Comscore Tracker

5 Bahaya Jika Kamu Terus Mengesampingkan Keinginanmu demi Pasangan

Jangan bucin banget lho guys!
Menjalani hubungan dengan pasangan hendaknya ada kenyamanan yang dirasakan bersama. Walau terkadang ada suatu pengorbanan yang kerap dilakukan demi mengungkapkan rasa cinta, agaknya yang dilakukan haruslah sesuai tempat dan porsinya.
 
Perhatian hingga kerap menuruti keinginan pasangan itu boleh-boleh saja, akan tetapi tidak semestinya juga mengesampingkan keinginan kita sendiri. Hal ini lantaran ada beberapa hal yang bisa menimbulkan efek buruk bagi diri kita dan hubungan. Ingin tahu seperti apa?, Yuk kita lihat penjelasan berikut ini.

1. Bisa berujung pada toxic relationship

5 Bahaya Jika Kamu Terus Mengesampingkan Keinginanmu demi PasanganPixels.com/@thiszun
Mungkin niat awal ketika selalu menuruti apa yang pasangan inginkan hingga mengesampingkan keinginan kita itu hanya sekadar menunjukkan rasa cinta yang begitu besar untuk pasangan. Akan tetapi jika hal ini terus dilakukan justru kurang baik bagi keduanya.
 
Walau tidak semua pasangan mengalami, terkadang ada beberapa kasus yang memang berujung toxic dalam hubungan. Pada dasarnya kita tidak tahu seberapa tulus pasangan kita. Bayangkan jika kita terus berkorban dengan selalu mengesampingkan keinginan kita demi pasangan sementara pasangan justru memanfaatkannya. Duh bahaya banget gak si.

2. Akan timbul kebahagiaan palsu karena seringnya membohongi diri sendiri

5 Bahaya Jika Kamu Terus Mengesampingkan Keinginanmu demi PasanganPexels.com/Trinity Kubassek
Bahaya lain ketika kita terus mengesampingkan keinginan kita demi pasangan ialah akan timbul kebahagiaan palsu pada diri sendiri. Secara tidak sadar kita mencoba nyaman dengan apa yang pasangan senangi, tapi pada kenyataannya kita sendiri tak sadar membohongi diri sendiri.
 
Misalnya saja ketika kita tidak biasa pergi jalan-jalan sampai larut malam sementara kita mengikuti pasangan dan mengesampingkan keinginan kita yang sebenarnya. Bukan tidak mungkin kita tampak bahagia sementara hati kita tidak. Mending jujur kan guys?.

Baca Juga: Bucin Parah, 6 Zodiak yang Berkorban Terlalu Banyak Demi Pasangan 

3. Pasangan jadi kurang peka, bahkan bisa mendominasi hubungan

5 Bahaya Jika Kamu Terus Mengesampingkan Keinginanmu demi PasanganPexels.com/Andrea Piacquadio
Ada akibat kurang baik lainnya yang memang akan timbul ketika kita terus mengesampingkan keinginan kita demi pasangan. Salah satu yang mungkin terjadi ialah menjadikan pasangan kurang peka hingga bisa mendominasi dalam hubungan.
 
Hal yang demikian terjadi lantaran pasangan akan merasa jika kita selalu nurut hingga pada akhirnya dirinya lebih sering memberi aturan atau bahkan banyak permintaan. Secara tidak sadar ketika terus berlanjut, pada ujungnya pasangan akan lebih dominan dalam hubungan.

4. Timbul ketergantungan pada pasangan hingga susah berkembang

5 Bahaya Jika Kamu Terus Mengesampingkan Keinginanmu demi PasanganPexels.com/Ketut Subiyanto
Akibat buruk lain jika kita terkesan gak punya pendirian hingga mengesampingkan keinginan kita demi pasangan adalah akan timbul ketergantungan pada pasangan hingga pada akhirnya susah untuk berkembang.
 
Misalnya saja ketika ada saat di mana masalah keuangan ditentukan sepenuhnya oleh pasangan, akan ada keterbatasan dalam menentukan sesuatu hal yang berhubungan dengan pengeluaran bukan.

5. Jika berlanjut, hubungan akan terasa hambar

5 Bahaya Jika Kamu Terus Mengesampingkan Keinginanmu demi PasanganPexels.com/@thiszun
Terkadang perbedaan pendapat hingga saling keras mempertahankan pendapat masing-masing menjadi salah satu bumbu hubungan yang menghindarkan dari rasa bosan. 
 
Jika yang terjadi justru seseorang itu selalu menuruti apa yang pasangan mau dan mengesampingkan keinginannya, bukan tidak mungkin hubungan akan terasa hambar dan membosankan.
 
Ada saatnya kita menuruti apa yang pasangan inginkan, ada saatnya pula kita juga perlu mempertahankan apa yang menjadi pendapat dan keinginan kita. Semoga semua bisa berjalan seimbang ya guys!

Baca Juga: 5 Alasan yang Bikin Seseorang Rela Berubah Banyak Demi Pasangan

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya