Comscore Tracker

6 Tips Buat Kamu si Introver dalam Mencari Teman

Nyatanya mencari teman itu mudah #IDNTimesLife

Bagi orang dengan kepribadian introver, berurusan dengan orang lain atau bahkan sekadar berinteraksi dengan orang lain tentunya akan menjadi sebuah tantangan tersendiri yang harus dihadapi. Dan tentu saja hal tersebut dapat membawa efek negatif, apabila kita jarang bersosialisasi dengan orang lain. Contoh saja ketika kita hendak menjalankan sebuah bisnis mau tidak mau kita harus memiliki banyak relasi agar bisnis kita dapat berkembang dengan pesat.

Dalam penelitian yang telah dilakukan sebelumnya kesuksesan finansial seseorang dipengaruhi oleh 15 persen pengetahuan yang dimiliki dan 85 persen lainnya adalah keterampilan dalam rekayasa manusia. Namun bagi kalian yang masih bingung cara apa yang dapat dilakukan agar kita semakin mudah mendapatkan banyak teman, yuk simak tips berikut ini!

1. Jangan mudah mengkritik  

6 Tips Buat Kamu si Introver dalam Mencari Temanilustrasi percakapan (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA )

Hal yang sampai saat ini sering dilakukan orang dalam berurusan dengan orang lain adalah mengkritik. Namun mengkritik seolah-olah telah menjadi hal yang lumrah bukan? Padahal tidak semua orang dapat menerima sebuah kritik yang kita lontarkan.

Nah, untuk  menghindari kesan yang mudah menghakimi ada baiknya kita tidak mudah mengkritik orang lain. Mari kita menyadari bahwa ketika kita mengkritik orang lain, maka mereka akan membalas mengkritik kita juga.

2. Berikan sebuah penghargaan yang tulus  

6 Tips Buat Kamu si Introver dalam Mencari Temanilustrasi percakapan (pexels.com/mentatdgt)

Nah alih-alih memberi kritik, kita seharusnya memberikan penghargaan kepada orang lain atas hal yang telah mereka lakukan. Entah itu dalam bentuk yang kecil ataupun besar selalu berikan apresiasi yang tulus. Dengan begitu orang tersebut akan merasa dihargai.

3. Banyaklah tersenyum  

6 Tips Buat Kamu si Introver dalam Mencari Temanilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Julia Avamotive)

Untuk membuat first impression yang baik saat bertemu dengan orang asing, hal yang harus kita sering lakukan adalah tersenyum. Dengan tersenyum akan memberikan kesan yang positif bagi orang di sekitar kita. Bayangkan saja ketika kamu bertemu dengan orang baru dan orang tersebut jarang tersenyum pasti kita berpikir dan enggan untuk berhubungan kembali dengan orang tersebut.

Baca Juga: 7 Novel dengan Protagonis yang Nyaman Hidup Sendiri, Introver Merapat!

4. Ingatlah nama orang 

6 Tips Buat Kamu si Introver dalam Mencari Temanilustrasi nama orang (pexels.com/RODNAE Productions)

Saat bertemu dengan orang baru tentu hal pertama yang kita tanyakan adalah nama orang tersebut. Namun sering kali setelah beberapa hari atau minggu tidak bertemu, maka kita akan melupakan nama orang itu. Dengan mengingat nama, maka akan semakin mudah bagi kita untuk berhubungan dengan orang. Nama membuat setiap individu terpisah dan membuat orang unik di antara yang lain.

5. Jadilah pendengar yang baik 

6 Tips Buat Kamu si Introver dalam Mencari Temanilustrasi percakapan (pexels.com/Alexandr Podvalny)

Selalu dengarkan dan perhatikan apa yang dibicarakan oleh lawan bicara kita. Sehingga kita dapat mengenal orang tersebut dengan baik. Memang di dalam kehidupan kebanyakan orang hanya ingin didengarkan daripada mendengar.

Dengan menjadi pendengar yang baik orang lain akan merasa kita adalah teman curhat mereka. Dan sewaktu-waktu ketika mereka mengalami masalah, mereka akan datang lagi kepada kita untuk sekadar mendengar curhatannya.

6. Buatlah orang lain merasa penting  

6 Tips Buat Kamu si Introver dalam Mencari Temanilustrasi teman (pexels.com/Ramil Ugot)

Lakukanlah hal yang dapat membuat mereka merasa penting. Yaitu dengan membicarakan tentang diri orang tersebut. Mulai dari membahas hobi atau bahkan hal kecil yang mereka tidak sadari seperti memberi pujian akan penampilannya hari ini. 

Nah, mencari teman tak semenakutkan yang kalian pikirkan sobat. Yuk mulai ambil langkah dan temui orang-orang baru di luar sana. Dengan memiliki teman yang banyak kita akan semakin mendapatkan relasi dan juga menemukan hal baru dari sudut pandang yang berbeda. 

Baca Juga: Kamu Perlu Tahu, 5 Hal yang Bikin Si Introver Makin Malas Ngomong

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya