Comscore Tracker

5 Alasan jika Pasangan Memilih untuk Tidak Jujur padamu

Dia cuman mau cari amannya saja! 

Kenyataannya, setiap orang pasti pernah melakukan kebohongan, entah dalam konteks positif atau pun negatif. Hal ini pun tentu kerap kali dilakukan oleh sebagian banyak orang ketika menjalin hubungan asmara. Berbohong bukanlah tindakan yang dibenarkan jika dilakukan kepada pasangan.

Bagaimanapun juga, nilai kejujuran merupakan hal yang penting dalam menjalin hubungan percintaan. Jika pasanganmu telah berbohong, maka tentu saja dia memiliki alasannya sendiri melakukan hal tersebut. Ini alasan kemungkinan pasangan memilih untuk tidak jujur padamu.

1. Tidak mau mengecewakanmu 

5 Alasan jika Pasangan Memilih untuk Tidak Jujur padamuilustrasi mengobrol (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Ada kalanya pasangan mungkin tidak ingin membuatmu merasa kecewa, alhasil dia pun memilih untuk berbohong agar membuat perasaanmu senang. Walaupun berkata jujur, pasanganmu menganggap merasa takut jika responsmu akan marah ataupun sedih.

Tujuan utamanya adalah ingin membuatmu selalu menyukainya. Kalau sudah seperti ini, maka kamu pun harus mengajaknya berdiskusi tentang arti pentingnya kepercayaanmu agar tidak dirusak karena tindakannya sendiri. Sehingga, setiap hal apa pun tidak perlu ditutup-tutupi demi kebaikan hubungan kalian.

2. Memilih berbohong untuk menghindari drama

5 Alasan jika Pasangan Memilih untuk Tidak Jujur padamuilustrasi bertengkar (pexels.com/Polina Zimmerman)

Mungkin pasanganmu tidak jujur padamu hanya ingin mencari aman. Sebab, ini dilakukan olehnya agar tidak memperumit masalah di antara kalian. Dia menganggap membesar-besarkan masalah justru membuat hubungan penuh dengan pertengkaran.

Tentu saja kalau sudah menjalin hubungan pasti ada saja permasalahan. Namun, jika terus-menerus berbohong justru bisa saja sewaktu-waktu pasti akan terbongkar semuanya. Maka dari itu, kamu harus tahu bahwa percintaan adalah hal yang sensitif. Walaupun dia berniat baik, pasti akan menjadi sumber masalah untuk ke depannya dan rasa kepercayaan bisa hilang begitu saja.

Baca Juga: 5 Tanda Cowok Pandai Melihat pada Sisi Berbeda saat Pasangan Berbohong

3. Demi menutupi kenangan masa lalunya 

5 Alasan jika Pasangan Memilih untuk Tidak Jujur padamuilustrasi mengobrol (pexels.com/Ivan Samkov)

Memang ada saja pasangan lebih memilih untuk tidak membuka soal kehidupan masa lalunya. Hal ini pun berlaku tentang hubungan asmara bersama mantannya. Kalau pasanganmu memang berbohong perihal mantannya, semua itu bertujuan untuk dirinya bisa terlihat baik di matamu.

Sehingga, pasanganmu ingin membuat batasan denganmu untuk tidak mengetahui hal buruk apa saja yang dia lakukan di hubungan sebelumnya. Selain itu, dia memiliki masa lalu yang kurang menyenangkan yang sebaiknya tidak diketahui olehmu. Alhasil, dia seakan-akan selalu menutupinya ketika kamu bertanya seputar masal lalunya.

4. Merasa insecure 

5 Alasan jika Pasangan Memilih untuk Tidak Jujur padamuilustrasi berdebat (pexels.com/Mikhail Nilov)

Ketika kamu bertanya sesuatu hal padanya, dia memilih untuk berbohong untuk menjaga dirinya sendiri. Sebab, ada hal yang membuat dia merasa kurang nyaman terhadapmu. Ini terjadi karena dia belum bisa sepenuhnya percaya kepadamu.

Sebenarnya, mungkin saja dia ingin berterus terang padamu, namun jika mengungkapkannya dia akan berada di posisi tidak aman. Sehingga, ada kalanya dia dapat terbuka dengamu suatu saat nanti dan sudah percaya padamu seutuhnya.

5. Tidak mau dianggap sebagai orang jahat 

5 Alasan jika Pasangan Memilih untuk Tidak Jujur padamuilustrasi mengobrol (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Kenyataannya, setiap orang tidak mau kalau dirinya dianggap buruk oleh orang lain. Inginnya memiliki kesan yang baik dan memberikan hal positifnya saja di hadapan orang-orang. Sebenarnya, menutup-nutupi sesuatu hal cenderung seperti memalsukan diri sendiri.

Pokoknya dia selalu ingin dipandang orang yang baik, meskipun harus berbohong padamu. Padahal, kalau sudah menjalin hubungan asmara satu sama lain harus bisa menerima baik dan buruknya pasangan. Walaupun ada hal buruk yang bisa diubah, sudah sepantasnya untuk saling membenahi diri sendiri.

Jika pasanganmu telah melakukan kebohongan yang fatal, maka sudah sebaiknya untuk bersikap tegas. Apalagi, sudah menyangkut tentang prinsip diri dan kebaikan untuk hidup di masa depan. Kalau sudah seperti ini, sudah saatnya untuk mempertimbangkan apakah memilih putus atau melanjutkan hubungan.

Baca Juga: 5 Alasan Berbohong Bisa Hancurkan Hubungan, Mengikis Rasa Percaya!

Rizki Achmad Putra Photo Verified Writer Rizki Achmad Putra

typing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya