Comscore Tracker

7 Tips Mempertahankan Kemesraan dengan Pasangan Setelah Punya Anak

Bikin hubungan makin awet, lho!

Anak adalah anugerah terindah dalam hidup kita sebagai orang tua. Ada kebahagiaan tersendiri ketika pasangan yang sedah menikah pada akhirnya dikaruniai anak. Bahkan tidak jarang semua perhatian keduanya ditumpahkan untuk anak tercinta.

Walau demikian, sebaiknya tak lantas menjadi alasan untuk mengesampingkan hal lain. Seperti misalnya kemesraan dengan pasangan, sebaiknya kita bisa tetap mempertahankannya. Adapun beberapa tips di antaranya.

1. Jangan mengesampingkan kewajiban

7 Tips Mempertahankan Kemesraan dengan Pasangan Setelah Punya AnakPexels.com/Andrea Piacquadio

Ada banyak contoh di mana setelah punya anak, semua perhatian orangtua tercurah pada anak hingga keduanya lupa akan kewajiban masing-masing. Hal ini bisa mengurangi kadar kemesraan keduanya lho, ada baiknya kita hindari.

Dalam hal perhatian dengan pasangan contohnya, walau jarang disadari nampaknya hal ini sering dilakukan. Misalnya, bagi tugas secara adil. Merawat anak adalah kewajiban berdua, jadi jangan hanya melimpahkannya kepada istri, namun suami juga harus ikut ambil peran.

2. Saling bisa pengertian satu sama lain

7 Tips Mempertahankan Kemesraan dengan Pasangan Setelah Punya AnakPexels.com/Victoria Borodinova

Saling bisa pengertian satu sama lain dengan pasangan menjadi kebiasaan baik yang harusnya tidak hilang walau sudah lama menikah hingga mempunyai anak. Hal ini juga bisa mempengaruhi keharmonisan dalam rumah tangga.

Ketika sudah punya anak, sikap saling pengertian sebaiknya perlu ditingkatkan. Misalnya saja ketika suami mengerti betul ketika istrinya merasa lelah seharian mengurus anak. Atau ketika suami pulang larut malam demi bekerja menghidupi anak dan istri, hingga hal kecil lainnya.

3. Sempatkan waktu untuk ngobrol berdua sebelum tidur

7 Tips Mempertahankan Kemesraan dengan Pasangan Setelah Punya AnakFreepik.com/yanalya

Mempertahankan kemesraan dengan pasangan itu perlu, walau sudah dikaruniai buah hati sekalipun. Hal ini sebagai langkah menjaga hubungan tetap harmonis. Tak perlu sesuatu yang mahal, cukup dengan kebiasaan kecil dengan ngobrol berdua bersama pasangan sudah cukup.

Walau terkesan sepele, kita sebaiknya tak mengesampingkan kebiasaan ini. Keduanya bisa saling berbagi keluh kesah bersama, saling bisa terbuka, atau bisa saja berbicara berdua akan rencana masa depan yang lebih baik lagi.

4. Sesekali lakukan kebiasaan lama saat masih berpacaran

7 Tips Mempertahankan Kemesraan dengan Pasangan Setelah Punya AnakPexels.com/MHA

Kebiasaan berdua dengan pasangan di waktu pacaran pasti akan menjadi kenangan indah bagi keduanya setelah menikah. Walau sudah lama, ada baiknya sesekali kita lakukan kebiasaan tersebut demi menjaga kemesraan dengan pasangan setelah mempunyai anak.

Hal kecil saja misalnya dengan makan malam berdua di tempat yang biasa dikunjungi sewaktu masih berpacaran. Sesekali mengenang momen indah bersama pasangan supaya semakin menumbuhkan rasa cinta dan memiliki satu sama lainnya.

Baca Juga: 5 Ide Kencan Unik, Tetap Mesra dan Romantis saat Pandemik 

5. Punya jadwal rutin untuk berhubungan intim

7 Tips Mempertahankan Kemesraan dengan Pasangan Setelah Punya Anakunsplash.com/Nathan Dumlao

Ketika sudah jadi suami istri, ada kebahagiaan tersendiri ketika keduanya bisa menikmati waktu saat berhubungan intim. Jangan mulai membatasi diri dengan alasan lelah seharian mengurus anak atau lelah bekerja, semua dilakukan supaya tetap bisa menjaga keharmonisan dalam hubungan.

Mempunyai jadwal rutin untuk berhubungan intim setelah mempunyai anak agaknya perlu dilakukan. Penting untuk keduanya merasa bahagia setelahnya sehingga kemesraan tetap selalu bisa terjaga.

6. Penting selalu untuk menjaga kepercayaan dan komunikasi

7 Tips Mempertahankan Kemesraan dengan Pasangan Setelah Punya AnakPexels.com/Elly Fairytale

Kepercayaan dan komunikasi yang baik sudah semestinya dijaga oleh semua pasangan. Hal ini menjadi modal utama untuk keduanya saling bisa harmonis hingga mesra satu sama lain. Hal yang sama juga masih perlu dilakukan saat keduanya sudah mempunyai anak.

Dengan adanya rasa percaya pada pasangan, kita bisa menjalani kehidupan rumah tangga dengan lebih tenang. Lewat komunikasi yang baik pula, kita dan pasangan akan semakin kompak. Pada akhirnya, kemesraan pasti akan selalu ada di antara keduanya.

7. Jangan ragu untuk menjadi pendengar setia bagi pasangan

7 Tips Mempertahankan Kemesraan dengan Pasangan Setelah Punya AnakPixabay.com/gracinistudios

Sering dikesampingkan atau bahkan disepelekan ketika kita selalu bisa menyempatkan waktu untuk menjadi pendengar yang baik bagi pasangan. Padahal hal ini penting dilakukan untuk menjaga kemesraan dalam hubungan.

Dengan menjadi pendengar yang baik, pasangan akan merasa nyaman segingga kemesraan akan selalu ada di antara keduanya. Jangan sepelekan hal ini ya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan demi menjaga hubungan dengan pasangan untuk tetap mesra setelah mempunyai anak. Tunggu apa lagi, yuk mulai terapkan.

Baca Juga: Lucu nan Romantis! 11 Hal yang Paling Sering Dihadapi Pasutri Muda

Rinda Ratna Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya