Comscore Tracker

Masih Jomblo? 5 Tanda Sebenarnya Kamu Takut Memulai Pacaran

Bukan karena gak ada yang naksir lho #IDNTimesLife

Setiap orang punya alasan tersendiri ketika memilih untuk sendiri dan menjadi jomblo. Ada yang merasa nyaman dan asyik menikmati hidupnya sendiri, karena belum ada orang yang cocok atau bahkan karena belum ada yang naksir. 

Terkadang, ada juga yang memilih menjadi seorang jomblo karena takut gagal saat pacaran. Adapun lima tanda yang bisa menggambarkan hal tersebut, berikut di antaranya.

1. Memilih menutup diri dan merasa tidak nyaman kenal dengan orang baru

Masih Jomblo? 5 Tanda Sebenarnya Kamu Takut Memulai Pacaranilustrasi melamun (pexels.com/thirdman)

Ketika seseorang memilih jomblo hanya karena takut gagal saat pacaran merupakan suatu hal yang wajar terjadi. Pemikiran yang berbeda ini bisa saja dialami oleh sebagian orang karena kebiasaan atau juga masa lalu darinya yang mempengaruhi keputusannya.

Salah satu yang menjadi tanda jika seseorang tersebut memilih jomblo hanya karena takut gagal saat pacaran ialah memilih menutup diri dan merasa tidak nyaman kenal dengan orang baru. Hal ini lantaran rasa takut dalam dirinya yang membuatnya takut dengan sesuatu hal yang baru yang menyangkut hati dan perasaannya.

2. Punya trauma hubungan di masa lalu

Masih Jomblo? 5 Tanda Sebenarnya Kamu Takut Memulai Pacaranilustrasi pusing (pexels.com/kellylacy

Hal lainnya yang bisa menjadi tanda jika seseorang memilih jomblo hanya karena takut gagal saat pacaran adalah dirinya punya trauma di masa lalu. Ketakutan yang berlebih sebagai perlindungan diri darinya supaya tidak mengalami kegagalan hubungan lagi, hanya saja caranya yang berbeda dengan memilih jomblo.

Walau mungkin sebenarnya ia ingin untuk bisa berpacaran, akan terapi rasa takut gagal pacaran kembali membuatnya lebih memilih jomblo.

Baca Juga: 5 Alasan Pria Memilih Hidup Sendiri Tanpa Pasangan Mendampingi

3. Tidak tertarik membahas tentang pacaran

Masih Jomblo? 5 Tanda Sebenarnya Kamu Takut Memulai PacaranIlustrasi bicara (pexels.com/cliffbooth)

Ketika seseorang tidak tertarik saat membahas soal pacaran, bisa saja dirinya hanya ingin jomblo dengan segala alasannya. Salah satunya karena takut mengalami kegagalan saat pacaran.

Kegagalan yang bisa saja melukai hati dan pikirannya hingga bisa saja trauma. Hindari berpikir buruk sebelum kita menjalaninya, karena bisa saja prasangka buruk tersebut akan membuat kita terus dalam kesendirian.

4. Sering menolak saran dari orang lain untuk pacaran

Masih Jomblo? 5 Tanda Sebenarnya Kamu Takut Memulai Pacaranilustrasi bicara (pexels.com/polinazimmerman)

Tanda lain jika seseorang memilih dirinya menjadi jomblo karena takut gagal ketika pacaran ialah seringkali menolak saran dari orang lain untuk memulai membuka hati dan pacaran.

Baginya hal tersebut membuatnya merasa nyaman karena bisa mengurangi perasaan takut gagal tersebut. Jangan dibiarkan berlarut, karena pada dasarnya setiap orang pasti butuh pasangan untuk melengkapi hidupnya.

5. Punya cara asyik menikmati kesendiriannya

Masih Jomblo? 5 Tanda Sebenarnya Kamu Takut Memulai Pacaranilustrasi berlibur (pixabay.com/jillwellington)

Orang yang memilih jomblo karena takut jika dirinya gagal ketika menjalani pacaran biasanya punya cara tersendiri untuk membuatnya asyik menikmati status jomlo tersebut. Baik punya waktu lebih untuk keluarga, sahabat akan membuatnya nyaman.

Dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan selama jomblo, diharapkan ia mampu mengobati sedikit rasa takut ketika keinginan untuk pacaran itu ada.

Itulah lima tanda jika seseorang memilih jomblo hanya karena dirinya takut gagal ketika punya pacar. Pahami ya, Guys!

Baca Juga: 6 Rahasia Sukses Pacaran dengan Orang yang Cuek

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya