendiri.

Jika memang alasan yang ia berikan masuk akal atau demi kebahagiaan dirinya, kita bisa memikirkannya dengan matang. Akan tetapi jika memang ada yang aneh, kita patut mencurigainya.

3. Tentukan pilihan apakah kamu masih perlu memperjuangkannya atau tidak 

6 Langkah Bijak Ketika Kamu Tiba-tiba Diputusin Sepihak!Pexels.com/Polina Zimmerman

Setelah kamu mengetahui alasannya, cobalah untuk bisa menentukan pilihan, apakah perlu untuk memperjuangkannya atau tidak. Jika memang kamu menyetujui permintaan pasangan yang memilih putus, coba bisa ikhlas menerimanya.

Jika memang kamu masih ingin memperjuangkannya, cobalah bisa memgambil langkah bijak lainnya demi mempertahankan hubungan. Walau pada kenyataannya berjuang sendiri itu berat dan perlu perjuamgkam keras.

Baca Juga: 5 Hikmah dari Putus Cinta Berkali-kali, Jangan Putus Asa!

4. Hargai keputusannya dan jangan simpan dendam jika kamu memilih pergi 

6 Langkah Bijak Ketika Kamu Tiba-tiba Diputusin Sepihak!Pixabay.com/gracinistudios

Walau kecewa dan sedih, hendaknya kita bisa menghargai keputusan dan sebisa mungkin hindari diri kita dari rasa dendam ketika pasangan kita tiba-tiba memutuskan hubungan secara sepihak.

Percuma saja jika kita emosi atau bahkan bertindak brutal, karena justru akan memperburuk kehidupan kita sendiri. Akan ada hubungan yang hanya didominasi satu orang saja jika memang akan dilanjutkan, dan itu tidak akan membuat bahagia bagi keduanya.

5. Ucapkan terimakasih, maaf hingga selipkan doa yang terbaik untuknya 

6 Langkah Bijak Ketika Kamu Tiba-tiba Diputusin Sepihak!Pixabay.com/Mircaelancu

Setelah mencoba ikhlas menerima keputusannya, cobalah untuk bisa mengucapkan rasa terimakasih, maaf hingga bisa menyelipkan doa. Terimakasih atas momen kebersamaan yang sempat terjadi, maaf jika memang diri kita ada salah hingga doa untuk kebaikannya.

Bukan merendahkan kita, akan tetapi sebagai tanda jika hubungan sudah benar-benar berakhir. Tidak ada rasa saling mengharap dan juga penasaran satu sama lain akan membuat kita bisa cepat move on darinya.

6. Siapkan diri untuk move on, karena kamu berhak bahagia tanpa dirinya 

6 Langkah Bijak Ketika Kamu Tiba-tiba Diputusin Sepihak!Pixabay.com/Chuotanhls

Langkah terakhir yang bisa kita lakukan ialah mempersiapkan diri untuk bisa move on. Bisa dengan introspeksi diri dulu atau bisa dengan memanjakan diri dulu. Mengerti apa saja kekurangan kita hingga memahami apa yang sebenarnya kita inginkan.

Walau kita jadi pihak yang diputuskan, bukan berarti kita tidak berhak bahagia. Sebaliknya, kita berharga dan pantas mendapatkan pengganti yang jauh lebih baik lagi kedepannya.

Itulah 6 langkah bijak ketika kamu tiba-tiba diputusin pasangan secara sepihak. Jangan terus berlarut dalam kesedihan hingga membuatmu terpuruk dan hancur.

Baca Juga: Gak Tega Mutusin, Tapi 4 Zodiak Cewek ini Paling Sering Diputusin

Rinda Ratna Photo Verified Writer Rinda Ratna

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya