Comscore Tracker

6 Tips Beradaptasi dengan Status Baru Sebagai Jomlo, Gak Usah Malu! 

Jadi jomlo bukan hal yang buruk kok!

Putus cinta dalam suatu hubungan percintaan merupakan suatu hal yang wajar terjadi, banyak juga yang mengalaminya kok. Sendiri dan menjadi seorang jomlo tidak semestinya membuat kita terus larut dalam kesedihan, harus ada ujung yang bahagia di setiap proses yang dijalani.

Terkadang, berat untuk bisa beradaptasi dengan status jomlo yang kita miliki setelah kita baru putus cinta. Perlu juga adaptasi dengan keadaan yang ada supaya tidak menjadikan kita terus saja terpuruk karenanya.

1. Tak perlu buru-buru move on, tapi lakukan langkah kecil untuk bisa memahami diri kita

6 Tips Beradaptasi dengan Status Baru Sebagai Jomlo, Gak Usah Malu! Pixabay.com/JillWellington

Baru menyandang status jomlo? Ada baiknya tak perlu buru-buru untuk bisa move on dari mantan pasangan kita. Coba bisa bertahap dengan melakukan langkah kecil dulu untuk bisa memahami diri kita. Seperti misalkan mencoba merenung dan introspeksi diri serta bisa berupaya memperbaikinya demi bisa menjadi orang yang jauh lebih berkualitas dari sebelumnya. Bisa juga memanfaatkan waktu untuk lebih memanjakan diri menikmati kesendirian. Intinya fokus dulu dengan diri kita sendiri sebelum melangkah lebih jauh lagi.

2. Mulai bisa lebih mandiri dan gak gampang bergantung 

6 Tips Beradaptasi dengan Status Baru Sebagai Jomlo, Gak Usah Malu! Pixabay.com/JESHOOTS-com

Punya pasangan terkadang membuat kita menjadi sosok yang manja, yang sering kali bergantung pada pasangan kita. Mulailah untuk bisa jadi pribadi yang lebih mandiri lagi ketika kita memang harus beradaptasi menjadi seorang jomlo.

Misalkan saja ketika kebiasaan kita yang seringkali di antar jemput pasangan. Setelah putus dan mempunyai status baru sebagai jomlo, sebisa mungkin harus mandiri dengan pergi ke mana-mana sendiri dan tak bergantung lagi dengan pasangan.

3. Terbuka, dan gak malu untuk mengakui status jomlo pada orang-orang terdekat

6 Tips Beradaptasi dengan Status Baru Sebagai Jomlo, Gak Usah Malu! Pixabay.com/gornostai_nastya

Bukan sesuatu yang mudah ketika mempunyai status baru sebagai jomlo pasca putus cinta, hal tersebut bukan pula suatu aib yang memalukan kok. Cobalah untuk bisa terbuka dan mudah mengakui status jomlo yang disandang kepada orang-orang terdekat.

Hal ini sebagai langkah mudah untuk bisa beradaptasi dengan status barumu tersebut. Orang terdekatmu akan paham hingga mengerti dan bisa lebih memperhatikan setiap bentuk tindakan mereka supaya tidak membuatmu larut dalam kesedihan pasca menjomlo.

Baca Juga: Bukan Cuma Doa Dapat Jodoh, Tapi Siapkan 5 Hal Ini Saat Masih Jomlo

4. Persiapkan dirimu untuk bisa produktif dan lebih berkembang 

6 Tips Beradaptasi dengan Status Baru Sebagai Jomlo, Gak Usah Malu! Pixabay.com/expresswriters

Baru menyandang status jomlo bukanlah menjadi alasan untuk tidak bisa produktif dan berkembang. Coba bisa beradaptasi dengan mempersiapkan dirimu lebih aktif lagi dalam bekerja, pencapaian karier atau bahkan pendidikan.

Menyibukkan diri sendiri dengan status jomlo akan membuatmu sering lupa dengan namanya kesepian, manfaat lainnya juga bisa saja membuatmu menjadi seorang jomlo yang berkualitas.

5. Coba lebih dekat lagi dengan keluarga dan sahabat 

6 Tips Beradaptasi dengan Status Baru Sebagai Jomlo, Gak Usah Malu! Pixabay.com/Free_Photos

Salah satu yang juga langkah mudah untuk bisa beradaptasi dengan status jomlo adalah dengan bisa lebih dekat dengan keluarga dan sahabat. Mereka tempat terbaik kita untuk bersandar atau bahkan memalingkan perhatian kita akan rasanya kesepian.

Langkah yang cukup simpel dan juga penting sekali dilakukan. Bayangkan saja ketika kita terus saja terpuruk karena keadaan sendiri, betapa stress dan tertekannya diri kita.

6. Persiapkan mental agar tidak mudah baper dan sensitif 

6 Tips Beradaptasi dengan Status Baru Sebagai Jomlo, Gak Usah Malu! Pixabay.com/Chuotanhls

Beradaptasi dengan status baru sebagai jomlo, salah satunya dengan lebih bisa mempersiapkan mental supaya tidak mudah baper dan sensitif. Hal ini berkaitan sekali dengan keadaan di mana pasti banyak tanggapan orang-orang sekitar kita akan status baru pada diri kita. Mereka mulai ingin tahu dan penasaran dengan alasan kita putus atau bahkan masalah pengganti. Dengan mempersiapkan mental, kita akan bisa lebih santai menanggapinya.

Itulah 6 tips bisa beradaptasi dengan status baru sebagai seorang jomlo. Selamat mencoba! Ingat, jomlo bukanlah sebuah aib kok.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Masih Jomlo Sampai Sekarang, Yuk Cari Tahu! 

Rinda Ratna Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya