Comscore Tracker

5 Hal yang Dapat Dilakukan saat Cintamu Bertepuk Sebelah Tangan

Semua itu bukan salahmu

Bicara tentang cinta memang tak ada habisnya. Perasaan berbunga-bunga saat jatuh cinta dan jantung yang berdetak lebih kencang karena bertemu si dia adalah pengalaman indah yang dirasakan saat jatuh cinta.

Sayangnya tidak semua kisah cinta berjalan dengan baik. Beberapa harus merasakan kekecewaan dalam hal cinta, di antaranya saat cinta kita ternyata bertepuk sebelah tangan. Jika kebetulan kamu juga mengalami cinta yang bertepuk sebelah tangan, cobalah lakukan beberapa hal berikut untuk mengatasinya.

1. Terima kenyataan

5 Hal yang Dapat Dilakukan saat Cintamu Bertepuk Sebelah Tanganilustrasi merenung (pixabay.com/snicky2290)

Menerima kenyataan menyakitkan karena cinta yang tak terbalas memang bukan hal yang mudah. Ada rasa sedih, kecewa, malu bahkan menyesal atas perasaan yang kita miliki pada si dia.

Namun cinta bukanlah hal yang dapat dipaksakan. Daripada terus meratapi ketidakberuntungan kita karena cinta yang tak terbalas, lebih baik berdamai dengan kenyataan. Terimalah bahwa mungkin dia bukan jodoh terbaik kita. Masih banyak orang lain yang lebih layak menerima cinta kita.

2. Jangan memberikan penilaian negatif terhadap diri sendiri

5 Hal yang Dapat Dilakukan saat Cintamu Bertepuk Sebelah Tanganilustrasi sedih (pixabay.com/Simedblack)

Cinta yang bertepuk sebelah tangan itu bukan salahmu. Jangan memberikan penilaian negatif pada dirimu sendiri hanya karena cintamu tidak dibalas. Misalnya berfikiran bahwa mungkin dia tidak menerima cinta kita karena kekurangan kita atau hal negatif lainya.

Tanamkan dengan baik di pikiranmu bahwa dia tidak membalas cintamu bukan berati kamu yang tidak baik. Mungkin memang belum ada perasaan spesial yang dia rasakan saat bersama dengan mu. Tetap berpikir positif dan jangan pernah merendahkan diri sendiri.

Baca Juga: 5 Alasan Orang Bertahan padahal Cintanya Bertepuk Sebelah Tangan

3. Segera move on

5 Hal yang Dapat Dilakukan saat Cintamu Bertepuk Sebelah TanganIlustrasi merenung (pixabay.com/andreas160578)

Jangan berlarut dengan kesedihan karena tidak dapat bersama dengan dia. Segera move on dan buang perasaan cintamu padanya.

Mungkin kamu butuh waktu untuk proses melupakan si dia. Lakukan secara perlahan dan alihkan perhatianmu dengan melakukan hal-hal positif yang membuatmu sibuk. Masih banyak hal menarik di luar sana yang harus kamu lalui.

4. Jadikan pengalaman berharga yang membentukmu menjadi versi terbaik dari dirimu

5 Hal yang Dapat Dilakukan saat Cintamu Bertepuk Sebelah Tanganilustrasi mneyendiri (pixabay.com/StockSnap)

Walaupun cintamu bertepuk sebelah tangan, jangan sampai hal itu menurunkan kualitas dirimu. Kamu harus tetap menjadi pribadi yang baik dan melakukan hal-hal yang baik. seperti sebelumnya.

Pengalaman yang tidak menyenangkan dalam hal cinta dapat membuatmu lebih dewasa. Jadikan pengalaman tersebut sebagai bahan untuk memperbaiki diri hingga akhirnya kamu dapat menjadi versi terbaik dari dirimu.

5. Jangan memusuhi si dia

5 Hal yang Dapat Dilakukan saat Cintamu Bertepuk Sebelah TanganIlustrasi berkomunikasi (pixabay.com/StockSnap)

Perasaan kesal dan kecewa akibat cinta yang bertepuk sebelah tangan memang terkadang membuat kita benci pada si dia. Walaupun perasaan benci itu mungkin muncul, jangan pernah memusuhi si dia karena tidak membalas cintamu.

Tetaplah menjalin hubungan baik dengan dia. Jika tidak dapat lagi sebaik sebelumnya, setidaknya jangan sampai memusuhi nya apalagi menjelekkan dia di hadapan orang lain

Dunia tak akan runtuh hanya karena cintamu bertepuk sebelah tangan. Itu hanyalah sebuah pengalaman dalam kisah cintamu yang harus dijalani dan diambil hikmahnya. Jika waktunya tiba, Tuhan pasti datangkan orang yang tepat untukmu.

Baca Juga: 5 Tanda Bahasa Cinta Pasanganmu adalah Act Of Service

Rinda Septiana Photo Verified Writer Rinda Septiana

Writing is my self healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya